Tuesday, 23 May 2017

Kenalin Temen Baru Gue, Leta!

Assalamualaikum!

Dibandingkan dengan dahulu kala, akhir akhir ini gue jarang sekali update blog gue. Padahal ide ide terus ada dan bermunculan macam jamur kuping. Bahkan, saking banyaknya, gue tulis semua ide ide yang ada dan gue bikin list. Alhasil ada sekitar 15 topik yang bisa gue jadiin artikel blog tapi sekali lagi, gue belum sempat bikinnya.

Kendalanya macem macem gaes. Yang persiapan nikah sampai sibuk habis nikah, lalu sibuk dengan tugas di sekolah harus bikin kisi kisi, soal dan sebagainya sampai sibuk ngajar dari pagi sampai malam. Dan emang yang namanya nulis itu kalau nggak di-SEMPETIN itu juga mau sibuk atau pun nggak sibuk juga nggak bakalan sempet. Dan pada akhirnya gue berpikir kalau gue harus melakukan sesuatu. Ya, SESUATU. Dan akhirnya gue berbicara tentang sesuatu itu ke suami.

"Suami, agaknya aku harus melakukan sesuatu untuk bisa kembali mendapatkan feeling dan menjadi mood booster ke depannya dalam menulis."

"Apa itu??"

Lalu, gue dengan serta merta mencurahkan apa yang gue inginkan. Lalu, dengan beberapa pertimbangan, suami gue yang baik hatinya mengamini keinginan gue. Dan berangkatlah kita ke Jalan Kelapa Dua, Depok- sepanjang jalan depan Universitas Gunadarma. Sempat berpindah sekali, akhirnya gue menemukan sahabat baru gue!!

Dialah..... LETA!!!

Siapakah LETA??



Teman baru gue!!

Yakk... Gue pikir gue perlu teman baru. Kenapa? Karena Lee Su Hee (Laptop Asus Hitam) gue nggak bisa menopang hidupnya sendiri tanpa bantuan kabel charger. Pun otak dia sudah terlampau banyak menyimpan data hingga bar indikator kemampuan dia hampir mancapai batas. Tak hanya itu, dia mengidap begitu banyak virus, entah trojan dan teman temannya.

Sedangkan, gue butuh sesuatu yang lebih kecil dan compact, yang lebih ringan dan masih segar ingatannya. Gue butuh sesuatu yang bisa mendorong gue untuk bisa punya willingness lebih untuk mengekspresikan ide ide dari otak gue via jari jari gue sebagai perpanjangannya. Dan pekerjaan gue sebagai guru juga kadang mengharuskan gue untuk membawa laptop/netbook untuk membuat tetek bengek keperluan administrasinya. Dan dengan kedua alasan super kuat itu, akhirnya suami sebagai penyetuju mendukung keinginan gue. Yeaaayyyy!!!

Finally, Mei ini gue punya Leta; LEnovo hiTAm!! Lenovo Ideapad 310S dengan harga tiga jutaan!! Kenapa gue pilih laptop ini?? selain harganya terjangkau, Netbook Lenovo juga dikenal prima dan bagus di kelasnya. Yah, at least bisa buat tulis menulis dan komputasi kelas ringan sampai menengah.

Image result for lenovo ideapad 310s
source

Kinerja yang ditawarkan oleh notebook Lenovo IdeaPad 310S-1GID ini cukup kompetitif di kelas entry-level menurut Laptophia Blog karena telah ditenagai oleh prosesor Celeron N3350 generasi Apollo Lake terbaru yang mengusung dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz dengan fitur TurboBoost hingga 2,4GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 2GB jenis DDR3L-1600MHz. Tak diketahui apakah RAM-nya dapat di-upgrade atau tidak.

Kemampuan grafis laptop IdeaPad 310S-1GID ini tak bisa dipandang sebelah mata karena telah didukung GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics 500 yang mengusung arsitektur grafis generasi kesembilan yang terdiri dari 12 execution unit (EUs) dengan kecepatan 650MHz hingga 700MHz. Meski demikian, kinerja secara keseluruhan masih kalah dengan grafis diskrit kelas entry-level.

Sektor media penyimpanan, IdeaPad 310S-1GID dibekali dengan hard disk berkapasitas 500GB 5400rpm untuk menampung data pengguna. Sisi konektivitas, laptop Lenovo kelas entry-levelini cukup lengkap dengan mengandalkan LAN, WiFi, Port USB 3.0,port USB 2.0, Port HDMI, dan card reader. Laptop ini juga dilengkapi AccuType keyboard untuk kenyamanan mengetik dalam waktu lama.
Sayangnya, Lenovo ini nggak dilengkapi OS Windows Pre-intalled. Jadi, abis beli kita bisa nginstal sendiri atau bayar lagi gitu, gaes. 

Dan yang bikin gue jatuh hati dengan netbook ini adalah dia tipis, gaes kayak badan gue! Jadi mau dibawa kemana mana pun nggak masalah. Sebenarnya gue galau antara ini dengan ASUS Netbook. Tapi, setelah sholat istikhoroh dipertimbangkan  bersama, akhirnya kami memutuskan untuk membeli Lenovo.

Hari mulai meremang dan akhirnya gue bersama suami pulang dengan hati gegap gempita.

Dan dengan netbook alias sarana pendukung baru alias teman baru gue ini, gue janji sama suami.

"Suami, aku berjanji pokoknya sebelum tahun ini habis, aku akan menorehkan karya lagi. Entah itu bisa berhasil menakhlukkan lomba, giveaway atau ikut menjadi kontributor dalam suatu project menulis!! Biar nggak sia sia."

"Iya, semangat!!" Walau suami cuman menganggukkan kepala, tapi bisa gue interpretasikan anggukan kepalanya itu seolah olah bilang semangat.

Maka, terimakasih sekali untuk si suami yang telah mengiyakan (baca : membelikan) si Leta tersayang. 

Alhamdulillah, kini gue sudah bisa menulis dengan lebih mudah dan lebih semangat lagi. Doakan semoga ke depannya gue bisa lebih aktif menulis dan kembali aktif terjun di dunia kepenulisan ya teman teman. Doakeun!!





Referensi :
http://www.laptophia.com/2016/11/lenovo-ideapad-310s-1gid-celeron-n3350.html

2 comments:

  1. Jadi kapan kita ketemuan? hahahhaa
    ayolah diaur
    Bentar lagi puasa nih
    Btw selamat ya Meyk punya Leta, kamu harus rajin nulis dan takhlukkan rasa malas. Syukur2 ikut lomba atau bikin buku aseeek

    ReplyDelete
  2. Selamat yaa udah punya laptop baru! Aku juga niat beli sih (niat doang, uangnya gak ada HAHAHA), pengennya sekalian beli ATih (Apel Putih) biar ngebut & bisa awet buat pake bertahun-tahun, abisnya kalo pake Windows lagi rasanya gak lama kemudian bakal mulai lemot lagi sih :')

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...