Monday, 18 March 2013

APA YANG GUE DAPAT DARI MERRY RIANA??


( Gue adalah seorang native speaker of Javanese Language, tetapi demi mendapatkan feel dari apa yang gue tulis, gue make ‘gue’. Nggak papa yaa...bukan karena sok, bukan karena sik, ataupun sak..cuman soal gaya bahasa dan writing style sajaaa..Yuk mari dibacaaaah)

Assalamualaikum......

Yak di pagi yang cerah ini gue akan membagikan apa yang gue dapat kemarin di seminarnya Merry Riana.

Karena kemarin gue baca komen di postingan gue yang INI, ada komen manah quptesnyah Mey?? Mana??Manaaaah??

Khan gue bilang itu postingan bersambung gituu..wehehehe, maka dari itulah gue nulis ini.

Wait, who is Merry Riana? Who is she???

Belum tahu Merry Riana?? Yah, ketinggalan berita.

SIAPA MERRY RIANA?


Yak, gue belum selesai baca bukunya, dan bahkan chapter 1 juga belum katam mengingat akhir akhir ini gue rada sibuk kegiatan di luar rumah. Tapi, di belakang buku diceritakan bahwa Mbak Merry ini adalah sosok wanita yang tangguh, berani bermimpi besar dan disiplin untuk mewujudkannya. Ditambah dengan kekuatan do’a, dia bisa meraih segala mimpinya sampai bisa mempunyai pendapatan sejuta dolar. Dia sekarang adalah miliarder muda, pengusaha sukses, penulis buku terlaris, motivatir wanita nomor 1, pemenang penghargaan, selebriti media, artis muda, dan aktivis sosial. Yap! Keren maksimal. See??

Sekarang beralih ke seminar nya Merry Riana. Seperti yang gue ceritain di sini, kemarin Rabu, tertanggal 13 Maret 2013 gue ikutan seminar Mbak Merry Riana, dan ini adalah apa yang gue dapat. Ini gue catet dalam hati gue. Ceileh..

TIGA LANGKAH SUKSES MENJALANI SEMINAR INIH



Nah, apakah owh apakah kalian tahu agar seminar ini bisa sukses dan peserta bisa mendapat saripatinya??
Menurut Merry Riana, ada tiga langkah dalam hal ini :

1. PARTICIPATION
Nah, biar bisa sukses seminar oh tentu saja kita harus berpartisipasi, disuruh jawab ya jawab, disuruh maju ya maju, disuruh nyanyi lagu kebangsaan ya nyanyi, disuruh apa saja mau. Karena juga nggak bakalan disuruh nungging terus ngesot ngesot nari gangnam Style. Santay.. jadi, dari participation ini, kalau aktif, akan berlanjut ke nomor 2.

2. OPEN MIND.
Orang yang kalau seminar nggak ada antusiasnya, cuman diem ndlongop nggak ikutan gimana gimana, bagaimana pikirannya bisa terbuka, hayoooo.... nah, dari participation ini kita bisa membuka pikiran kita. Owh, ternyata begini toh...I see..oh, bener juga ya..wah, ini bener banget!! Wah, emang iya...Aaaaaak, gue nemu kuncinya!!!
Nah, kalau udah turun ke hati begitu, akhirnya bermuara ke kaki, daaaaaaaaaaaan...

3. ACTION
Segala sesuatu kalau Cuma mentok di pikiran tanpa ada aksinya juga bakalan sia sia. Khan kalau kita suka orang Cuma disimpen juga bisa sia sia khan? *abaikan. Jadi, setelah diresapi di pikiran, di kuatkan dengan hati, dan diturunkan ke kaki, dan melangkah mengambil aksi dari apa yang kita yakini. Oke, kuncinya ini, gue udah tahu kuncinya, sekarang saatnyah bisa beraksi. Bismillah....
Begitu, kata Mbak Merry Riana. Bukan kata gue, gue belum jadi apa apa.

--------------------------------------

SOSOK MBAK MERRY RIANA DI MATA GUE

Ah, makhluk Tuhan yang amat sangat keren sekaliiiii...terlepas dari walau pun kita memeluk keyakinan yang berbeda, toh semua Umat sependapat kalau Tuhan itu Esa.

