Saturday, 19 October 2013

Review : Mujhse Dosti Karoge

“Ceklek...thing!”

Ini semacam konspirasi semesta. Gue pulang awal dan gue ingin sesuatu yang beda. Sambil makan apa yang bisa dimakan, gue nyalain tuh tipi satu satunya harapan gue hari Sabtu ini.

Hari santay kayak di pantay, gue namain hari Sabtu. Gue pulang jam 1 dan gue bisa ngapaiiiiiiin aja sampai malam. Iye, di kamar aja gitu.

Nonton tipi adalah satu satunya harapan gue di siang ini, dan begitu gue nyalain tipi, Rani Mukherjee muncul. Tidak lama berselang, Kareena Kapoor, dan gue makin girang. Hritik Roshan, man!!!



Film yang dirilis tahun 2002 ini langsung menjedotkan ingatan gue ke 11 tahun yang lalu waktu gue masih pake baju selaras dengan bendera Indonesia. Gue bersama temen temen seperjuangan gue dulu waktu kecil dibela belain jalan jauuuh ke desa sebelah cuman buat apa coba? 

Pinjem VCD film India di rentalan film satu satunya. Gue bahkan masih inget satu film dibandrol dengan harga 1500 dan kita patungan 500 500 bertiga, ato kalo ada 6 orang jadi 250 perak per orang. Lumayan. 

Begitu film di tangan, kita langsung menuju ke rumah Vina, salah satu personil kita. Tipi dinyalakan, VCD dimainkan. Setengah jam, satu jam, tuh keadaan sunyi senyap, man. Kita nonton tipinya nggak santai banget. Lama lama, mbak Isa mendadak pilek. Gue bingung, gue liatin tuh Mbak Isa, air mukanya berubah. Sekarang, Fita juga ikutan nyedot nyedot umbel. Gue lirik nih dia, matanya mulai berlinangan. Begitu sampai di tengah film, kita nangis berjamaah. 

Yang gue tau kala itu, saat sedih mau pun senang, menyanyilah. Bedanya, kalau sedih harus nyanyi sambil ujan ujanan sekalian nangis karena katanya “I like crying in the raining because noone will know it”, dan kalau lagi seneng menyanyilah di taman bunga yang bunganya warna kuning. Inget ya, warna kuning sambil menyibak nyibakkan ujung selendang kain sari biar udelnya kemana mana, dan jangan lupa rambut digerai, tapi keramas dulu.

Tapi, walau pun masih mengusung type sedih nyanyi seneng nyanyi, film ini gue liat lebih modern dibandingkan film terdahulu semacam Kuch Kuch Hotahai, Dil To Pagal Hai, dan lainnya.

Ceritanya pun tergolong unik, tapi tetep mengangkat isu cinta segitiga dan prahara badai cinta di antara persahabatan dan hati.

Jadi, ceritanya begini :





See??

Terus si Raj kok tau kalau ternyata yang nulis surat tuh bukan Tina tapi Pooja how?

Oke, smart question. Jadi begini,

Si Pooja datang ke London dalam rangka liburan dan menghampiri si Raj yang kala itu emang udah balik ke London karena dia kerja di sana. Selama seminggu noh, mereka menjelajah London. Nah, terus mereka ke gereja bareng khan tu berdoa. Dulu waktu kecil, pas Raj ke gereja tiba tiba dia seakan akan mendengarkan nada musik gitu, nah terus dia rekam tuh nada dia kasihin ke Pooja via email. Nah, tiap ke gereja Pooja juga mendendangkan nada itu, dan mereka bilang,

“So, it is our TUNE”

So sweeeeeeeeet!!

Nah, karena udah kebiasaan, waktu dia ke gereja bareng sama Raj, dia bersenandung tune itu, lah ketahuan deh tu. Waktu mereka merem berdua gitu, terus si Pooja berdehem dehem lagu itu, langsung

Set!!

Raj menatap wajah Pooja dengan nggak santay banget. Poojanya nggak dilanjutin dehemnya tuh, dia udah sadar kalau yang di sampingnya Raj. Terus udah berdoa selesai, Poojanya pura pura nggak dehem dehem gitu, waktu dia balikkan badan dan berjalan keluar dari gereja, nah si Raj dehem ganti.

“hum hum hum hum hum hum huuuuuuuuuum...he he he he he he heeeeeee”, gitu kira kira. 

Gue pingin dehem buat contoh terus gue upload di soundcloud tapi gue kasihan sama yang dengerin, jadi gue batalin.

Nah, begitu Raj nyanyi, giliran wajah Pooja yang nggak santay banget.

