Sunday, 22 May 2016

Dua Puluh Lima

Akhirnya tiba juga hari ini gaes...

Hari yang saat gue kecil selalu gue tunggu tunggu datangnya,tapi semakin ke sini gue kok semakin panik. Hampir nih?? Bentar lagi nihh?? Beneran nih??

Bila menengok ke belakang, sudah jauh juga jalan yang udah gue tempuh. Berliku liku? YA. Penuh semak belukar?? YA. Bikin kaki dan tangan terluka? YA. YA YA YA. WOW WOW WOW *cumanyangsukanontoninitalkshowyangtau

Dan gue sampai juga di hari ini. Dan sejujurnya gue juga nggak percaya. Gue bahkan nulis ini sambil bercermin. "Oh men, time flies damn faaaaaaaaaaaaaaaassssst!!" Berasa gue baru kemarin lulus SD tapi tiba tiba udah segini gedenya.

Yes, hari ini gue genap 25 tahun. APPPAAAA????

25 TAHUN

KATAKAN SEKALI LAGIII????!!!

DUA PULUH LIMA TAHUN!!

Tuh kan, kalian nggak percaya. Sama. Gue juga nggak percaya. Gue tiap ngaca masih berasa kayak anak umur 18 tahun, tapi ternyata gue udah 7 tahun lebih tua. Bahkan, hari ini untuk memperingati hari kelahiran gue,gue ke salon. Gue potong rambut. Gue bilang ke mbaknya,

"Teh, potong kayak begini ya,pake poni." Sambil gue liatin tuh foto bule berambut cepak bagus sekali. Rambut coklat mengkilat yang hanya sepanjang dagu dengan poni se alis yang cenderung miring ke samping.

Dan 1,5 jam kemudian setelah gue digunting plus creambath,gue liat ke kaca. Gue berkali kali bandingin sama yang di foto yang gue kasih lihat mbaknya salon.

"Teh, nggak salah nih teh?"

"Enggaaaak...cantik kok...."

"Kenapa jadi kayak personil The Changcuters ya teh?" Emang iya, gaes. Gue malah mirip kayak Eric sama Alda, personil The Changcuters yang kembar itu. Rambut bagian depan cuman sepanjang telinga dan mengembang sedemikian rupa. Poni menambah segalanya. Hampir aja gue mau kelepasan.

"RACOOOOOOONNNN!!! MEMANG KAOOOO RACOOOOOON!!!"

Untung gue nggak jadi nyanyi. Gue inget kalau hari ini adalah hari ulang tahun gue. Dan gue berketetapan hati kalau di umur gue yang 25 tahun ini gue harus lebih anggun dan mawas diri. Walaupun sekarang rambut gue kayak personil The Changcuters. Gue harus menyikapi cobaan pertama di hari ulang tahun gue ini dengan lapang dada dan hati terbuka. 

Beda cerita kalau jalan dulu, Pernah gue ke salon abis pulang sekolah. Gue mau potong nih. Terus gue kasih deskripsi bentuk rambut yang gue pingin.Eeehh, jadinya pendek bangettt... Gue akhirnya pulang dengan hati terluka dan sampai rumah gue..................................................... nangis.

"Bu, liat rambut ku Bu! Jadi pendeeek begini. Ini kependekan! Aku.....aku...nggak bisa...." Nangiiis.....

Nah,setidaknya hidup gue ini ada peningkatannya. Contohnya hari ini.Walaupun rambut gue jadi begini,tapi gue tetap pulang dari salon dengan penuh kesyukuran.

"Makasih ya Teh, personil The Changcuters pulang dulu..." pamit gue dengan hati terbuka.

----

Well, gue sekarang udah dewasa. Dulu gue pikir di umur 25 tahun ini gue udah punya segalanya. Kayaknya umur 25 tahun ini adalah umur sakral yang bermakna sangat spesial dan khusus. Tapi memang setiap pergantian tahun buat gue adalah momen yang spesial juga. Karena di hari itu, umur gue bertambah selaras dengan tanggung jawab, pengabdian, harapan dan tugas kehidupan gue juga yang terus tumbuh. 

Dan di umur 25 tahun ini justru buat gue adalah awal dari segalanya. Ini adalah fase kehidupan sebagai seorang Meykke yang sebenarnya. Ibarat anak SMA, ini adalah UN yang sesungguhnya. Kemarin kemarin cuman try out. Di umur 25 tahun ini gue udah lulus kuliah, gue juga udah jadi fresh graduate yang udah katam kerja selama 3 tahun. Nahh, tahun tahun kemarin adalah preparation buat gue untuk meniti tahun tahun penentuan gue setelah ini.

