Sunday, 22 February 2015

HELLO A NEW HEADER!!!

Akhirnya blog gue mengalami perubahan. Lima tahun sudah gue berkecimpung di dunia perblogan, dimulai dari blogger gembel yang nggak punya apa apa, lalu beralih ke blogger yang gila gadget, dari jam dinding, screen wallpaper sampe kolam ikan yang tiap diklik ikannya mangap mangap semua ada di tampilan blog, dan pelan tapi pasti jadi blogger yang mulai keliatan elegan karena punya rejeki buat ngubah alamat web jadi www.meykkesantoso.com tanpa blogspot sejak November 2013 dengan modal 95k per tahun di Rumahweb.com

Bagi gue, header sebuah blog itu bak sampul ato cover sebuah buku. Penting!! Bahkan, orang bisa baca sifat penulis blog hanya dari headernya. Kalau headernya hanya tulisan judul blognya saja kemungkinan empu blognya adalah orang yang sederhana dan bersahaja. Kalau headernya berjudul nyeleneh semisal “Remaja Gagal Gaul”,“Pelajar Gagal Belajar” kemungkinan si empunya blog adalah orang yang -kurang beruntung- hidupnya diselimuti dengan nuansa komedi.  Kalau headernya penuh bunga bunga atau headernya bergambar penulis lagi tiduran di antara bunga bunga kemungkinan penulisnya -fans berat Syahrini- mencintai alam Indonesia sepenuhnya. Dan kalau headernya disertai dengan kutipan sajak syahdu serupa “Aku ingin mencintaimu dengan sederhana... seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu... Aku ingin mencintaimu dengan sederhana... seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada..." (Kahlil Gibran) kemungkinan penulisnya adalah -orang yang sering galau-  calon pujangga hebat. Macam macam.

Makanya, bagi gue header adalah unsur yang sangat penting untuk tampilan blog. Andaikata rumah, header itu semacam bentuk pintunya, pagarnya, dan warna catnya dilihat dari luar.

Sepanjang perjalanan blog gue, gue juga udah berkali ganti ganti blog menyesuaikan perilaku sehari hari gue. Coba nih liat!

Header gue jaman baheula saat kemampuan editing gue masih dalam segala keterbatasan.


Header yang gue pasang biar orang orang tahu gue suka warna biru sampai mawar juga biru. Mawar macam apa.

Header yang gue pasang pas gue suka bikin burung origami jaman kuliah, fotonya masih sama karena foto yang bagus cuman itu saja.

header yang gue pasang biar keliatan cinta pantai tapi nggak foto di pantai karena emang nggak pernah ke pantai.

header yang gue pasang dengan tema cinta lingkungan

Header yang gue pasang pas dengan kadar kenarsisan melebihi batas.


header yang gue pasang biar gue kayak anak pantai sejati. (sekarang udah bisa pergi ke pantai)

header yang gue pasang sejak 22 November 2013 dengan mengusung tema cinta alam dan sejarah, di SINI 


Ada masa masanya gue sedikit alay, alay sekali, alay berkelanjutan dan alay tiada bertepi, dan itu bisa dilihat dari perkembangan blog gue. Tapi, gue bangga karena manusia memang harusnya berkembang....ehm, dan juga nanti berkembang biak. Iya, gitu.

Tapi, seumur umur gue belum pernah bikin header pake uang, maksimal kucuran keringat dan tenaga serta waktu yang abis buat mikirin judulnya apa, letaknya dimana, quotenya apa dan juga efek fotonya kayak apa. Buat mikirin itu aja gue sampai nggak tidur, gimana buat mikirin yang lain. Disitu kadang gue suka sedih. (biar keliatan gaul, nggak ketinggalan meme yang lagi booming)

Tapi gue rasa gue perlu mengembangkan blog gue menjadi lebih segar lagi walaupun blog gue bukan warung sayur sebelah kost.  Jadilah gue mencari orang yang bisa bikinin header sekalian nyisipin Java Script biar simbol facebook dan twitter nya bisa langsung mengarah ke alamat destinasi.

Beberapa bulan yang lalu gue udah pernah pesen header serupa itu ke temennya temen blog gue. Tapi, karena dia yang terlampau sibuk jadilah proyeknya terhenti di tengah jalan. Dan dari komen gue di blog temen gue, Heru Arya, dia kemudian chat gue di facebook dan menawarkan jasanya buat bikinin header. Setelah goyang dumang saking senengnya, akhirnya proyek itu dimulai!

