Monday, 30 November 2015

Surat untuk Miss Meykke

"What day is today??" Gue nanya di kelas, tertanggal 25 November. 
Anak anak : "Teacher's daaaaaayyy!!"
Noel : "Wednesdaaaaaaaaaaaaaaaaaayyyyy!"

Dan bagi gue semuanya benar. Hari itu adalah hari Rabu yang bertepatan dengan hari Guru. Oleh karena itu, gue dan guru yang lain sepakat buat gabungin semua kelas yang ada dan bersama sama bikin surat untuk guru masing masing. Secara gue seumur umur belum pernah dikasih surat cinta, gue antusias sekali nungguin murid murid gue yang saat itu berumur sekitar 7-10 tahun. Dan saat semua surat dikumpulin, gue nggak nyangka kalau ternyata ini bisa jadi lebih romantis dari surat cinta. Gue baper.


Letter from Liberta. So sweeeet...Akhirnya gue bisa memerankan peran penting untuk kehidupan orang lain.



Letter from Gyan. Dan akhirnya gue bisa menjadi pahlawan untuk seseorang. Ada Ultraman, Spiderman, Superman..dan perkenalkan gue : MEYKKEMAN!

Letter from Echa. Dari surat Echa terbongkarlah tabiat gue kalau gue suka ngajak selfie dan diupload di instagram gue. Bukannya apa apa, gue cuman bisa mengabadikan momen momen indah bersama mereka karena hidup itu dinamis. Jadi,saat gue nggak ngajar mereka lagi, gue masih punya bidikan abadi kebersamaan itu di instagram gue. Dan anak anak gue juga bisa liat,"Ini lho dulu Miss gue...namanya Miss Meykke. Orangnya lucu ingitttt..."

Letter from Naomi. Gue baper banget baca surat dari Naomi. Naomi sampai hafal tabiat gue yang kelupaan bawa kopi di kelas. Gue bilang,"Wait, I'm gonna take my coffee first or I will fall asleep inside the class."Gue tersentuh dan merasa berguna hidup di dunia ini. Semoga ke depannya gue bisa menjadi lebih awesome dan bisa mengajarkan mereka pada kebaikan. Karena guru adalah digugu dan ditiru. 

Letter from Qalbina. Terimakasih Qalbina udah bilang Miss Meykke beautiful. Iya, Miss Meykke tau kok kalau Miss Meykke beautiful *ditimpukkacalipat. Qalbina tau banget kalau gue emang never give up. Karena selama hayat masih di kandung badan, kita tidak punya alasan untuk menyerah. Super Sekali. Meykke Teguh.

And this is it, letter from Ammara. Surat yang paling bikin gue terharu banget. Walaupun dia bilang gue cuman 'a little bit beautiful' alias cantik sedikit saja,tapi kelanjutannya bikin gue terbang melayang saking senangnya. "I cannot find teacher like her again in this world. When I grow up I want to be a teacher like Ms. Meykke. Not only teacher, she is my bestfriend. Miss Meykke is my INSPIRATION!" Dan saat gue tanya apa cita citanya.Dulu dia bilang mau jadi chef, dan sekarang dia mau jadi teacher!! I am a proud teacher, gaes!

A letter from Farrell. Owh jadi ini singkatan dari MEYKKE. Ya,,,bisa,,bisa..Walau pun gue nggak pernah pake dan nggakpunya rok gambar bunga bunga dan wajah gue nggak sepanjang itu tapi usaha Farrell harus diapresiasi,. Thank you so much Farrell! :*

A letter from Calvin. Saking hafalya, Calvin sampai tahu lagu yang sering gue putar di kelas saat mereka lagi ngerjain soal soal. Dan mereka juga tahu kalau idola gue adalah..........Justin Bieber.

A letter from Noel yang bikin gue speechless. Karena kalau mengajar bawaannya bercanda, waktu itu gue bercanda begini,"Please don't be so noisy. Don't be so noisy. The baby inside my belly is sleeping now." "Are you pregnant."  "Yes, I am." -.- Yaaahh...jadi ditulis deh. Tapi, mereka tau ini tahu kalau ini cuman bercanda. Biasaa...gurunya itu emang kadang otaknya suka sedikit oleng. Dan lo liat ada gambar laki laki unyu bernama Mr. Heru. Dia itu guru baru di tempat gue. Pas ngajar pertama, dia ikutan ngajar di kelas gue dan dari saat itu layakya anak SMP gue di ciye ciyein sama dia. Gue lagi baca bareng Mr.Heru,anak anak bilang,
"Ciyeeeee..."
Gue nyuruh Mr. Heru hapus papan tulis,anak anak bilang,
"Ciyeeeee..."
Anak anak pulang, gue sama Mr.Heru gantian bilang,
"Ciyeeeee....go home ni yeeee..." Karena gue da Mr.Heru nggak mau kalah.
And you know what?? Dia itu juga ada di satu komunitas Blogger Energy dan kita pernah jadi contributor di satu buku yang sama Dunia memang suempittt, guys!