Dia berbicara tentang keyakinan yang universal. Suaranya keren sekali sumpah empuk empuk begitu. Dia memproduksi suaranya dengan sangat baik jadi dia nggak ngos ngosan sama sekali walau pun ngomong non stop selama kira kira satu setengah sampai dua jam. Dia selalu bersemangat dan bergerak dinamis di atas panggung. Bahkan dia juga turun panggung untuk bertanya tentang pendapat peserta. Dia itu lho ngomong juga sambil tersenyum. Sumpah miapah ciyusan dia itu cantiiiiiiiiiiiiiiiiik banget!

Caranya berdiri, berbicara, lalu cara berkomunikasi itu wah PRO banget lah. Menguasai panggung, eye contack bagus banget bisa merata ke segala penjuru, dan ah nggak tau lagi  gue, dia keren sekali!!! Gue ngefans maksimal sama dia. NGEFANS!!

-----------------------------------

5 STEP SUKSES DALAM HIDUP (yang Cuma sekali dan singkat ini)

1. DARE TO DREAM BIG.

Apapun itu emang ya kalau gue denger atau saksikan atau tonton motivator kalau ngasih motivasi tentang bagaimana oh bagaimana menjadi sukses itu adalah dari berani bermimpi besar. Tuh Agnes Monica juga membawa bawa soal mimpi dan berujar “Dream, Believe, Make it Happen”. Karena mimpi adalah sumber dari segala sumber. Kalau tidak bermimpi lha terus emang mau meraih apa? Kosong. Tanpa mimpi, tanpa tujuan. Mau dilihat ke segala penjuru, nggak ada gawang. Lalu mau dibawa kemana bola ini akan digiring dan melewati segala hambatan? Ceileh, bahasa gue. Tapi, benar emang. Ibarat mimpi itu adalah permulaan sukses. Mimpi itu menghidupkan hidup. Mimpi itu harapan. Dan dengan bermimpi, kita punya tujuan. Misi dan visi. Dan berhubung mimpi itu gretongan, mimpilah sebanyak mungkin!

Lalu dia bertanya, “Apa mimpi sejuta dolar Anda?”

Dia menyuruh beberapa anak untuk maju ke depan, gue udah angkat tangan ternyata disuruhnya langsung maju. Hiks. Dapat foto eksklusif lagi. Syedihhh... *yasudah

Nah, terus sebelum maju maju tadi, kita disuruh nulis mimpi sejuta dolar. Yang gue tulis nggak Cuma satu, tapi runtutan peristiwa, dari lulus, kerja sebagai PR, lalu seterusnya, sampai menikah juga gue ikut sertakan saking semangatnya. Gue semangat gilak!

2. DISCIPLINE

Ini yang susah mati matian. Kata Mbak Merry Riana, kita harus disiplin kalau mau sukses. Baiklah, semua orang pasti tahu itu tetapi tidak semua orang yang tahu mampu melakukannya. Konsisten terhadap usaha, semakin hari kadar semangat semakin naik dan bukannya semakin menguap, dan akhirnya lenyap.dan ini penyakit gue. PENYAKIT GUE.

Dan gue mengubahnya, sebentar lagi hutan rimba terpampang di depan gue. Dan mau tidak mau dan gue juga MAU untuk bisa masuk ke situ dan berusaha.

DISIPLIN. Jangan Cuma berani bermimpi dan hanya bermimpi saja. Tapi, bangun dan hidupi mimpi kita.

“Kunci untuk membuka potensi diri adalah ketekunan berusaha.”

Itu petikan quotation dari Mbak Merry. Dan itu benar total. Nggak Cuma berusaha, tetapi juga tekun berusaha. Nggak mampet di tengah jalan, tetapi juga terus berjalan, walau pun tertatih tatih. Keep moving on!!  Hati manah hatiiih...

3.  Change Perpective.

Kalau kalian lihat ada gelas dengan setengahnya terisi air, bagaimana Anda melihat dan mengatakannya?
Setengah kosong atau setengah terisi?

BUKAN. Based on what she said, itu bukan keduanya. Melainkan, gelas itu penuh sempurna. Gelas itu penuh terdiri dari dua komponen. Penuh terisi air, dan penuh terisi udara. See?? Tergantung sudut pandang kita. Dia menambahkan, how we behave based on what we think.

