Wednesday, 19 November 2014

WHAT'S INSIDE THE CLASS Chapter. 1 (Ini Poster!)

Genap 1 tahun dua bulan gue bergelar guru Bahasa Inggris di salah satu English Course di Jalan Alternative Cibubur, Bekasi Kota ini. Setiap hari gue bertemu dengan murid beraneka macam kayak anggrek. Di sana, kisaran umur anak yang gue ajar mulai dari balita sekitar 2 tahun sampai SMP. Jelas dong, cara mengajar anak balita sangat berbeda dengan cara mengajar anak yang akan beranjak ababil remaja.

Semuanya memberikan warna tersendiri bagi gue. Hanya saja, kalau boleh memilih, mengajar anak yang akan beranjak ababil remaja terasa jauh lebih mudah. Gue nggak lagi menganggap mereka sebagai murid, tetapi sebagai teman.

Gue punya empat kelas yang bermuatan kelompok anak anak ini, yaitu setiap hari Senin dan Rabu sore, Selasa dan Kamis sore, Jumat sore, dan Sabtu sore. Murid paling senior adalah Zahara. Bahkan, dia udah ada di sana saat gue masuk menjadi guru. Bahkan, dulu Zahara sendirian. Zahara adalah type gadis yang berani, selalu aktif, cepat bertindak, dan tanggap. Ini Zahara apa penanganan gawat darurat?? Zahara juga gemar menggambar dan membuat komik. Bahkan, dia pernah menggambar untuk teman temannya sekelas plus gue sebagai Miss Meykke serupa ini!



Ini khan so sweet abis!


Di antara teman temannya, Zahara juga yang paling pintar dan cap cis cus, tetapi semua temannya juga pintar kok. Di kelas Zahara sekarang, ada tiga teman lainnya. Mereka adalah Andhira, Abi dan juga Salsa. Memang selalu ada pergantian personil setiap musimnya, udah kayak Band di Indonesia.

Nah, kemarin gue bersama kelas Clam ini abis bikin project. Projectnya adalah bikin poster tentang bagaimana membuat tubuh ini sehat karena walau pun kita tidak mau hidup seribu tahun lagi karena kelamaan, tetapi jelas dong kita ingin mempunyai tubuh yang sehat. That’s why, project kali ini adalah ‘how to keep healthy!’

Hari sebelumnya gue udah menyiapkan beberapa gambar yang gue ambil dari Google, serupa mbak mbak yoga, mbak mbak lagi jogging, tanda no smoking, air putih kemana mana, tiduran di atas pasir pantai, dan lain sebagainya. Jadi, nantinya mereka harus memilih 6 gambar dari banyak gambar tu dan dari gambar itu mereka harus menuliskan penjelasannya. Misal, gambar tentang ‘no smoking’, mereka bisa bilang tentang bahaya merokok, bikin paru paru dan kantong bolong. Yahh, semua orang tau kalo merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Dan bagaimanakah hasil poster dari merekaa??

Ini dia!

hasilnya! Noh perokok ntar bisa jadi kayak gambar Zahara!!

Abi, Zahara, Andhira dan Salsa.

Tak hanya itu, gue juga mewajibkan mereka untuk mempresentasikan poster mereka, I recorded it! Dari empat presentasi, gue rasa ini adalah presentasi terbaik.

Check this out!


video



Bagi gue, kelas Clam ini juga salah satu kelas terasik. Gue sebagai guru juga bisa ikut bereksplorasi tentang kegiatan seru yang mungkin bisa dilakukan. Lalu, apa lagi selanjutnya ya? Mau tau aja apa mau tau banget???

Anak anak sehat Indonesia!!

15 comments:

  1. Zahara? bukan Zahara hantu gaul kan Mey? tapi Zahara murid gaul.
    sekelas muridnya cuma 4 doang Mey?

    dan yang jadi muridnya dari umur 2 tahun? wauuu kereeen. ditempat gue gak ada tempat kursus bahasa inggris soalnya mey. ada juga sekolah TK biasa, itu juga yang diterima hanya murid berusia 4 tahun dan 5 tahun. pasti ribet ya ngajarin balita umur 2 tahun.

    gambarnya si Zahara keren banget...sayang gak bisa lihat videonya karna jaringan gagal gaul. :|

    ReplyDelete
  2. Itu anak anaknya gaul banget ya kaya gurunya:D

    Salut dengan anak anak yang sudah ada bakat sejak dini. Meyke bantu mereka ngembangin bakat dan passionnya biar terasah terus dan bisa bermanfaat untuk masa depan ya. Caio, ibu guluuuuu :D

    ReplyDelete
  3. Videonya gak bisa d tonton... Bewe d hp soalnya.. Maaf ya --"
    Guru b. Inggris ya?? Tos dulu dong.. Sya jga 1 tajun pernah jd guru b. Inggris... Dan rasanya tuh emang asyik banget.. Kdang sya selaku pengajar jstru suka dapet ilmu baru dr mereka :)
    Semangat terus mengajarnya....
    Keren keren posternya :D

    ReplyDelete
  4. zahara om gemes deh liatnya ya walau kesindir juga soal posternya, tapi om seneng deh sama kamu, salam buat mamah papahnya ya...

    *ganti tulisan om dengan kakak.. gue belom jadi om om dan gue belom setua itu -_-

    ReplyDelete
  5. Tumben postingannya dikit kak, biasanya panjang banget :D
    Adeknya gambarnya bagus nih, aku aja nggak bisa gambar kayak begitu wkwkwkwkwk
    Seru nih jadi guru, bisa deket sama anak kecil dan bisa membentuk generasi muda yang baru *ceilehh
    Semangat terus ya buat jadi ibu gurunya hehehe

    ReplyDelete
  6. miss Meykke salam saya yah buat Zaharanya.. hehehe masih kecil gtu udah jago gambar keren deh... pasti menyenangkan klu ngajar murid yang aktif, berani dan Pintar kayak Zahara... apalagi klu muridnya lucu dan menggemaskan...

    ReplyDelete
  7. Keren. Masih kecil udah pinter gambar si Zahara. Dan gue selalu salut sama guru-guru, khususnya yang ngajar anak kecil. Ga mudah buat ngedidik mereka. Semoga selalu diberi kesabaran buat ngedidik mereka, Mey :)
    Semangat !

    ReplyDelete
  8. guru bhsa inggris? aduh ajarin aku juga donk kak, , aku ngx bisa bisa b.inggris. hehe, ,

    ReplyDelete
  9. hei, meyk...long time no see...
    kayaknya kerjaan kamu disana makin menyenangkan ya...
    btw gambarnya zahara bagus, kayak anime chibis...
    seru banget bikin poster dan ngliatin gambar2nya murid kayak gitu... kalo di tempatku sih, nggak mungkin bisaa...hahaha...ah jd envy...

    ReplyDelete
  10. Salam buat adek-adek yang keren itu ya kak. Semoga mereka dan kakak makin pinter. "Mau dong!! adek Wortel dia ajarin jatuh cinta." #SalahFokus :D

    ReplyDelete
  11. waaaah.. salaam buat anak2 nya ya hihihi aku suka anak2. pengen jadi guru juga semoga aja kesampean. Aamiin :)

    ReplyDelete