Tuesday, 22 October 2013

TIPS JITU DAN MUTAKHIR MENEPIS HOMESICK BAB 6

“ Lo lagi ngapain Mey?”

“Nggak liat lo? Ini namanya half of handstand, half of sit up!” ucap gue sambil terus mempertahankan posisi gue. Kedua kaki gue angkat ke tembok setinggi tingginya dan selurus lurusnya dengan separo badan bagian atas tiduran di kasur, lalu dengan berulang ulang gue sit upin tuh kepala sampai pundak gue.

“Biar apa?”

“Gue lagi olahraga, Al..”

“Owh, gue tahu gue tahu arah pembicaraan kita...ini tips mengatasi Homesick bab 6 khan Mey?”

“Ah, kagak sia sia gue ajakin lo kuliah dan urbanisasi, Al..”

6. JANGAN SAKIT!!!


Ini harus benar benar diamalkan. Harus!!

Gue punya teman bingit namanya sebut saja Uma (bukan nama samaran). Dia bilang ke gue jaman dahulu kala,

“Duh, sumpah seph...aku demam nih.”

“terus gimana dong?”, gue bingung mau ngapain karena dia ada di Jogja dan gue di Ambarawa. Bisao gue naik kuda terbangnya Angling Dharma terus gue beliin obat tuh temen gue.

“Tau nggak, aku ngompres dahiku sendiri, udah gitu aku laper, seph...padahal aku lemees, tapi kalo aku di kamar terus yang ada aku malah kelaparan, seph...nggak ada yang ngasih makan..aku turun, jalan gitu...duh waktu mau antri, sumpah seph! Rasanya mau pingsan! Udah gitu harus beli obat dulu, seph! Bener bener deh...sakit itu nggak enak. Nggak enak lagi kalo ngekost gini, rasanya pingin pulang! Nggak ada yang ngurusin di sini...aku tertatih tatih...”

“Tapi nggak butiran debu khan? Sabar ya seph...”

Dari situ gue berkeyakinan kuat kalo ngekost jangan sampai sakit! Ini haram. Udah hidup sendiri, bersih bersih sendiri, tidur tidur sendiri, makan makan sendiri, mau masak masak sendiri juga kok nggak bisa masak, nah, kalau sakit ya sakit sendiri itu rasanya bener bener tertatih tatih. Dan setelah gue bertapa, gue mendapatkan wangsit biar nggak sakit.

1. “AKU SEHAT!”

Katanya, penyakit itu berasal dari pikiran. Dan gue percaya, mungkin kecuali gangguan pencernaan. Itu bukan berasal dari pikiran, tapi berasal dari mulut. Lah makannya makan rujak cabe setan 10 biji, jelas aja memfreeeet!

Jadi, sebisa mungkin tiap bangun pagi, biar kayak di pelem pelem gitu, gue ngulet secantik mungkin...

“huaaaaam...” lalu gue senyum senyum sendiri, sambil memikirkan hal hal yang bikin bahagia. Misalnya kalau gue...

“sekarang tanggal 22...3 hari lagi...gue gajian. Indahnya hidup ini...”

Lalu gue buka pintu kamar kost dan ke ruang tamu. Gue sibakkan tuh jendela karena di kamar gue kagak ada jendela. Nggak papa.

Gue buka pintu kost, gue bilang...

Good Morning, universe! Today, I am happy and healthy....”

Gue sekalian mau ngetwit tapi gue terus inget, HP gue stupidphone, nggak bisa ngetwit. Nggak papa.

2. OLAHRAGA

Tapi gue galau. Kalau di Ambarawa, gue bisa olahraga tiap pagi jogging dengan semerbak harum tanah basah dan kicauan burung. Gue liat sekeliling ada pohon duren, pohon cengkih, pohon mangga, pohon rambutan dengan hijauuu dimana mana dan di sana nan jaoh di mata gundukan tanak raksasa berselimut permadani hijau tampak cantik luar biasa. Lah ini, gue begitu mau jogging, baru buka pagar kost, gue liat gumpalan sisa pembakaran knalpot langsung mengudara.. gue liat sekeliling, yang ada cuman mobil mobil dan rumah rumah yang berdesakan berasa kek rebutan tanah, di sana nan jaoh di mato bangunan raksasa bernama mall seakan melambai lambai...Di sini kalau gue jogging, bukannya gue sehat, gue malah bengek! Gue masuk lagi. Dan gue olahraga di kamar aja. Manjat manjat tembok misalnya. Bisa juga nanti gue beli buku “Yoga exercise” dan gue amalin setiap pagi. Yang pasti, raga harus diolah...

