Friday, 21 July 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "PRIVACY CIRCLE"

Assalamualaikum Bapak Ibu Guru yang masih semangat,



Wah, setelah liburan super panjang yang merupakan liburan terpanjang saya selama bekerja hampir 5 tahun ini. Dulu saya bekerja di sebuah lembaga pendidikan private yang liburnya mepet banget, Bu. Malah Lebaran tahun lalu itu saya pulang H-1. Teman teman saya udah pada sibuk ngupload foto bukber plus reuni, sayanya masih naik kereta. Nah, sekarang kiranya ada peningkatan dalam hidup saya. At least, liburnya jadi lamaan.

Tapi, bagaimana pun tempat kerja saya dulu itu memberikan pondasi kuat buat saya. Bahkan, sampai sekarang ide ide brilian terlahir dari sana, seperti yang satu ini!

Hari pertama belajar/berangkat les kadang menjadi hari yang paligng berat sedunia ya, pak. Berangkat dari anggapan itu, kami punya tips jitu sebagai pengajar les yang jelas dituntut harus lebih inovatif dan berwarna. Jadilah Miss Ivy dan Mr T berkolaborasi dan menemukan kegiatan yang tergolong social experiment ini. (Ngomong ngomong, siapa sih miss Ivy dan Mr T? Ya sudah tengoklah sini.)

Baca juga BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "TREASURE HUNT GAME"

Social Experiment macam mana pula ini??

Bu ibu, nama kegiatannya adalah....................

PRIVACY CIRCLE


Anak anak, bahkan orang dewasa akan cenderung lebih excited belajar sesuatu yang berkaitan juga dengan diri mereka, personal life mereka. Nah, kegiatan ini sangat menunjang mereka untuk bisa lebih mengerti lingkaran lingkungan kehidupan mereka.

CARA BERMAIN :

1. Buatlah lingkaran berlapis di papan tulis. 

2. Lingkaran PUSAT menjadi lingkaran untuk diri mereka sendiri . Di lingkaran itu mereka bisa menulis "ME" atau nama masing masing, semisal "MEYKKE".

3. Nah, lalu mulailah kita menjelaskan tentang fungsi lingkaran kedua. Yaitu, orang yang paling dekat dengan kita. Mostly akan menjawab Dad, Mom. Maka, tulis di papan itu sesuai dengan jawaban terbanyak anak anak. Mereka juga pasti akan menjawab serupa brother, sister, uncle, cousins, dan anggota keluarga lainnya.

4. Kemudian, beranjak ke lingkaran ketiga. Mereka masih disuruh menyebutkan orang orang yang paling dekat setelah keluarga. 

"What's else Miss??"
"I have no idea, Miss.."
Tenang bu ibu. Sebagai guru kita harus bisa memancing. 
"For example, if you have a secret, then whom will you tell to except your family?"
Lalu mereka langsung muncul dengan jawaban,
"Bestfriend!!"
"BFF!"
"Teacher!"

Bahkan ada juga yang driver. Mereka bisa menjawab dengan jawaban yang berbeda beda. Well, it's about their own life.

Terus sampai lingkaran lingkaran berikutnya. Jawaban mereka pun beragam. Ada yang menjawab,

"Doll miss!"
"Siomay Seller. I like siomay!"
"Fish. I like to talk with fish!"

Lalu, sebagai fasilitator kita bisa mengisi semua lingkaran sampai akhirnya lingkaran yang paling luar adalah strangers atau orang asing. 

Mengapa kita harus mengisi bersama terlebih dulu? Untuk memberikan gambaran kepada mereka tentang bagaimana cara mengerjakan, dan juga untuk menambah vocabulary baru terkait dengan nama nama family members.



Nah, dari situ mereka bisa belajar kosa kata baru. Beberapa dari mereka tidak tahu apa itu strangers. Sekarang jadi tahu deh!