A letter from Jorel. Lagi lagi ada gambar Mr. Heru yang bilang "Good One." dan juga singkatan dari Meykke. Gue segera buru buru mengamini semua singkatan itu selain egg is her favorite food karena gue nggak mau "endogen" kata orang Jawa bilang. Sayur lebih bagus.. Thankyou Jorel!!

dll

Tapi, flashback ke masa masa pahit di awal karier gue sebagai pengajar,gue juga mengalami banyak kendala yang teramat sangat tak terperikan. Apalagi gue benci banget sama anak anak.Rewel dan merepotkan! Dan di hari pertama gue disuruh ngajar dua anak balita bahasa Inggris! Yang satu tidur,yang satu mau nangis . Di hari pertama gue ngajar, gue nangis di kamar kost. “Idup kok gini amat!” Gue muntab.

Dan dari keadaan yang enggak memberikan gue pilihan itu, gue bertahan. Sebulan, dua bulan, lima bulan,setahun dan semuanya berlalu. Mengajar memberikan gue kepuasan pribadi, kesenangan, dan waktu luang untuk terus berkarya lewat tulisan. Mengajar di sini memberikan gue banyak kebebasan. Dari situ, gue paham. Inilah yang gue inginkan.

Mengajar banyak mengubah hidup gue. Dulu gue alergi anak kecil,bahkan adek gue yang lahir saat gue SMA kelas 1 selalu gelesotan saat gue gendong. Kata Ayah, aura gue fanas. Tapi, sekarang semuanya berbeda. Sekarang, tiap liat anak kecil bawaannya pingin ngajarin. Lama lama jadi pingin. Tapi perlu gue ketahui kalau untuk bikin anak kecil nggak segampang bikin asbak tanah liat kayak jaman SD dulu. *pleaseskip

Kata orang bule,

“The luckiest person is person who work in their passion.”

Dan gue akan tunjuk tangan setinggi tingginya. Mengajar mengantarkan gue ke berbagai pelajaran hidup. Mengajar mengantarkan gue kepada kepuasan dan kebanggaan terhadap diri sendiri. Mengajar mengantarkan gue untuk bisa melakukan lebih, lebih, dan lebih. Mengajar mengantarkan gue ke murid murid unyu yang saat Hari Guru kemarin menulis surat unyu. Dan betapa senangnya gue mendapati kata kata yang polos, jujur, dan mengharukan dari murid murid gue.

Dan buat gue, surat surat itu adalah semacam pelatuk atau pun bubuk mesiu. Maka, gue pasang beberapa di antaranya di tembok kost.  Gue bisa membacanya setiap hari!
Tentu ini bukan tujuan akhir gue. Gue juga nggak akan berhenti sampai di sini. Banyak hal yang ingin gue lakukan. Banyak keinginan dan harapan yang ingin gue rengkuh. Dan pastinya banyak hal baik yang ingin gue sebarkan dan lakukan untuk orang lain.

But, for being what I am now, I send up so much gratitude. For gaining what I have now, God is soo good. For being a techer, I am so grateful.

 



7 comments:

  1. senengnya bisa bermanfaat bagi orang lain.
    ikut terharu bacanya.

    ReplyDelete
  2. Wah, dapet surat gitu. Pasti perasaannya senang banget, merasa bisa buat orang lain menjadi lebih baik. :)

    ReplyDelete
  3. Kak, Pasti bangga banget dong. Menjadi pengajar mereka dengan hati yang luhur dan ketabahan serta kesabaran dalam memperjuangkan pendidikan mereka.

    Semoga kak Mey terus bisa memberikan kontribusi terhadap pendidikan di Indonesia dan tentunya mampu menjadi guru yang jadi pengarah yang baik.

    Btw, selamat hari guru kak mey. Semangat!!!

    ReplyDelete
  4. Happy Teacher's Day, Miss Meykke. Teruslah berkarya, cerdaskan generasi muda bangsa kita =)

    From a fellow teacher

    ReplyDelete
  5. Aku sekarang lagi kuliah fakultas pendidikan. Jujur aku agak kurang tertarik terjun di dunia pendidikan. Tapi tadi baca surat-surat yang so sweet banget dari anak-anak malah jadi pengin digituin juga. Entahlah nanti bakal terjun di dunia pendidikan apa enggak.

    ReplyDelete
  6. Dari aura tulisannya keliatan klu mbak Meyke guru yg menyenangkan dan selalu dirindukan kehadirannya....
    Aah jadi pengeen ngajar lagi....,
    Selamat hari guru yaa, dear

    ReplyDelete
  7. Aku juga pengen jadi pengajar nih. Ngebayangin jadi guru tuh rasanya seneeeeng :D

    ReplyDelete