3. MAKAN MAKANAN YANG MENYEHATKAN

Iye, makan juga harus diperhatikan. Nggak boleh jajan sembarangan. Jangan apa apa dimakan. Batu dimakan, bata dimakan, hati dimakan jadi makan hati nanti syedih. Jangan, kasihan....

Gue bilang ke gue sendiri..

Hei partner gue, kita akan terus berkolaborasi sampai Alloh bilang ‘guys, your time is up!’, gue janji gue akan menjaga lo sebisa gue...lo adalah satu satunya sarana gue berkiprah di dunia ini..gue cuman punya satu jadi nggak bisa ganti ganti kek baju, sekalinya lo rusak nanti gue transparan dan akan dikirim ke Yaumul Hisab...so please, be healthy!”



17 comments:

  1. waah baguus nih tipsnya buat ngobatin homesick,hehe :p
    klo aku homesick, calling temen2 trus ngabur ke gunung atau ke pantai,hehe :D

    salam blogger dari Rizki Pradana: mampir ya kaakaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. widih aku suka banget gaya kamu Rizky, andaikan aku jga bisa tiap homesick aku tidur di pantai sama di puncak gunung bareng temen temeeeeeen

      iyaaaak :D

      Delete
  2. selain tips2 diatas, satu lagi yang gak bisa di tinggal kan yaitu "berfikir positif" kenapa? supaya kita gak stress~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanyaaa...bilngke diri sendiri kalau "today I'm healthy and happy" :D

      Delete
  3. Hahaha iyaaa.. iyaa.. ANAK KOST JANGAN SAMPE SAKIT!! REPOOTTT!! :(((((( Gak ada yg rawat, gak ada yg beliin makan kalo laper, gak ada yg nyapin, gak ada yg mandiin! pokoknya gak asik deh kalo anak kost sakit!

    tapi bener juga ya kak, semua itu sebenarnya dari pikiran.. haha :{D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya Rick..pikiran harus BERSIH @.@

      Delete
  4. nahh..itu susahnya mei, dijaga-kayak-gimanapun, kalo mindset di pikiran kita udah nggak enak dan nggak mood, kemungkinan besar bakalan sakit sih ujung2nya... -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya Mif, jangan stress :D hehehe dibikin sebahagia mungkin..

      Delete
  5. makan makanan yg sehat itu yg susah, namanya juga anak kost, seadanya diembat.
    orang jualan jajanan disamperin, ga ada yg ngingetin soal kebersihan dll, kalo sakit seringan gr2 salah sendiri :D

    ReplyDelete
  6. waaa udah bab 6 aja nih, belom pernah ngerasain home sick sih.. ya gimana, orang masih tinggal serumah sama orang tua.

    tips nya keren banget mba meyke, masuk akal..

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen ngerasain gak tnggl drmh brg ortu. biar bisa homesick giru haha

    ReplyDelete
  8. Benar, setuju banget dengan “semua penyakit itu berawal dari pikiran”. Terimakasih kak atas informasinya,.. semangat-semangat..

    ReplyDelete
  9. Waduuuuuh, udah bab 6. Ini mau dibuku yeee? Hahaha. Pasti ada bab 7, kayaknya homesicknya belom kelar-kelar. :p
    Yaudahlah, kak. Jangan diambil pusing. Masih banyak panadol, biogesic untuk menghilangkan kepusingan dalam menjalanin hidup. Gitu.

    Tetep, semangat!!!!!! Cahyoooo

    ReplyDelete
  10. Wow, tips nya masih jalan terus. bener bgt lah, kalo jauh dari rumah trus sakit itu nyesek bgt. jauh dari emak, dari sodara2. masih untung kalo ada temen yg mau bantuin..

    ReplyDelete
  11. ya ampun tipsnya mujarab beee :v aku juga mau gue kan anak rerantauan ..

    ReplyDelete
  12. beh keren banget! inikah akhir dari estafet tips homesicknya? ini kah akhirnya????!!!!

    ReplyDelete
  13. wah foto waktu sakit unyu2 ya..hahaha
    untung belum pernah yang namanya homesick :D

    ReplyDelete