Wednesday, 1 October 2014

TIPS KERJA ASIK (Jilid 1)


“Selamat menempuh hidup baru ya, welcome to the jungle!” Setahun silam temen temen gue menyelamati gue. Akhirnya gue wisuda dan sarjana pendidikan tersemat asik di penghujung suku kata Yuntiawati. Gue kala itu tak benar benar mengerti arti dari welcome to the jungle. Apa setelah ini gue akan berkelana di hujan hutan tropis di pedalaman Kalimantan sana? Bahkan gue juga nggak tahu hutan di Kalimantan sana termasuk hutan hujan tropis atau bukan. Tapi, gue berharap nggak ada lagi kebakaran hutan, asapnya kemana mana.

Tapi, begitu gue transformasi dari pelajar penuh nestapa menjadi pekerja bergelimang durjana, gue jadi tau kalau tempat kerja memang adalah hutan kehidupan yang sesungguhnya. Memang, gue nggak bakal berkelahi melawan ular, tapi manusia berlidah ular tak terhitung jumlahnya. Memang, gue nggak bakal sakaratul maut dengan bisa mengalir di sekujur tubuh, tapi gue bisa sembelit tujuh hari tujuh malem karena terkontaminasi bisa dari lidah lidah bercabang dua. Memang, gue nggak akan bertemu dengan siluman beruk ataupun siluman kalajengking, tapi orang orang bermuka dua kayak siluman susah dibedakan. Gue lebay in dikit biar asik.

Tapi, santay mukanya biasa aja, jangan mengkerut sampai alisnya nyambung sama pupil mata kayak gitu. Begitu gue berjuang selama setahun menghadapi berbagai serangan bisa, serigala tutul dan siluman buruk rupa, gue akhirnya bisa menulis tips ini. Ini adalah tips dari hati terdalam gue. Yang gue tahu, hidup itu udah susah jangan dibikin makin susah. Hidup itu udah berat jangan dibikin makin berat. Tiap kali gue naik roller coaster, gue jadi ingat tentang lika liku hidup gue. Nanti gue kasih tau kelanjutannya. Sekarang gue mau nulis tips dan trik tanpa intrik dulu. Here they are :


1. BERDOA

Ini jelas penting banget. Entah mau menghadapi hutan beneran atau pun menghadapi hutan kehidupan, gue berusaha untuk terus menyelipkan doa. Misalkan di tempat kerja gue lagi asik nulis Report buat anak anak, lalu masuklah temen kerja gue yang terkenal pandai bersilat lidah dengan muka tak biasa. Mulutnya manyun sampai nempel di lobang hidung dengan mata mendelik delik kayak abis nelen bola golf. Begitu dia melirik ke arah gue, gue buru buru baca Ayat Kursi dengan mulut komat kamit siapa tahu dia kebakar.

“Lu kenapa dah??”

“ Oh enggak. Gue lagi senam mulut aja. He he”

“Sarap lu yak!”

Pembakaran kuntilanak gagal.

Tapi, apapun sebutan Tuhan dan bagaimanapun cara berdoa, do’a adalah kekuatan paling mujarab menurut gue. Dengan berdoa, gue akan merasa tenang. Gue yakin se-berbisa apapun mulut orang, hati gue akan terselamatkan. Gue yakin sekeras apapun jalan terjang menerjang di pekerjaan, Tuhan udah nyiapin sepatu boots anti karat setinggi paha. Aman.

2. NONTON

Nah, ini. Ini jelas penting banget. Orang kerja bukan berarti kita harus melulu kerja tanpa menikmati hidup. Kita bisa banget kerja dengan nikmat yang terus mengalir kayak air mancur di bundaran HI. Karena gue adalah seorang guru bahasa Inggris yang bekerja di salah satu les bahasa Inggris di sebuah sisi jalan alternative Cibubur sana, gue nggak melulu mengajar sehari full. Gue mengajar maksimal tiga kelas dengan durasi 1,5 jam di masing masing kelas. Tapi, gue juga harus menyiapkan materi kelas semenarik mungkin kayak orangnya biar makin lancar rejeki yang mengalir di kantong gue. Gue bekerja dari pukul 09.30 sampai 06.00 magrib. Begitu gue selesai nyiapin kelas dan gue nggak ada kerjaan, bisa banget gue dan teman teman buka youtube dan nonton apa yang bisa ditonton. Misalnya, ada temen kerja gue yang suka film horror. Kita lalu nonton film Horror dari Thailand sana. Anehnya, tiap kali ada adegan mendebarkan dia akan beringsut mundur dan menjauhi komputer. Dia pikir tuh setan bisa keluar dari layar komputer terus nampol dia gitu?

“Mundur luuu, gue tampol baru nyahok lu!” Dia mungkin berasumsi setannya berpikiran dangkal seperti itu. Dan mungkin dia berpikir setannya impor dari Pondok Ranggon, asli Betawi.

Gue cuman geleng geleng.

