Wednesday, 5 February 2014

Karenanya, Kita BERKEMBANG!!

Bila berbicara tentang teknologi informatika, pikiran saya langsung tertuju pada benda benda super ajaib serupa HP, televisi, komputer yang disandingkan dengan modem atau wifi, dan benda benda yang bisa seakan menghapuskan jarak. Dan di antara mereka, yang paling bikin saya amazed dari dahulu kala adalah benda bernama komputer.

“Apa yang kamu fikirkan saat mendengar kata teknologi komputer?

Banyak. Banyak sekali yang terlintas di benak saya saat mendengar kata komputer, salah satunya adalah kenangan. Iye. Komputer memungkinkan saya untuk bisa menyimpan semuaaa kenangan di dalamnya, baik jejak serpihan masa mau pun jejak pikiran yang pada akhirnya berujung di pelupuk mata orang banyak. Seperti yang saya lakukan sekarang.

Ah, saya jadi inget masa masa perkenalan saya dengan balok berotak itu. Saat itu saya masih berbalut seragam serupa bendera Indonesia. Tiba tiba datang bapak bapak ke sekolah. Dengan berbekal iming iming ‘melek komputer’, akhirnya dengan restu Ayah dan Ibu saya daftar tuh les komputer. Dan saya riang bukan kepalang. Iya, saya mulai mengenal tut komputer sejak kelas 6 SD. Dan akhirnya setiap Sabtu saya naik angkot sendirian, melaju ke rumah sang bapak komputer dan mulai belajar mengetik. Kali pertama saya harus merangkai kata kata di layar, saya.....stress. Tuh tut banyak banget di keyboard dan dengan jari jemari saya yang belum berkembang, cukup susah meloncat dari R ke L atau dari W ke P, masih ditambah 1001 tanda baca yang juga tidak boleh tertinggal walau hanya setitik. "Setitik Nila, Rusak Susu Sebelanga", katanya. Dan sejak itu, saya jatuh cinta pada balok ajaib yang bisa memunculkan sejuta gambar dan warna. Seiring berkembangnya cinta saya sama komputer, kecintaan saya pada menulis pun juga semakin menggembung.


Dan saat saya menginjak masa SMP, akhirnya tante saya ninggalin satu buah komputer di rumah nenek! Untuk kedua kalinya saya riang gembira tiada tara. Setiap hari saya mulai nulis diary di situ, lalu saya juga mulai menulis puisi beserta cerpen! Bagi saya, komputer begitu memegang peranan penting dalam hidup saya. Dari menulis di diary bergembok, saya bisa menulis di Microsoft Word dan saya bahkan nggak perlu beli diary lagi!

Melanjutkan hidup ke ke SMA, masih bersama komputer yang sama, saya semakin getol merangkai kata. Puncaknya, dengan komputer itu cerpen saya lolos lomba cerpen di majalah Kawanku dan betapa meletupnya kebahagiaan saya saat nama Meykke Alvia ada di bawah judul cerpen buah karya saya, di salah satu halaman majalah. Ah, sejak itu saya semakin dan semakin tidak terpisahkan dari komputer dengan segala teknologi ajaibnya.

Memasuki kuliah, saat itu saya sudah mulai move on dari komputer yang cuman bisa saya jamah di rumah nenek menjadi komputer portable! Iye, di bangku kuliah akhirnya saya bisa menulis di mana pun saya suka, bahkan di depan toilet pun saya bisya! Pada akhirnya saya bisa beli laptop dan bermodalkan dua kepingan logam yang bisa dibuka tutup itu saya mulai mengenal blog! Saat itu facebook begitu merajalela dan melalui teknologi ini saya bisa mendekatkan diri dengan yang jauh tanpa menjauhkan diri dengan yang dekat. Bahkan, saking cintanya, saya kasih nama nih laptop! Saya panggil dia dengan sebutan, Lee Suhi!*1

Dari rahim LeeSuHi saya bisa ikutan banyak lomba menulis yang pada akhirnya dibukukan juga giveaway. Setiap hari, jemari saya tidak pernah absen menari di atas para tutnya.