Tapi, bikin header bukanlah perkara yang mudah. Seperti harapan dan kenyataan, ide ide gue sering tidak sejalan dengan keadaan. Gue mau ada tiga cewek pake jilbab berwajah gue yang sedang melakukan tiga kegiatan berbeda yang menggambarkan tiga pekerjaan gue. Dan ternyata gambar vektor kalau dizoom out akan menjadi kotak kotak. Gue lalu mikir, ini gambar vektor apa perutnya Agnes Monica?

Bahkan, Arya sempat putus asa setelah dia mengajukan pilihan kedua dengan bentuk gue wajah saja bertuliskan teacher, writer, dan traveler karena gue pingin gambar yang berbicara tanpa harus ngasih title segala. Arya kehilangan arah dan bilang “Ya udah kak, nggak jadi nggak papa...”

selain gue nggak suka warna hijau, header ini sederhana, jalan hidup gue nggak sesederhana itu. Berliku liku.
Gue liat Arya labil dan cenderung mengarah ke butiran debu. Lalu, gue setuju untuk nggak usah pake wajah gue karena cantik juga ragu ragu. Akhirnya, gue setuju dengan gambarnya yang pertama. Apalagi saat gue liat ada gambar pantai segala, gue nggak sabar pingin make tuh header.

Tapi, cobaan yang mendera Arya tidak berhenti sampai di situ karena gue banyak maunya. Gue pingin balonnya diilangin soalnya gue nggak se-cute itu bawa bawa balon ke pantai kayak anak SD, tapi setelah diilangin gue pingin ada balonnya biar gue ada sisi cute nya walopu tipu tipu. Terus, gue pingin di gambar yang gue jadi penulis dikasih laptop biar keren dan lebih mendukung maksud gambar. Udah gitu, gue pingin backgroundnya transparan jadinya tulisannya seperti melekat di layout dan tulisan Melted Javanese Sugarnya digedein. Plus, gue kepikiran buat ngasih quote biar keren. Tapi, otak gue seumpama hidung lagi pilek.









Dan akhirnya, setelah ditambah ini dan itu jadilah header blog gue yang sekarang. Gue bahagia tiada tara karena header itu tuh GUE BANGEEEEEEEETTTT walau pun muka gue nggak seunyu itu.

Gue puas dan setelah dipasang sama Heru di blog gue, temen temen gue juga suka sama header baru gue. Tapi gue mikir, buat masalah header aja bisa seribet ini apalagi masalah yang lain?? Disitu kadang gue suka sedih (lagi).

Akhirnya, dengan biaya 100k header gue selesai di tangan Heru plus pemasangannya di blog gue karena gue minim Javascript dan segala bentuk coding atau pun code. Iya, gue memang lemah dalam membaca kode, segala jenis kode.

Dengan header yang baru, gue berharap semangat menulis gue makin berkobar dan gue bisa mewujudkan mimpi gue di tahun ini. Blog ini adalah rumah kedua gue, panggung gue, dan jembatan gue. Melalui blog ini, gue bisa mempunyai banyak teman dekat walau tanpa tatapan mata. Gue punya teman yang ngerti gue dan gue ngerti mereka hanya dengan untaian kata. Gue bisa menghibur orang lain, berbagi inspirasi dan semangat. Gue bisa menunjukkan ide dan tulisan tulisan gue yang kadang konyol dan bikin illfeel. Tapi, inilah gue. Blog ini adalah diri gue. Itu mengapa, header dan kontennya sangat berharga gue, begitu pula dengan komen komen yang masuk.

Terimakasih untuk semua temen temen gue yang mau meluangkan waktu untuk membaca dan meninggalkan komentar yang sering bikin gue ngakak, mesem, terharu, berapi api sampai menyisingkan lengan karena ngantongin banyak semangat. Terimakasih untuk semua inspirasi, motivasi dan semangat yang temen temen gue berikan. Terimakasih untuk semuanya. I love you!! Terus membaca yaaaaaaa!!!!

With love,

Displaying finish kak mey.png
Hasil vektor Heru Arya yang gue minta karena sayang kalau udah dibuat nggak dipake. Makasih yah Her!!