5. This is time to do it!! Berikan worksheet yang sudah disiapkan. Eits, tapi untuk bapak ibu guru yang ingin lebih hemat juga bisa banget. Tinggal suruh mereka buka buku tulis masing masing dan suruh mereka untuk menggambar lingkaran sendiri sendiri. Tinggal disepakati untuk menggabar lingkaran berapa lapis. DONE!!

bentuk worksheetnya, Bu.

Bisa jadi di masing masing lingkaran mereka menuliskan jawaban yang berbeda. Ada nih murid saya yang menempatkan 'driver' di lingkaran kedua setara dengan orang tuanya. Ya karena kemana mana dia dengan drivernya dan sayang banget sama drivernya. Atau ada juga yang menulis 'doll' secara dia punya boneka kesayangan yang diajak ngomong setiap hari. Beragamlah, Bu!

6. Tidak berhenti di situ saja, pak. Setelah mereka selesai mengerjakan Privacy Circle, mereka juga harus mengerjakan Privacy Question. Nah, di sini critical thinking mereka juga akan diasah. 
Contoh soalnya adalah sebagai berikut :

- Who would you tell your name?
Bisa jadi mereka menjawab : teacher, new friend, dll.

Ada juga pertanyaan serupa :
- Who would you tell, "My poo makes my bottom itchy!"
Di sini jawaban mereka bisa beragam. Bisa jadi "Mom", "Bestfriend", sampai "Driver". Yang pasti nggak mungkin jawab "Boyfriend" atau "Girlfriend." Itu aib, bu Ibu.

Pertanyaan lengkapnya ada di sini, bu. Ini bisa banget kok dikembangkan lagi untuk mendapatkan jawaban yang beragam. Jangan lupa disisipkan kata kata baru ya, Pak.

Contoh pertanyaan yang sudah dijawab sama anak anak yang semangat banget sampai jawabannya buanyak!


7. Sebagai penutup yang manis, kita bisa banget mendiskusikan jawaban mereka bersama sama dan menarik kesimpulan tentang siapa saja yang dekat dengan mereka dan yang harus mereka hindari. Semisal,

"We don't mention our name or our address to strangers."

Itu gurunya bukannya mau nantangin tapi ngajarin ya, Pak. Mukanya aja yang emang begitu,


Di sini kita bisa belajar 3 hal lo, Bu Ibu.
1. Vocabulary
2. Klasifikasi orang orang terdekat di hidup merekka (And they have to be grateful of that)
3. Berhati hati dengan orang orang yang bisa membahayakan.

See?? In 1,5 hours we can learn 3 things! So cool!!

Jadi, bagaimana bu Ibu? Mau mencobanya??

SEMANGAT MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA YA!

            Wassalam,




6 comments:

  1. Darimana dapat ide ini Mey? Bagus iihhb. Klo saya masih jadi guru pasti ide ini saya pake. Soalnya betul kata Mey, dalam satu kegiatan kita bisa mengarahkan anak ke banyak hal dan prosesnya pun menyenangkan. Dipraktekkan di rumah jg bs kali ya buat main sama anak, sayang Moonlight masih bayi... Hahaha

    ReplyDelete
  2. thats cool Miss, wkwkwkwk

    menjadi seorang guru bahasa inggris, mengajari anak-anak yang mempunyai karakter beda-beda.

    My poo makes my bottom itchy, hahahaha

    ReplyDelete
  3. Ah Meykke mantap niih..
    Sederhana tapi keliatannya menarik. Pasti bakalan gue pake nanti.
    Sering2 sharing beginian ya,ini bisa dimodif buat dipake di pelajaran lain juga nih..
    Kebetulan tahun ini gue mesti ngajar anak2 kelas kecil, butuh banyak variasi pembelajaran biar anaknya gak banyakan nguap :D

    ReplyDelete
  4. Waaa cool idea miss meykee *applause*
    Pasti banyak suka dukanya ya kak mei ngajar anak kecil, tapi pastinya lebih banyak sukanya dongg

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...