Orang yang berpikiran positif maka tindak tanduknya akan menunjukkan hal yang senada. Murah senyum, perkataannya lembut, santun, selalu bersemangat, dan tidak mudah mengeluh. Beda dengan orang yang otaknya dipenuhi dengan segala macam hal negatif. Suka update status galau (ini gue tambahin sendiri), mengeluh berkepanjangan, tidak bersemangat dan ogah ogahan. Jadi, hal yang harus dilakukan dini hari adalah ubah cara pandang kita terhadap sesuatu, pastinya dari segi positif. Negative thinking itu melelahkan, buat gue.

Karena gue juga suka negative thinking. Dan benar total kita akan bereaksi seakan akan apa yang kita pikirkan itu adalah kenyataan, padahal belum tentu apa yang kita fikirkan itu adalah apa yang sebenarnya terjadi.

Mbak Merry juga menyetelkan beberapa video, di antaranya ada video mas sama mbak. Yang mas kaki satu nggak ada, mbaknya tangan satu nggak ada. Tetapi, mereka yang berkekurangan ini masih bisa melihat kesempatan, mereka seperti balet atau apa gitu nari yang tariannya bercerita gitu. Dan dengan atraksi mbaknya naik di masnya gitu keren lah pokoknya, sampai di video itu yang nonton malah nangis. Gue berasumsi itu pasti ibunya yang cewek, tetapi Inggit berpendapat dia adalah tetangganya. Sampai sekarang itu masih menjadi misteri.

Lalu, ada lagi. Kata IMPOSSIBLE yang artinya tidak mungkin, bisa oh bisa jadi I M POSSIBLE alias saya mungkin.

Dan kalimat CHANGES ARE NOWHERE, bisa oh bisa menjadi CHANGES ARE NOW HERE. Dari tidak ada kesempatan di mana mana, menjadi kesempatan itu ada di sini, sekarang juga. Tergantung dari bagaimana melihatnya.

Karena memang yang terpenting itu bukan apa yang terjadi, tetapi yang paling penting adalah bagaimana reaksi kita terhadap apa yang terjadi. Karena kata Mbak Merry, dia tidak bisa mengubah apa yang terjadi, dia tidak bisa mengubah kerusuhan itu yang menyebabkan dia harus lari ke Singapore tahun 1998, dia tidak bisa memperbaiki perekonomian Indonesia karena memang semua itu ada di luar jangkauan kuasanya. Tetapi, dari situ, dia bisa menentukan reaksi apa yang bisa dia lakukan, hal apa yang bisa dia lakukan. Kuliah rajin, bertahan hidup dengan makan mie instan dan puasa setiap hari, membawa bekal dan lain lain. Dan akhirnya, sukses.

Dia bilang, tidak ada sesuatu yang kebetulan. Apakah kalau dulu itu tidak ada kerusuhan Mei 1998, dia akan berkuliah di luar negeri?? Lalu, apakah dia akan bernasib sangat tidak mujur di sana, berbekal 2 potong kue dengan rasa minder dan makan di toilet, dan tertatih tatih menjalani hidup di sana? Lalu, apakah mentalnya akan terpoles? Dan pada akhirnya dia akan bisa seperti dia yang sekarang? Belum tentu. Karena tidak ada yang kebetulan. Tidak ada.

Kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen!!!

Nah, jangan pernah me belittle kan diri sendiri, jangan pernah memandang sebelah mata pada diri sendiri.

“Alah..aku ek..aku ki opo...aku hanya siswa dengan saku pas pas an..aku hanya mahasiswa biasa yang nggak terkenal..aku hanya..hanya...dan hanyaa...”

‘Hanya’ hanya akan menyeret umat manusia pada sifat putus asa, tidak mau berbuat apa apa dan tidak bersyukur.

Nah, menurut Mbak Merry, bagaimana kalau hanya itu diubah menjadi ‘JUSTRU KARENA’

‘justru karena aku SISWA, dari biasa aku bisa menjadi luar biasa..justru karena aku MAHASISWA aku bisa begini dan begitu..bahkan Justru Karena aku bukan siapa siapa, tidak berpunya dan tidak berpendidikan, dan banyak yang menncemoohku, maka aku harus SUKSES.”

-HANYA- à JUSTRU KARENA

Dan juga, Mbak Merry bilang, yakinlah dengan apa mimpi kita, karena kita nantinya akan mendapatkan mimpi sejuta dolar kita kalau kita berani bermimpi, tekun berusaha, dan bisa mengubah sudut pandang menjadi positif. Merdekah! Lalu apa step yang ke empat dan kelima menurut Mbak Merry??????