Yah, the magic of Information Technology!! Mulai dari facebook, twitter, instagram, blog, path, pinterest, dan banyak lagi social media terlahir dari teknologi maha perkasa ini. Dan tanpa mereka, ibarat tembok tanpa cat, soup tanpa wortel, TV tanpa Indovision. Hampa. 

Kita bisa mengobrol dengan memasang banyak emoticon dengan sahabat di 500 km jauhnya, lalu berkirim kiriman surat super cepat hanya dengan sekali pencet, juga mengirim wajah kita seketika setelah menekan tombol capture. Tak lupa untuk para pelaku gamuv*2 bisa semakin menggalaukan hati mereka karena dengan sekali mendayung, mereka bisa mengkepo tentang sedang berbuat apa bersama siapa si teman indah masa lalu. Para fans pun juga dengan begitu mudahnya mengakses jalan untuk bisa tahu lebih dalam para idolanya dengan mengamati foto foto mereka yang bergelimangan di instagram!!

Dan buat saya, hanya bermodalkan Lee Suhi dan modem, saya bisa berselancar riang gembira di dunia maya, menulis tanpa batas lalu membagikannya tanpa batas jarak pula. Tak lupa saling menyapa dengan sesama peselancar lainnya, dan bila beruntung saya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa saya nikmati di dunia nyata, salah satunya mengikuti giveaway ini.

See?? Dan pada akhirnya semua orang membutuhkan teknologi ini untuk berkembang bersama mereka.
Mengantarkan kita dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak mungkin menjadi mungkin, dan dari yang kelihatannya mustahil menjadi berhasil ; Teknologi Informatika.

Tak disadari, kita berkembang bersamanya. Atau lebih tepatnya, kita berkembang KARENAnya!!

Jadi, nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan???




Keterangan :
*1 LEEtop aSUs HItam
*2 GAgal MUVe on

15 comments:

  1. yupss..nggak kebayang banget kalo nggak ada teknologi semacam laptop, hape full internet, dll.
    kayaknya emang di jaman ini, teknologi adalah segalanya ya...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *salah ketik susunannya tdi, makanya kuapus -___- *

      gudlak buat GA nya ya meykke :-D

      betewe lomba cerpen kawanku itu yang ikut banyak bgt meykke. pas taunku taun 2005, yg ikut 2000-an hehe.. *dikasitau di majalahnya*
      ampe skrg piagamnya (hardcopy) masih kesimpen di lemariku :-)

      eh iya kalo ada proyek2 menulis yg dibukukan , infoin yaa ^^

      Tak disadari, kita berkembang bersamanya. Atau lebih tepatnya, kita berkembang KARENAnya!! >> gak bs deh idup tanpa TI. udah tak terpisahkan hahaha

      Delete
  3. Kayaknya kita beda beberapa taun aja. Gue kenal komputer dari kelas 3 sd, cuma bisa ngetik + paint. X))
    Iya, sekarang kalo gak ada laptop, apalagi modem, berasa hampa :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah SD udah kenal komputer? kereeen, aku kenal komputer waktu SMP
      SMA cuma di skul... akhirnya kuliah punya monitor n cpu terus beli laptop deh n then my laptop is gone hiiikkksss

      wah si Meykke nyeritain komputer ya... emang sih banyak banget manfaatnya
      sukses ya
      mg kita sama2 menang hehe

      Delete
  4. Setuju banget. Sependapat sama tulisan ini. DI zaman sekarang udah jadi satu kesatuan sama yang namanya teknologi informatika, tanpa dia kita kan hampa.