Gue sangat bersyukur, gaes. Gue selalu diberi kesempatan dan kepercayaan untuk bisa menjalani hidup ini sesuai dengan hati gue. Gue bisa kemana pun yang hati gue mau, salah satunya ke Jakarta ini. Sedikit demi sedikit gue udah bisa mencapai apa yang menjadi mimpi gue dulu.

"I'm living in dreams I was wishing years ago."

Gue punya pengalaman hidup yang lebih beragam, gue punya teman teman baik yang mengajarkan gue untuk bisa terus berbondong bondong dalam kebaikan, gue punya kesempatan untuk bisa bermanfaat untuk orang lain seperti KOPAJA (Komunitas Peduli Anak Marjinal), gue bisa berlibur ke banyak tempat dengan uang sendiri, gue bisa mengatur hidup gue sendiri, gue bisa hidup lebih sehat dan baik lagi, dan gue bisa belajar menjadi pribadi yang baru setiap hari.

Maka, hal pertama yang ada di benak gue hari ini adalah SYUKUR. Karena apa??

Karena syukuri apa yang ada,hidup adalah anugerah. Tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik. Itu.

Tapi, di usia gue yang ke 25 tahun ini,masih banyak cita cita yang gue gantungkan. Kata manusia pada umumnya, semakin tua umur seseorang,maka semakin realistislah mereka. Dan menurut gue, itu............................ benar.

Gue juga semakin hari semakin realistis dan menjalani hidup tetapi tetap menghidupkan mimpi mimpi gue. Karena gue percaya dan udah gue buktikan juga kalau...........

"IF THERE IS A WILL, THERE MUST BE A WAY!"

Tiap gue pingin sesuatu, selalu adaaaa...aja jalannya untuk akhirnya bisa menggapai sesuatu itu. Nah, makanya gue tetap masih mau bermimpi karena gue nggak tau apa yang akan terjadi besok dan lusa.

Dan masih banyak juga bucket list gue yang belum gue coret. I'll struggle for it!!

Hari ini gue bahagia, gaes... Memang nggak ada kue yang gue makan atau pun lilin yang gue tiup. Tapi, gue dilingkupi oleh orang orang yang baik dan lingkungan yang sehat, keluarga gue, Om bulek beserta sepupu gue, teman kerja gue,teman kost yang ternyata juga teman kerja gue, teteh salon, dan teman teman blogger gue. Lalu, hal apa yang bisa bikin gue nggak bahagia??

Gue bersyukur banget Alloh ngasih jatah hidup gue sebagai seorang Meykke Santos, yang hidupnya peuh liku asoy dengan pelajaran hidup yang amat berharga di tiap tiap tikungannya. Gue bersyukur diberikan hidup luar biasa ini. The ups and downs in life just lead me to the amazing life full of gratitude. Betapa gue nggak bisa menggambarkan kesyukuran atas hidup gue selama ini. Alloh selalu mendengarkan doa doa gue, dan Alloh menempa gue menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar. Maka, nikmat mana yang gue dustakan??

Di usia ke-25 tahun ini, banyak doa yang gue kirimkan. Gue juga berdoa semoga gue nggak panik menghadapi foto foto temen temen gue di FB yang backgroundnya pelaminan. Semoga gue bisa bertemu dengan partner hidup gue dan kita bisa berbagi ide hidup, pendapat, visi dan misi, dan bisa main UNO kalau kita nggak bisa tidur, Itu.

Gue udah gede, gaes.








9 comments:

  1. Alhamdulillah udah 25 yaa, kirain tadi masih ulang tahun yang ke sweet seventeen loh haha. Doa beserta ucapannya tadi sudah melalui bbm yaa Kak Mey :)

    Boleh juga tuh ulang tahun langsung potong rambut. MAna hasilnya mirip kayak personil The Cangcuters yaa haha. Nggak papa, diumur ke-25 semuanya harud dihadapi dengan tegar dan nggak boleh cengeng lagi.

    Aku bacanya sambil senyum-senyum sendiri Kak. Apalagi pas di kalimat, semakin tua kita, maka akan semakin realistis. Itu setuju banget. Tapi meskipun seperti itu kita nggak boleh membunuh mimpi yang udah kita bangun gitu aja yaa. Realistis boleh, tapi mimpi harus tetap dikejar.

