Thursday, 28 March 2013

Skripsweet Bab 10



Assalamualaikuuuum....

Alhamdulillah banget berkat sepupu gue yang ngasih pencerahan bahwasanya tower yang tinggi di dekat rumah kita ternyata owh ternyata adalah tower AXIS maka jadilah sekarang gue lumayan sejahtera make modem karena kecepatannya lumayan selevel sama di POSNET ( warnet kampus, red). http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com

Sudah lama banget gue nggak ngepost soal SKRIPSWEET.

Kenapa?? Karena mandek? LAgi macet otaknya?? Mentok nggak bisa jalan??

Aduh, jangan dong. ALhamdulillah masih in progress, on going sekarang ini. Dan kemarin adalah hari KONSULTASI (lagi)

Udah mulai dari minggu depan, gue yang jarang banget menginjakkan kaki di perpus, sekarang jadi betah banget di perpus. Soalnya, kalau udah di perpus itu kondusif maksimal buat ngerjain thesis walaupun sebenarnya gue kerjain di rumah juga bisa. tapi emang dasarnya anak labil kalau udah di kamar, liat bantal guling, liat folder drama Korea dan Running Man, gue jadi lupa segalanya. Yang ada kalau di kamar itu kalau nggak tidur ya liat Drama Korea. Sama sekali nggak mendukung!! Susaaaaaaaaaah banget buat bisa buka buku dan kertas yang sampai berumbai rumbai saking banyaknya dan juga buat buka dokuman analisa data gue. http://www.emocutez.com



Yap!! Alhamdulillah gue sudah sampai pada analisa data sekarang ini setelah sebulan lalu gue sibuk ke playgroup yang ada di kampus gue dan berada di naungan yang sama, Satya Wacana Chidren Center.

dan setelah melakukan 10 kali observasi dan 10 kali interview, akhirnya pengambilan data gue dinyatakan katam dan beralih ke analisa data, inti dari segala inti setelah pengambilan data.

jadi, gue harus coding. Coding adalah semacam proses mengelompokkan data yang sama menjadi satu dan menggabungkan tujuannya. Thesis gue berkisar tentang deskripsi jenis dan masing masing tujuan dari jenis aktivitas untuk mengajari bahasa Inggris anak TK. Begitu..

dan setelah coding, dilanjutkan coding lanjutan yang lebih ringkas, ditemukanlah 10 jenis dengan sekitar 3 sampai 6 tujuan per jenis nya...

Mulailah bab analisa data. http://www.emocutez.com

Daaaaaaaaaaaaaan, gue harus nyari literature review atau pendapat para ahli dari setiap tujuan di setiap jenis aktivitas. Bisa dikalikan gitu khan ya gue harus cari pendapat ahli berapa banyak. 1 aktivitas itu ada yang 6 tujuan, dan itu 10 aktivitas. 

Itu mengapa gue harus mengubah hidup gue dari minggu lalu. Sering sering bertapa ke perpus. Karena di sana emang ya harus ngerjain walau pun agak terganggu sama wifi. Karena ada WIFI gue nggak bisa nahan buat nggak buka FB dan BLOG. Duh, musuh terbesar dalam hidup kita adalah diri kita sendiri ok sumpah. 
http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com


dan akhirnya dengan niat, gue buka buku TLS, buku TEFL, literature review, jurnal jurnal, dan thesis terdahulu yang seirama dengan derap topik gue.


piranti gue bersama komputer milik Perpus

Kayak Senin itu gue bisa dari pagi jam setengah 9 sampai jam 2 karena gue harus ngelesi sorenya. Lalu Selasa karena ada test latihan TOEFL, gue libur dulu buat nenangin diri. Rabunya, dari jam setengah 9 lagi sampai jam setengah 2 siang karena jam 2 gue pikir gue mau konsultasi. Yang ternyata konsulnya itu dimundurin jam 4. Ya Robbi... http://www.emocutez.com

Dan itu gue galau banget. Kalau yang lainnya analisa data itu cuma 13 lembar, bahkan ada yang 8 lembar, lah guenya 25 lembar. dan itu belum semua gue temuin literature reviewnya.. Alamak...

Ditambah biasalah temen gitu bilang, "Salah kui...khan ora oleh akeh akeh..kudune pol belasan..kan dewe jurnal bukan skripsi yang sampai 50an."

dan alhamdulillah gue nggak termakan omongan orang macam itu. Gue kerjain apa adanya, yang terbaik yang gue bisa, ngikut arahan dosen pembimbing dan gue cuma nurut sama dosen pembimbing seorang, dan tentu saja Alloh. 

Dan yang tambah bikin galau adalaaaaaah......

Ada mbak mbak angkatan 2006 yang seharusnya udah lulus 3 tahun lalu itu curhat yang dosen kita ini rewel lah, susah lah, bikin nggak lulus lulus lah, dan aduh Tuhan sumpah dia itu ngomongnya itu meyakinkan banget.

Meyakinkan kalau hidup ini bener bener susah. Dan karena dia curhat hal yang menurutnya fakta, gue jadi galau selang beberapa menit sebelum konsul Tu gue mau konsul hawanya ngantrinya kayak ngantri ambil hasil test general medical check up. http://www.emocutez.com

"Aduh, gue sakit apa ya Alloh..gue sakit apaaa...tolong selamatkan Baim..."

Gue galau.Galau skripsi itu efeknye buat gue lebih menghancurkan daripada galau hati. Sumpah. Ini jelas jelas menyangkut masa depan. Ini nyata, tidak abstrak.

Dan akhirnya giliran gue tiba. daaaaaaaaaaaaaaaan.......... Alhamdulillah gue disuruh ngumpulin first draft secepatnya buat bisa direvisi sama dosen pembimbing. Katanya sistematika nya benar, yang soal halaman 25 halaman itu juga tidak masalah karena nanti masih bisa dipilih mana yang bisa diambil, mana yang dibuang. 
http://www.emocutez.com
Dan soal mbak nya, seperti itu bisa tergantung dengan siswanya itu sendiri...  

InsyaAlloh, diimbangi dengan usaha, do'a dan segala niat yang baik, akan diperlancar jalannya sama Alloh... 
http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com

Gue nggak bisa jamin gue pasti lulus JULI nanti, tapi gue bisa jamin gue pasti bekerja keras biar gue bisa dapetin apa yang gue impikan, kelulusan impian gue. JULI dan LULUS CUMLAUDE.

Gue nulis ini takut antara nanti bakal dicemooh orang kalau ternyata meleset. Tapi, bagi gue bermimpi itu sah sah saja karena mimpi itu menghidupkan hidup.

Mohon doanyaaaaa....

Semangat!!!!
Rencananya Senin udah mau gue kumpulin first draft gue dan kalau direvisi semoga nggak disuruh ganti isinya. Aamiin...



5 comments:

  1. Waduhh makin keren aja nihh skripsi. Dulu jaman saya taun 2011 terkenal dengan skripshit nya. Sekarang malah skripsweet. Hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, apa iya? yah berarti alhamdulillah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan bukan kemerosotan ya kk..hehehe

      Delete
  2. nyahahaha gueh juga lagi berjuang masak data biar bisa jadi sajian skripsweet yang bener2 sweet .. :)

    ReplyDelete
  3. jangan lupa dikasih bumbu seph, yang matang yaaaa. SEMANGAT!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...