Thursday, 15 June 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "PUT THE PIECES TOGETHER"

Assalamualaikum wr wb, para bapak ibu guru sekalian...

Bagaimana puasanya? Lancar? 

Di sela sela puasa ini ide juga nggak ikutan puasa kan, Miss?? Walau pun kita puasa tapi ide untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bisa mengalir menganak pinak ya...

Nah, kali ini saya akan membagikan cara mereview vocabulary yang diajarkan dengan cara yang lebih FUN!!

Biasanya guru akan mereview pelajaran/vocabulary dengan cara memberi soal soal yang kemudian harus diisi oleh murid murid. Cara seperti ini tidak salah sih, Miss...cuman terkadang murid merasa jenuh sekali dengan review yang diberikan. Dia harus terus menghafal sepenuhnya dan mengerjakan soal demi mendapatkan nilai yang bagus.

Tapi, lain kali kita bisa me-review vocabulary yang telah diajarkan dengan cara yang jauh lebih serrruuuu!!! Dan tentunya dengan cara yang lebih seru mereka bisa mengingat dengan lebih baik. 

Kok bisa begitu?? Sekarang coba Mister ingat apa yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2016? Pasti tidak ingat kan? Namun, coba sekarang Mister katakan kejadian apa yang paling membahagiakan dalam hidup Mister? Pasti dengan gamblang dan sangat jelas Mister bisa menceritakannya. Karena apa? Karena ada perasaan yang terlibat di situ, yang membuat suatu kejadian menjadi lebih tertanam di memory kita.

Lalu, apa yang terjadi saat kita melibatkan perasaan suka dan bahagia di proses belajar mengajar? YAP,  mereka bisa mengingat pelajaran dengan lebih baik. Dan saat mereka bisa mengerti dan memahami apa yang kita ajarkan, di situlah kita merasa telah berhasil menjadi seorang guru. :)

Maka dari itu, kali ini saya punya satu ide bagaimana bisa me-review vocabulary dengan cara yang lebih berliku liku tetapi FUN!!

PUT THE PIECES TOGETHER!

Untuk para miss dan mister yang masih single tak perlu baper membaca judulnya karena ini bukan soal serpihan hati ya.. Hehehehe..

Ini tentang menyatukan serpihan kata kata serupa ini :

The 5th Day Challenge : FAMILY!

"Work outside your hometown, live by yourself and you will understand how precious your family's presence would be."

It totally describes me. I have been living far away from my family for more than 4 years now (and still counting since I haven't planned to go back home and stay there). Nom I live in Cibubur and work as an English teacher in one of the private school here. Meanwhile my family stays in one small town in Semarang called Ambarawa. I get used to do everything by myself before finally I've got married and invited him to live with me here.

And now Ied Fitr will come so soon, and when you come up with a question like,

"Whom do you want to meet so soon?"

Wednesday, 14 June 2017

The 4th Day Challenge : The Foolish Accident Ever

Over Confident.

When it comes to an embarassing  moment in the past, the worst thing happened in my life which I regret a lot, it reminds me about this. The foolish accident that should not happen, but it did anyway because of my over-confident and careless.

It happened in March 2016. I thought it would be a great holiday since we planned to visit a wide natural pond/pool which there are so many beautiful and we can take pictures underwater. Of course it was so challenging for me. I was so excited back then. As we arrived there with my friends and younger sister, we contacted one of the photographers and was ready to pose underwater.

But we had to go to the middle of the pond and dive there. That's the thing. I, who was so confident tried to go to the middle without any life vest. I tried to swim in 3 metres depth. What happened next? Suddenly I remembered how I sank when I snorkled in Lombok. 

Tuesday, 13 June 2017

The 3rd Day Challenge : My Favorite Loss

Today I'm supposed to write about the worst loss or the loss that really hits me. And this is it! I've once lost someone that changed my life back then. But why did I call it as my favorite loss??

Lemme tell you a story.

Image result for sad girl tumblr

Monday, 12 June 2017

The 2nd Day Challenge : My Favorite Animals Ever

Assalamualaikum wr wb,

Today's challenge is to mention 5 animals that I want the most (If I could have ones). Well, that's such a difficult questions since I am not really into animals. I like them but I never have a chance to take care of them. Moreover now I live far away from my house and just stay with my husband (And next week he will go to Surabaya and we will live apart.) I never take care of animals except cat. Well, my parents do it, not me.

But, if I have a chance to be able to take care of whatever animals that I want, The most-wanted animal for me is :

Sunday, 11 June 2017

1st Day Challenge : This is WHO I really am



This is Me! Meykke Santoso is 26 year old wife of one;  Alfrets Daniel Tikoalu. I’m Javanese and got married to Manadonese. I live in Cibubur, Jakarta after decided to leave Semarang 4 years ago. I'm an English Teacher who has been working for approximately 4 years and still counting. Now I'm teaching in one of the Islamic Nature and Science schools located in Depok. 

I've got three passions in life :

Friday, 9 June 2017

MENYAKSIKAN KEMEGAHAN TWIN TOWER DI KLCC, MALAYSIA!

Holla!! Udah lama banget gue enggak cerita jalan jalan gue karena emang akhir akhir ini gue berasa kurang piknik. Tapi, nggak lama ini, yaitu sekitar bulan Desember 2016, gue bisa ke menginjakkan kaki keluar Indonesia.