    ReplyDelete
  2. Selamat ulang tahun kk Meyk! sukses slalu yaaa :D

    ReplyDelete
  3. Halooo Meykke lama gak berkunjung ke blogmu, headernya baru dan gak lemot lagi, uhyeeeaaaah :)
    Selamat ulang tahun ya semoga panjang umur, meski udah 25 tapi km tetap cantik kok, tetap imut seperti umur 18th hehehe
    aku doain cepet ketemu partner yg bisa diajak haha hihi saat gak bisa tidur, masak main UnO? YA YA YA WOW WOW WOW...
    sukses selalu ya Meyk, muaaach, jadi kapan kita kopdar? eeaaa

    ReplyDelete
  4. Omigot Kakak Meykkeeeeee selamat menempuh hidup baru! Ya, umur baru, maksudku. Aku baca postinganmu kok malah terharu ya, jadi sedih. Hiks hiks... Meskipun komedinya tetep ada, sih. Personil The Changcuters :((((

    Alhamdulillah emang bener sih. Meskipun nggak ada kue untuk dimakan, nggak ada temen-temen yang kasih surprise dan lilin untuk ditiup, bersyukur masih dikelilingi orang baik itu jauh lebih bahagia. Toh makin gede juga kayaknya perayaan-perayaan itu udah bukan jadi nomor satu, beda kalo kayak waktu masih kecil haha.

    Doaku semoga di usia seperempat abad ini, kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik ya Kak. Panjang umur, sehat selalu, jangan lupa untuk terus bersyukur. Dan yang paling paling palingnya, semoga kamu segera menemukan partner terklop untuk hidup di masa depan. Aamiin :))

    ReplyDelete
  5. Udah seperempat abad aja hehehe...

    Mana hasil potongan rambut yang di gadang-gadang mirip personil the changcuters itu? bener-bener ngebentuk mangkok ga? Hehe...
    Setuju sih, ulang tahun itu adalah saat yang kita tunggu di waktu kecil, tapi pas udah gede gini kok agak males ya, mungkin karena belum ada pencapaian2 besar di hidup kita, walopun begitu tetep bersyukur udah dikasih kesempatan hidup hehe..

    Btw, selamat ulang tahun ya..
    Semoga apa yang dimimpikan segera dicapai dan dapet jodoh yang bisa diajak main uno :v

    ReplyDelete
  6. Gue udah scroll scroll sampe akhir postingan nih, tapi rambut personil The Changcuters nya manaaaaaaaa?! :v

    Mba meykke udah makin dewasa dan matang aja nih, emang sih umur 25 tahun bisa dikatakan banyak menghadapi rintangan-rintangan, namun apapun yang terjadi kita harus semangat. Itu yang penting. Dan juga rasa syukur kepada sang pencipta atas nikmat yang telah ia berikan. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan berkarya di umur yang semakin berkurang ini...

    Semogaaa mba meykke makin sukses kedepannya, dan bertemu "teman hidup"nya nanti ^^

    ReplyDelete
  7. Halo mbak salam kenal ya, barusan mampir di blog ini nih :D

    Anyway selamat ulang tahun yaa. Kapan nikah? haha Sori telat,

    ReplyDelete
  8. Legenda personel Changcuters yang hilang itu ternyata benar. Ternyata benar! Kita menemukan dia, kawan-kawan. Kita menemukannya! Dia menyembunyikannya di balik jilbabnya. Ia bisa menyembunyikan rambutnya, tapi ia tidak akan bisa menyembunyikan kecantikannyaaaaa *oke yah, sekali ini aja. anggap aja ini hadiah ulang tahun, paling nggak ada cowok yang bilang kamu cantik*

    Umur 25 adalah momok bagi banyak orang. Dan pertanyaannya juga akan semakin beragam dan menjengkelkan. Kapan ini kapan itu, kapan nyusul ini kapan nyusul itu. Foto-foto yang beredar di timeline juga akan sedikit berubah, yang dulu sering ngupload foto nongkrong bareng temen, sekarang udah nongkrong bareng suami. Kalau dulu nongkrong bareng suami, sekarang sudah nambah satu personel lagi.

    Anyway, selamat ulang tahun yah, Mey. Semakin dewasa, prioritas kita juga ikut berubah termasuk mimpi-mimpi itu. Semoga di antara mimpi-mimpi yang sudah dicorat-coret itu, menemukan jalannya untuk pulang ke rumahmu :)

    ReplyDelete
  9. Pas ada tulisan 'Diumur yang ke-25'.

    Gue berenti baca. lalu ngezoom poto-nya.

    Anjir, awet muda ya. Nggak keliatan kaya umur 25. Mirip-nya umur 36

    *lah *dikeplak

    ReplyDelete