    Sukses GAnya, harusnya sih menang :)

    ReplyDelete
  5. Ngomongin teknologi.., hape baru akoh lucaaak ;(
    *abaikan*

    ih, kak mey, bener juga yak.. Jadi inget temen sebangku aku, dia kan bantu ortu jaga warung, jadi agak gaptek gitu sama berita di tv, jadi dia baru tau dari aku beberapa berita (baca: gosip) terbaru. Kan, nggak enak juga ya, kudet gitu :/
    mungkin itu salah satunya, betapa teknologi bikin wawasan kita tambah luas :D

    gluck kak mey, ganya :3

    ReplyDelete
  6. bener banget, ga kebayang deh kalo seandainya ga ada teknologi, pasti hidup kita bagai taman tak berbunga kalo kata pujangga. kalo aku kenal komputer dari kelas 3 sd tapi cuma bisa ngetik doang sama mainan winamp dan solitair :D waaaa kak Meyke keyeeennn karyanya udah masuk di majalah terkenal ada yg dibukukan lagi, saluuut... sukses kak GAnya!

    ReplyDelete
  7. huahahahaa..nila setitik rusak susu sebelangga..apalagi kalo typo yang aneh-aneh..
    kompetensiku dari dulu sampe sekarang tetep aja gaptek nih-,-" bedanya ngetiknya jadi lebih cepet..heheheee..
    kita emang tumbuh bersama dengan majunya teknologi..tapi teknologi juga banyak plus minusnya, kalo dibahas panjang banget ini..hahahaaa...sukses GAnyaaaa

    ReplyDelete
  8. aku tau komputer dari SD, tapi akrabnya pas SMP kelas 1.. main komputer langsung buka word ngetik apa ajah trus disisipin gambar bawaan office.. main game kartu2an gitu hahahaha kalo diingat2, pada jamannya itu udah keren dan hebat banget :')))

    sukses GA nya kak... wah keren nih GAnya bahas ginian

    ReplyDelete
  9. komputer pertama gw namanya mickro, itu waktu kelas 2 SMP, belajar ngetik, maen game ski sampe dimakan manusia salju... aaa kangen yaaa.. dulu juga suka nulis gitu di words bikin wallpaper di paint, aaa udag lama sekali .__.

    ReplyDelete
  10. Mey, kayanya kamu nulisnya buru buru ya? Ngejar target gitu. Ini tulisannya kok sepertinya dipaksakan selesai secepatnya:(

    Bisa mungkin lain kali, menulisnya saat santai ya biar runut dan asik dibacanya. ^__^V

    Di kalimat sebelum terakhir itu mungkin tepatnya: KarenaNya, kita berkembang dengan bantuan teknologi. :)

    Di akhir, bisa tuh jadi nilai tambah saat penilaian. Dengan cara menuliskan surat dan ayat ke berapa dari yang tertulis itu biar pembaca tahu itu berasal dari Qur'an :)

    Semoga menang GA nya^^

    ReplyDelete
  11. positif negatifnya gadget memang saat ini kita ngga bisa lepas darinya. Kadang kangen juga sama masa-masa dimana cuman ada telepon rumah. ngga ribet hhehehehe. good luck GA nya!

    ReplyDelete
  12. Aku kenal komputer dari SD juga. Waktu SD sih dari kelas 4 udah ada pelajaran komputer. Sekolah swasta soalnya.
    Dan paling seneng kalo belajar tentang mengetik di word, soal nya aku bisa ngetik lebih cepet dari anak yang lain padahal masih 11 jari (read: telunjuk kanan-kiri).
    Garagara kesalahan itu dari lulus SD tiap hari pulang sekolah main game typer shark, yang utk mengolah jari jemari dengan tuts tuts komputer. Jadinya sekarang aku masih tetep 11 jari :')

    Sukses kak GA. Kudu menang kalo gini mah ^^

    ReplyDelete
  13. Bahkan, saking cintanya, saya kasih nama nih laptop! Saya panggil dia dengan sebutan, Lee Suhi!*1 ... hahahaha .. super banget mbak... kayak artis korea.. kalau laptop saya Toshiba 10" merah enaknya kasih nama siapa ya?
    Thank banyak dah berpartisipasi... tercatat sebagai peserta

    ReplyDelete