“Duh, ketahuan nih...” batin Pooja.

Mereka ngebrel ngebrel,

“Lo kok gitu sih sama gue? Lo kok jahat sama gue? Salah gue apa? Jadi selama 15 taun lo nipu gue? Limaaaa...belasssss tahuuuuun (diucapkan seperti ibunya Kiki Fatmala) Lo nulis surat buat gue tapi atas nama Tina, gitu???? Lo jahat!!”

“Raj, gue bilang di surat, apakah lo bisa nebak dengan hati lo, gue yang mana? Khan tiap gue kirimin poto, gue kirimin potonya gue sama Tina, biar lo bisa nebak yang mana kira kira menurut hati lo? Dan lo tau waktu kita ketemu di stasiun –Balapan kutho Solo sing dadi kenangan kowe karo aku- ? Lo nglewatin gue, mentang mentang Tina lebih cantik, putih, tinggi lagi. Terus gue harus bilang wow gitu? Nggak Raj. Itu nggak wow.”


Singkat cerita, mereka pacaran di London. Toh, they know each other better than anyone else. Mereka khan curhat curhatan selama 15 taun via email. Buset dah.

Tapi, ini udah terlambat.

Tina yang udah terlanjur terjatuh dan tak bisa bangkit lagi sama Raj alias udah kadung cinta gitu, ndelalah ayahnya meninggal dan dia nggak punya siapa siapa lagi. Demi nama persahabatan, kek biasa film film lainnya, Pooja merelakan cintanya. Si Tina kagak tau kalau ternyata Raj udah tau soal surat itu dan melabuhkan hatinya pada Pooja. Kapal harus kembali melaut.

Raj sebenarnya mau bilang, tapi Pooja mengelaknya.

“Jangan Raj, kasihan Pooja... you have to get married with her. The only one she has is you, your love.”

“Wokeeeeeh fine! Tapi gue nggak mau hancur sendirian! Mari kita hancur bareng bareng! Kalau gue harus nikah, lo juga harus nikah sama orang lain di hari yang sama!!!”, ucap Raj dengan menatap dalam dalam mata Pooja. Terus mereka nyanyi bareng.

Singkat cerita, akhirnya mereka akan menikah bareng bareng, tapi sebelum pernikahan digelar, nih Tina udah nyium bau bau nggak sedap.

Misalnya nih, waktu itu Pooja sama Tina mau nyebrang, terus ada mobil nyasak tuh,

“Poojaaa!!! Ada yang sakit nggak?”

“Nehi”

Yang ditanyain bukannya calon istrinya tapi sahabat calon istrinya. Lalu, orang jawa akan bilang,

“Piye perasaanmuu???”

Nah, waktu mau nikah nih, akhirnya mereka nikah di hari yang sama seperti rencana. Rencananya, Pooja sama temennya Raj yang dijodohin by Raj, dan Raj sendiri sama Tina.

Nah, sebelum ritual nikah khan mereka berdoa dulu di patung dewa Krishna ato apa gitu, nah, ini the key of the show nya nih.

Ini beda dari cerita cerita sebelumnya. Ini ada campur tangan Tuhan.

Jadi, kalo orang India cewek menikah itu nanti si mempelai cowok akan mengenakan bubuk merah di sela sela rambut tengah, jadi khan rambutnya dibelah tengah. Nah, persis di tengah tengah itulah bubuk merah akan dibubuhkan.

Raj waktu itu bawa nampan yang ada bubuknya itu. Tiba tiba waktu mereka berdoa, tempat bubuknya jatuh miring, and what happened??

Bubuknya jatuh, ada angin gede, dan jatuhnya persis di belahan rambutnya Pooja. Waktu itu Pooja lagi bungkuk.

Superrr sekaliiii, imajinasi sutradaranya dewa sekaliiiii...

Begitu tau apa yang terjadi, mereka saling pandang pandangan dengan air muka serius maksimal.

“It is God’s answer. We are meant to be.”

Nikah deh udah.

Tinanya juga ikhlas walopun gue tahu waktu dia ikut nglemparin bunga sewaktu Pooja dan Raj muter muterin api sambil diiketin selendang gitu kayak kalo di Indonesia lagi ijab qobul begitu, Tina senyum senyum tapi atinya.....remuk redam terpecah belah sampai setiap selnya tidak bisa dibagi lagi menjadi dua.

Kalo kurang puas, nih gue kasih video rangkumannya dalam bahasa Inggris.


Seperti setiap mata kuliah, setiap film pasti ada kesimpulan dan dari kesimpulan itu bisa disaring intisarinya.