Meykke Santoso



20 comments:

  1. Memilih headee rumit juga ya Meykke. Apalagi soal jodoh #ehhh.
    Selamat ya utk headernya. Bagus kok.

    ReplyDelete
  2. wkwkwk. kasian bang Heru pasti stress itu mbak meey! bagus headernyaaa. unyu-unyuuu dan mbk bangeeet. cilamat yg header baru :))

    ReplyDelete
  3. Aku juga pengen buat header, kayaknya kurang bagus kalau headerku cuma berbentuk tulisan kayak gitu :(

    Selamat kak headernya baru, pas kemaren-kemaren mampir sini udah sadar sih headernya baru, dan suka banget sama headernya. Lucu :D

    Dan ternyata 3 orang itu ada artinya, kirain cuma iseng dibikin ada 3 cewek :D

    ReplyDelete
  4. header gue cuma judul doang, itu berarti gue sederhana dan bersahaja ya? ahahaha sebenernya sih pengen pasang header kek gitu tapi ora iso, #uhuk

    setelah pengen ini itu akhirnya jadi juga ya,, kasian sama yang bikin, hahaha
    selamet ya buat header barunya :D

    ReplyDelete
  5. Eh. Gak tau harus mulai dari mana.

    Tapi semoga seneng sama karya Pangeran yang telah membuat sebagian toak pangeran ke mana-mana.

    Selamat header baru kak mey..

    :)

    ReplyDelete
  6. Emang keren headernya. Aku sih blogger newbie jadi bikin yang simpel aja. Dibantuin @tofikdwi kemarin :)

    makin semangat ngeblog ya. salam kenal :)

    ReplyDelete
  7. Ternyata sudah berganti banyak header, haha
    Liat header baru mu jadi pengen ganti header nih -_-

    selamat berganti header, hehe
    dan semoga semakin semangat menulis :)

    ReplyDelete
  8. Emang, kak, yang namanya baru berkecimpung di dunia blog pasti headernya diawali dengan alay dulu. Entah kenapa hampir semuanya gitu. T.T

    Dan anyway, waktu itu si Shakti whatsapp Mamat, kak. Awalnya dia pengin komen dipostingan aconot tapi ga jadi, karena gak enak lihat komennya kak Mey. Hahaha. Katanya emang saat itu dia sibuk, dan komunikasi kalian sebatas lewat email. Otomatis pasti kurang lancar. Terus dia mau menawarkan diri kembali, dan perantaranya awalnya adalah Mamat. Katanya masih ada sketsa orderan kak Mey di draft yang tinggal dipoles. Kalo interest suruh hubungi via line. Tapi apa lah daya, mamat manusia biasa. Intinya lupa nyampein amanah. Atapiloh.... :(

    Ah, tapi header yang ini juga keren kok. Lucu-lucu gimana gitu. Ternyata si Heru bisa juga bikin artwork ya. Caluuut! :D

    ReplyDelete
  9. Di banding yang ijo ijo itu, header yang ini emang bagus. Lebih unyu, berwarna kalem, dan fresh. Apalagi headernya cocok dengan pekerjaannya.

    Btw, kasihan bang heru dapet klien yang kebangakan nyap nyap pengen ini itu, tapi wajarlah namanya juga header 100k hhe

    Yang jelas, headernya kelitan banget niat bikinnya, gak asal, yah meskipun yang bikin orang lain hhe

    Oh ya, header lamanya alay pake bingitzz masa hha

    ReplyDelete
  10. Nah!! ini diaaa.. menggambarkan isi cerita dalam blog ini kayanya pas gitu ya kak :D.. untungnya si heru cadangan kesabarannya masih stok banyak ya. wkwk.. kerenlah! :D

    ReplyDelete
  11. Ahhhh jadi pengen dibuatin juga hahaha

    Mbak, gara-gara kamu aku jadi pengen ganti header juga :3

    ReplyDelete
  12. bagi ku header site nya mbak mey selalu cantik..

    ReplyDelete
  13. Pernah alay juga, ya? Header yang sekarang udah bagus loh. :D

    ReplyDelete
  14. wih lucu loh mey, tapi sayang aja nih di laptop aku coding sosial medianya agak melenceng ke kiri. Kenapa gak pake gambar aja terus maping di dreamweaver :)

    ReplyDelete
  15. Ini ceritanya header baru apa sponsorin pangeran wortel ? :p

    Tapi bagus kok headernya keliatan imut2 gitu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...