Tuesday, 6 June 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "PASSWORD"





Assalamualaikum wr wb, Miss dan Mister yang semangat mengajarnya masih penuh bara,

Salah satu tanda semangat itu adalah karena sekarang ms dan mr ada di sini. Dan kali ini saya akan membagikan sebuah permainan yang tidak perlu modal banyak, tapi begitu seru dan mengena. Apalagi kalau mood anak anak sedang nge-drop. 

Untuk mainan jenis ini, Ms dan Mr hanya perlu sebilah marker, papan tulis dan imajinasi. YA, IMAJINASI.

Dan tujuan dari permainan ini juga untuk melatih vocabulary, speaking drilling dan juga daya imajinasi. Anak anak yang punya imajinasi tinggi dan mampu menggambarkan imajinasi itu tentu akan sangat berguna untuk teman lainnya yang bertugas menjawab. Lalu, permainan macam apakah itu??


Image result for password
Atau istilah kerennya : TEBAK TEBAKAN. 

Tapi, tebak tebakkan macam apa? Tunggu dulu. Justru ini yang seru.








THE STEPS :


1. Bagi anak menjadi beberapa kelompok. Sesuaikan dengan jumlah anak anak ya, Miss. Bisa jadi satu kelompok itu terdiri dari 3-5 anak.

2. Tempatkan kursi yang membelakangi papan tulis. Siswa yang duduk di kursi itu bertugas menjawab/menebak sesuai dengan clue yang diberikan oleh teman lainnya.

3. Lalu teman teman lainnya ngapain?? 

Ada dua cara bermain permainan seru ini, Mister. Tapi, nanti dulu. Tugas guru di sini adalah berkhayal dan memberikan tebakan dengan cara menuliskan kata tersebut di papan tulis. Jadi, si penebak tidak akan bisa melihat tulisan itu.

"Kira kira apa ya yang seru untuk bisa diperagakan atau dideskripsikan?? dan tentu saja yang beragam! Toh ini untuk kepentingan pembendaharaan kata mereka. Andaikan kata yang dipakai adalah kata yang tidak commonly used pun malah bagus. Dari situ mereka akan belajar, bukan??"

4. Begitu dibagi menjadi 2 kelompok misalnya, maka mereka akan memilih satu anggota untuk duduk dan menjadi penebak. Sisanya akan memberikan clue.

ADA 2 JENIS CLUE YANG DIBERIKAN, LHO!

             Ronde pertama, anak anak hanya boleh mendeskripsikan kata yang dimaksut tanpa peragaan sedikitpun.  DESCRIBING WITHOUT ACTING.Ingat, sedikit saja badan bergerak boleh jadi ada pengurangan poin.

Nah, yang ini mereka hanya memberikan deskripsi tanpa memperagakan.


             Ronde kedua, anak anak hanya boleh memperagakan kata yang dimaksut tanpa boleh berkata kata sedikitpun. ACTING WITHOUT DESCRIBING.

Seru banget khan, Miss!! Yang ini mereka hanya boleh memperagakan tanpa sepatah katapun.

Dan memang, dari kedua ronde itu, ronde kedua akan berlangsung lebih seru karena mereka akan mengimajinasikan kata dan act it out!!

Si penebak akan terus menerus mencoba menebak sedangkan teman yang lain tak berhenti hentinya bergerak. Sekali mereka bisa menebak, maka suasana akan riuh -rusuh-, Miss. Dan dari situ proses belajar mengajar terjadi. Yang tak kalah pentingnya, kebahagiaan juga melingkupi seisi kelas.

Toh, bukankah proses belajar mengajar yang menyenangkan adalah idaman dari tiap tiap pelajar di negeri ini???

Nah, jangan lupa juga untuk membangun English atmosphere ya, Mister. SPEAK ENGLISH! Karena dari game seperti ini mereka akan lebih nyaman untuk menggunakan English dalam berkomunikasi. At least, murid murid level bawah sudah terbiasa mengucapkan,

"What is that??"

"Repeat, please.'

"I don't know."

"So easy"

dll. Dan mereka bisa belajar satu sama lain secara tidak sadar.

See??

Jadi, bagaimana Miss dan Mister? Apakah informasi ini berguna?

Be A Creative Teacher and Teach Whole-Heartedly!!

5 comments:

  1. Cara mengajar seperti ini harus banyak-banyak diterapkan disekolah-sekolah nih supaya muridnya senang buat belajar, apalagi kalo belajar sambil bermain kan jadi lebih mudah buat masuk ke otak, iya kan? hehehe

    ReplyDelete
  2. game english emang cukup efektif untuk mengembangkan pembelajaran dan rasa kebersamaan. Atmospherenya itu dapet banget deh ya pokoknya. Waktu les inggris dulu saya pun doyan banget kalau di les udah ada game-gamean semacam itu :)

    ReplyDelete
  3. wah kayaknya seru nih, kalo dibuat jadi metode pembelajaran buat anak-anak gitu. Soalnya anak sekarang mah gampang bosen ya mba, siapa tau ini solusinya. hehehe...

    ReplyDelete
  4. Metode balajar bahasa Inggris ala mbak Mei seakan ga ada habisnya yaaa :)
    cara belajarnya out of the box tapi juga asik.
    AKu juga mau deh balik lagi jadi anak-anka buat belajar bhs inggris kayak ngana :)

    ReplyDelete
  5. Wah, emang nih kalau belajar dibikin begini pasti bakal seru abis. Aku inget pernah main games semacam ini, bukan dalam pembelajaran bahasa inggris tapi di suatu event, dan memang suasananya menjadi pecah. Sebenarnya ini tidak hanya bisa dimanfaatkan dalam pelajaran bahasa inggris, dalam semua pelajaran bahkan event apapun, ini bisa jadi alternatif ice breaking yang menyenangkan :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...