“Maksute piye.... Ra jelas blas”

Kalau gue pribadi, gue suka nonton drama Korea atau iklan iklan mengharukan dari Thailand. Misal ada satu iklan tentang arti membantu sesama. Ada satu cowok yang setiap hari melakukan hal hal yang sama, memberi pisang tetangganya yang sudah nenek nenek, meletakkan bunga layu di pancuran air sisa, membantu mendorong gerobak penjual sayur, memberi makan anjing jalan, dan memberi uang pengemis ibu dan anak. Dia tidak mendapatkan apa apa. Dia juga tidak jadi terkenal atau pun kaya raya. Tapi ada yang berubah. Bunga jadi mekar dan segar, nenek penerima pisang tak pernah kelaparan, penjual sayur yang sudah renta tak harus berjuang keras, dan akhirnya saat dia ingin memberi uang untuk pengemis, anak dari pengemis itu nggak ada. Dan tiba tiba datanglah anak dengan seragam lengkap. Dia sekarang bisa sekolah!! Kalau udah begitu, air berkumpul di pelupuk mata.

“Kenape lu Mey?”

“Apanya?”

“Cieeee...nangis yaaaa...”

“Nggak kok, cuman shampo.”

“He??”

“Eh, nggak kok. Cuman kelilipan. Tuh ada cecak mangkal di atap.”

Tapi, nikmat nomor 2 ini ada syaratnya.

1. Kerjaan udah beres.
2. Ada komputer nganggur.
3. Sambungan internet lancar tanpa buffering.
4. Nggak ada....ehm, nggak ada....ya gitu deh.

3. YOGA

Eits, jangan salah. Gerakan Yoga itu bukan cuman kaki bersila dengan tangan menempel di kedua lutut kayak orang lagi bertapa di puncak gunung Slamet. Gerakan Yoga itu ada banyak dan bisa dipraktekkan di tempat kerja sekalipun. Dan karena gue hampir duduk all the time di tempat kerja sambil menghadap layar komputer atau pun menulis, gue harus bisa merenggangkan otot otot tubuh bagian atas seperti lengan, dada, leher dan punggung. Nggak mau dong kita cari uang begitu getol, begitu terkumpul eh buat berobat cuman gara gara nggak pernah olahraga. Yoga juga bisa membuat pikiran jadi jernih kayak laut di Raja Ampat sana.

Nih, gue kasih liat videonya. Lu bisa nglakuin sambil duduk di kursi kerja.



Namun, ada baiknya juga kalau sebelum kerja kita olahraga dulu. Olahraga yang gue minatin selain Yoga adalah jogging dan renang. Gue biasanya jogging bareng salah satu temen gue di sepanjang jalan komplek dan renang di hari Minggu bersama sepupu gue. Walau pun gue nggak ingin hidup 1000 tahun lagi ataupun bukan termasuk binatang jalang dari kaum yang terbuang, gue ingin hidup yang sehat dengan tubuh yang bugar. Menjaga kesehatan itu murah, ngobatin itu yang mahalnya sampe nipisin tabungan.

Jadi, gimana? Mau mencoba?? Masih buanyaaaaak tips tips yang akan gue keluarkan sebagai senjata ampuh pembunuh bosan dan tetap menggapai nikmat di tempat kerja, inshaAlloh.

-To be continuod-




10 comments:

  1. Tips dari gua : sering-sering bawa oleh-oleh / jajanan / snack untuk dibagi-bagiin di kantor supaya ga dimusuhin...wkwkwk

    ReplyDelete
  2. wah ini kayaknya juga bisa diterapin buat yang masih kuliah, tips yang simpel tapi sangat efektif :)

    ReplyDelete
  3. Wah mbak mey, sama suka juga liat iklan sosial dari Thailand, emang banyakan mengharukan gitu ya ceritanya:(

    Tips nya juga asooooy banget mbak. Nice.

    ReplyDelete
  4. Tenang aja, lama-lama kamu bakal kebal sama lidah ular, bahkan mungkin lama-lama kamu akan ketularan berlidah ular kayak mereka. But trust me, it won't be that bad. That's a part of socializing.

    ReplyDelete
  5. ini aku lagi mau donlod videonya yoga di atas :D
    ternyata praktis setelah diliat2 :))
    kalo jogging juga murah meriah, menyenangkan n segar :D
    siplah mending liat drama korea ketimbang sinetron Indonesia yang ngalor ngidul nggak jelas+ ngawur! wwkwkwk
    oya aku tambahin 1 lg tipsnya: jalan-jalan ^_^

    ReplyDelete
  6. sama kok mbak mey sama kuliah, kadang juga gitu. apalagi mahasiswa semester tua :')
    intinya jangan lupa sama Tuhan, terus jangan lupa makan hahaha, makan adalah sumber kehidupan dan kesenangan menurut aku :D

    ReplyDelete
  7. As a safety device, a replica louis vuitton dryer usually has a door switch that activates the working parts. Unless the door is properly closed, the dryer won't work, regardless of the settings on the gucci replica control panel. Many dryers are equipped with a reset button on the control panel. If the motor won't run, let the dryer cool for about ten minutes chanel replica. Then push the reset button. If there are no problems with the motor, switches, or electrical system, this should restart the dryer. replica handbags Caution: Before doing any work on the dryer, make sure it's unplugged. Disconnect the grounding wire. If it is a gas-fueled dryer, close the gas-supply replica handbags valve to shut off the unit's gas supply.

    ReplyDelete
  8. Thanks untuk kerja asiknya :)
    Jika berkenan bisa kunjungan balik ke Kemasan Makanan

    ReplyDelete
  9. Terimakasih tipsnya mba... BW ya http://hendrasuhendra176.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...