4. BE YOUR BEST SELF!!

Ini  yang paling gue suka dari kelima step. Yang menurut gue, buener luar biasa. 

Kenapa?? Logikanya menurut gue, kalau ‘be yourself!” adalah kata lain dari “ah, aku pancen koyo ngene, ono ku yo ngene yo wes..ngene ki pancen aku..pancen aku..iki aku banget..” alias pasrah.

Makanya gue pernah nonton di Mario Teguh itu jangan mau bilang, “Aku terima kamu apa adanya, sayang...mumumu.” 

Karena nanti dia bilang, “Lha aku pancen koyo ngene, gelem yo rene, ra gelem yowes.” Alias pasrah.

Jadi, jangan jadi diri sendiri. Besok harus lebih baik dari hari ini. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Kalau Cuma ingin jadi diri sendiri terus menerus artinya nggak move on. Menerima diri apa adanya nggak segitunya juga kali.

Melainkan, jadilah sebaik apa yang diri kita sendiri bisa. jadi diri kita sendiri, versi terbaik yang kita bisa. be your best self!! Keren!!

Kalau begitu khan, jadi ada development dalam diri sendiri. Ada perubahan dan niat untuk berubah supaya bisa menjadi lebih dan lebih dan lebih baik yang diri sendiri mampu.

Nah, misal “Ah, aku emang nggak suka dandan kok, ini emang aku banget kok.” Jerawat is everywhere...

Kalau be your best self adalah, “Ah, nggak suka ngerawat wajah, emang gue nggak suka. Tapi kok jadi jerawatan gini aduh, besok ke salon atau dokter kulit, atau beli masker ah..” ada usaha..

Jadi, bukan hanya jadi DIRI sendiri, tetapi jadi yang terbaik yang diri sendiri bisa lakukan.

Merdekahhhh!!!!

5. BE POSSIBLE!!

Alias berkeyakinan super kuat bahwa kita pasti bisa.

Dia bilang, “seorang Merry Riana aja BISA, kita adalah sama banget, maka pasti Anda juga BISA!”

Sama sama makan nasi, menghirup udara yang sama, tidur dengan cara yang sama, maka saya, kalian, juga pasti bisa meraih bintang kehidupan Anda, mimpi sejuta dolar Anda!!

Dan bagaimana bisa berkeyakinan bahwa kita BISA??

FAITH. Percaya pada Tuhan.

Kekuatan Iman. Yakini apa yang kalian imani, dan imani apa yang kalian yakini dan percaya. Yakin Tuhan akan selalu ada bila kalian menginginkan mereka ADA untuk Anda.

Begitu...

Menurut gue, apapun agama yang kalian anut, yakini karena apa yang lue anut dan pilih pastinya apa yang menurut lue benar dan terbaik. Agamaku agamaku, agamamu agamamu. Segala macam agama selain aliran sesat pasti mengajarkan kebaikan dan ketenangan hidup.

Tuhan itu SATU.

Dan menurut gue ini adalah kunci dari segala kelima kunci yang udah Mbak Merry sebutkan.

Mbak Merry berkata, di telapak tangan kita banyak sekali garis, katanya ada garis rejeki, percintaan, kesehatan dan lain lain. Nah, sekarang genggam tangan kalian, tutup dan kepalkan tangan kalian. Sekarang garis garis itu ada dimana? Yak, di genggaman Anda. Rejeki, kesehatan, segala mimpi ada di genggaman Anda dan itu sepenuhnya tergantung Anda mau dibawa kemana. Dan sekarang, mau selebar apa Anda mengepal dan menutupi telapak tangan, pasti akan ada garis yang di luar, semau apapun Anda bersikeras untuk menutupnya, akan tetap tersisa garis tangan di luar genggaman. Itulah hal yang di luar kekuasaan umat manusia. Itulah takdir, itulah kekuasaan Alloh.

Dan menurut gue yang imannya juga masih setipis tubuh gue ini, gue berkeyakinan bahwa Alloh pasti akan mau menolong orang orang yang berusaha dan berjuang. Tawakal dan ikhtiar adalah hal penting dalam hidup. Hanya berdoa tanpa melakukan apa apa pasti akan sia sia, dan berusaha tanpa mau berdoa adalah sifat orang yang sombong terhadap Tuhannya dan belum tentu semuanya menjadi berkah. Kalau ini menurut gue, jadi IMAN itu penting. Tiang kehidupan.