 Jangan berbohong.

Sudah, gitu aja. Pelajaran cinta lainnya bisa disimpulkan sendiri yak....

27 comments:

  1. wow.. thanks dek :) you reviewed about my favourite movie. NO. It's one of my best Bollywood movies collection...
    The moral value is sooooooooooooo important! Don't ever lie and don't waste your time for nothing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. so welcome mbaaaak!!! :D

      iyaa bener, well love is indeed complicated..errrrrr

      Delete
  2. Waaaaaa ini film favoritku dari jaman SD..
    Walaupun udah nonton berkali-kali, tetep aja suka dan nggak bosen X))

    Kayaknya ada yang salah ketik deh tuh, Kak..
    Di bagian percakapan :
    “Jangan Raj, kasihan Pooja... you have to get married with her. The only one she has is you, your love.”
    Mestinya kan kasihan Tina '-'

    Betewe aku kepikiran gimana kelanjutan nasib Tina dan Rohan..
    Mereka nggak jadi nikah sama orang yang mereka cinta :'')
    Kesian T_T
    Pukpuk, mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eva lami bingit nih lo ga nongol dimari n di BE va, kemana aja??

      iyaaa, itu slaaaah..edited segera deh makasih yaaa Va :D

      ya udah va, nggak usah dipikirin nanti pusing..biar jadi urusan mereka bertiga aja gitu@.@

      Delete
  3. pas bagian “hum hum hum hum hum hum huuuuuuuuuum...he he he he he he heeeeeee”-nya kalo ada yang gak tahu filmnya pasti dia ngebaca itu dengan nada datar
    wuahahaha

    film india mana sih yang gak bikin nangis? :"))) tadi juga nonton kuch kuch hota hai dan tetep aja meleleh air mata
    padahal udah sering nonton itu :"))))
    galau-nya dapet *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye roo, makanya gue kasih videoklipnya sehabis itu khan biar nggak random yang baca, behehehe...

      buseeet, nangis sampe skrng?? klo skrng sih gue nggak mungkin nangis gara gara film india Ro, malu smaa umur @.@

      Delete
  4. nggak tau kenapa, males banget nonton film film india. nama pemerannya susah dihafal hahaha
    tapi keren kok reviewnya meyke :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaaaaaah, padahal so sweet dan india itu culturenya keren bangeeeeeeeeeeeeeet

      Delete
  5. bagusan mana sama tri idiot kak?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baguuusssss semuaaaa, beda genrenya sih Dwi...tapi bagus semua pokoknya...sama my name is khan jugak :D

      Delete
  6. aaaaaaaaaaa ini film paporit akuu, dari jaman sd sampe skarang :D
    walopun udah nonton berkali" tapi tetep pengen nonton lagi :(
    ceritanya bagus, ngingetin dulu jaman waktu pas kecil haha
    <3 Raj <3 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaaa...eh, berarti apa kita seumuran??? gue juga liat ini waktu SD gitu..behehehe

      iya, the past is so wonderful yak :D

      Delete
  7. Haahahaha ka mey, detil banget ngereviewnya. ini mah film zaman gue masih nonton di rumah tetangga -__-"
    eh tapi kok di ceritanya gak ada Rahul sama Anjeli?? *dikeplak* hahaha :p gue mah kalo gak ada Rahul sama Anjelinya berarti bukan film india! titik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu khan Kuch Kuch Hotahaiiii...hahahha, itu film pertama yang gue tonton dan langsung kepincut Rick!

      Delete
  8. mantep, mari bernyanyi berjamaah saat senang dan susah..!!! mari...hehhe

    keren mba'... sip, .

    ReplyDelete
  9. huaaa saya juga suka film india... apalagi lagu-lagunya di film mujhse dosti karoge bagusss paling keren yang pas Tina pentas.. tapi alhmd yah endingnya gak sad gtu... meski ada yg terluka.. di film aku jadi tahu bahwa cinta itu memang adil^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, kalo gue paling suka ya yang abis di gereja itu..jane dil mein itu deh so sweeeeeeeeeeeeeeettt

      Delete
  10. yah film india yg gue suka cuma 3 idiots kak mey -_-

    dan kesan gue abis baca reviewnya dari kak mey, gue ga tau yg cowo yang mana dan yang maho yang mana *salah tangkap*

    ReplyDelete
  11. gue juga suka pilm india loh... ceritanya itu loh diluar nalar orang indonesia :D...

    tapi kok film ini belum pernah lihat ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaah ini terkenal banget looooh, buruan liat Tif :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...