YES! GUE KELUAR NEGERI!! FOR THE FIRST TIME IN FOREVER!!

COBA TEBAK GUE ADA DI MANA?

-------

One fine day....

"Oh, itu dia jalan keluarnya Mbak Ike!" Lita menunjuk ke satu arah, lalu bergegas kita bertiga melewati pintu kaca mall Suria KLCC. Begitu gue keluar pintu, gue disambut oleh pohon Natal maha besar yang mengerucut sedemikian rupa seakan menantang dua bangunan kerucut lainnya yang tepat ada di belakangnya. Tepat di depan gue terpampang sebuah kolam lebar berikut dengan air mancurnya. Jauh di sana gue bisa melihat hamparan taman dengan beberapa tempat duduk yang bertebaran di beberapa titik. Dan tepat di samping gue, beberapa restoran/tempat makan berjajaran menunggu pelanggan.

Gue melewati pohon natal itu, dan berbalik badan, gaes. 

"WOW!"

Tepat di belakang pohon Natal itu berdirilah dua bangunan kembar yang seakan menyundul langit, berbalut warna silver penuh kerlipan. Di antara bangunan bangunan pencakar langit lainnya, bangunan ini terlihat lebih mentereng dan megah. Dan ini adalah salah satu ikon terkenal plus spot foto favorit di negara ini!!

Gue lagi dimana gaes???

MALAYSIA!!



Tuesday, 6 June 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "PASSWORD"





Assalamualaikum wr wb, Miss dan Mister yang semangat mengajarnya masih penuh bara,

Salah satu tanda semangat itu adalah karena sekarang ms dan mr ada di sini. Dan kali ini saya akan membagikan sebuah permainan yang tidak perlu modal banyak, tapi begitu seru dan mengena. Apalagi kalau mood anak anak sedang nge-drop. 

Untuk mainan jenis ini, Ms dan Mr hanya perlu sebilah marker, papan tulis dan imajinasi. YA, IMAJINASI.

Dan tujuan dari permainan ini juga untuk melatih vocabulary, speaking drilling dan juga daya imajinasi. Anak anak yang punya imajinasi tinggi dan mampu menggambarkan imajinasi itu tentu akan sangat berguna untuk teman lainnya yang bertugas menjawab. Lalu, permainan macam apakah itu??


Image result for password
Atau istilah kerennya : TEBAK TEBAKAN. 

Tapi, tebak tebakkan macam apa? Tunggu dulu. Justru ini yang seru.








THE STEPS :

Monday, 5 June 2017

CERBUNG EPS. 1 : "AWAL TANPA AKHIR"

Image result for one sided love images for facebook

Setting waktu : Juni 2008-Juli 2009
Mentari sedang akan menukik maksimal saat ku dapati diriku berdiri bersama teman teman seumuran yang belum aku kenal sepenuhnya. Lengkap dengan baju kebesaranku plus topi warna biru yang menancap erat di kepala, aku dengan mahfum mendengarkan penjelasan perdana Bapak Kepala Sekolah. Lapangan super lebar dengan rumput yang tertata apik di sela sela jari kaki tampak tergelar begitu luas, terkepung bangunan berlantai dua. Bangunan itu begitu kompak berbalut warna merah tua bercampur coklat yang semakin menambah efek megah. Pun taman tampak cantik mengitari lapangan, berjajaran di setiap depan kelas. Aku berdiri di antara para anak anak berumur sama yang juga berbalutkan seragam yang masih senada, bawahan biru dengan atasan putih bersih. Hari ini jelas hari yang aku tunggu. Hari ini adalah akhir dari segala usaha dan segenap daya upayaku sekaligus awal dari perjuangan yang baru. Aku tak pernah tahu kala itu kalau ini juga awal dari rasa yang menggaung tanpa henti di penjuru relung.
“Tia Kusuma Putri, 11 B!”
“Melisa Cahyaningtyas, 11 E!”
“Septilia Putri, 11 D!”
Akhirnya, setelah melalui tes masuk yang mendebarkan, untuk pertama kalinya aku menginjakkan kaki di SMA Bumi Pertiwi dengan status baru. Di hari Senin ini aku resmi berstatus murid SMA. Rasa bangga bisa masuk ke SMA ini tak bisa kututupi, walau kadang rasa sedih berpisah dengan teman-teman SMP masih menyeruak.

Thursday, 1 June 2017

#NulisRandom2017 (H-1) : Cinta Monyet Kelas 3 SD


Cinta Monyet. 

Begitu gue mendengar kata ini, ingatan gue langsung terbang ke banyak banyak tahun yang lalu saat gue kelas 3 SD. Cinta monyet gue kali ini juga merangkap sebagai cinta pertama. Dan gue udah terjangkit cinta sejak kelas 3 SD. Bayangkan, sedini itu.

Sebut saja namanya Budi. Gue lupa entah kenapa gue bisa suka sama dia. Tapi, setelah gue pikir pikir juga emang nggak ada alasan kenapa gue suka sama dia. Gue suka sama dia karena ya.....gue suka sama dia. Rasa suka emang harus ada alasannya? Anak kelas 3 SD lho. Sekarang tiap kali gue inget masa masa itu, gue geleng geleng kepala sendiri.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...