Duh, maap malah jadi pengajian.

Nah, kelar. Ucapan sebenarnya beribu ribu lebih keren daripada tulisan seorang gue ini.

Di akhir pun kita disuruh tutup mata dengan lampu dimatikan, dengan backsound musik menghentak hentak aaaaaaa...khas musik yang bisa menggairahkan semangat dan meletupkan kobaran hasrat di hati, Mbak Merry seperti memberikan kata kata motivasi seperti,

“Aku pasti bisa!! Tunjukkan pada orang orang yang mencemoohmu, bahwa aku pasti bisa! AKU...PASTI...BISA!!” dan banyak sekali motivasi yang diberikan.

Mbak Merry dengan intonasi sedemikian rupa, dengan penekanan segala daya, wah langsung jleb jleb jleb, kena banget!! Keren banget!!

Dan ditutup dengan menyanyikan Indonesia Raya. Dan walau pun suara gue fals maksimal, gue tetep nyanyi. Udah lamiiiii  banget nggak nyanyiin ini.

Pokoknya seminar ini membukakan banyak hal buat gue. Gue juga pingin ikut seminar Bong Chandra, lalu Mario Teguh, dan pastinya Oki Setiana Dewi.

“Alaaaaaaaah, buat apa seminar kayak gitu kalau toh hidup juga tetep sama ajaaa...seminar kayak gitu semangatnya Cuma sebentar, nggak ada gunanya...”

Yah, itu tergantung pribadi masing masing, kalau menurutnya itu tidak berguna, makan sejuta kalipun dia ikut seminar maka akan bermuara pada hal yang sama. TIDAK BERGUNA.

Dan perlu diingat juga bahwasanya definisi sukses bukan sama sekali tentang berapa banyaknya uang yang bisa didapat, tetapidengan input itu seberapa banyak kita bisa membantu dan berkontribusi terhadap sesama. Begitu katanya beliau..

Toh, banyak yang uang melimpah ruah tetapi, tidak sukses hatinya, tidak sukses batinnya, tidak sukses imannya. Sukses itu meliputi tidak dari segi materi saja tetapi semua aspek kehidupan.

Semoga seminar dan buku yang sedang gue baca ini bisa memberikan pencerahan buat gue. Dan apa yang gue tulis ini bisa yaa...sedikit mencerahkan –kulitwajah- pikiran teman teman saya tercinta dunia maya.

Jadi, bagaimana menurut Anda???

Oh ya, dan juga diangkat dari buku ‘Mimpi Sejuta Dolar’, segera akan direlease filmnya juga. Digarap sama MD Entertainment, sedang dalam progress. Jadi, habis Habibie dan Ainun, akan release Mimpi Sejuta Dolar yang digarap oleh MD. Keyen khaaan...mau tahu cuplikannyaaahh??? Noh di bawah...


-bersambung-
Wassalaaaam...:)
15.03.2013
8:25

24 comments:

  1. Replies
    1. yes postinganku di bookmark Ben Kun. haha..

      Delete
  2. Seeppp maleess bacanyaahh .. haha

    ReplyDelete
  3. Yup. Intisari dari segala macam seminar motivasi adalah ACTION. Qs 13:11, indeed, Allah will not change the condition of human beings until they change what is in themselves :)

    Jadi, sebanyak dan sekeren apapun motivasi yg disampaikan, kalo manusianya gak aksi, ya disitu2 terus deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget Mbak Diniii...Alloh tidak akan mengubah suatu kaum kecuali bila kaum itu mengubah nasibnya sendiri alias berusaha...hehehe

      Iya, setuju maksimal lah mbak :)

      Delete
  4. matanya udah gakuat baca nih...
    nulisnya nggak capek itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ya dilanjtin di lain kesempatan..hehehe
      alhamdulillah nggak capek, cuman mengamalkannya itu agak piye..hehehe

      Delete
  5. Yang penting kan doa, niat, usaha, dan serahlan hasilnya pada Tuhan. Yang penting semangat berbuat yang terbaik dan menjadi yang terbaik :D

    ReplyDelete
  6. akh.. keren..
    baca postingan kak mey ini berasa kayak ikut seminarnya secara langsung..
    banyak banget pelajaran yang bisa aku ambil dari postingan kak mei ini..
    dulu aku pikir jadi diri sendiri itu udah bagus, tapi ternyata ngak.. kita harus jadi yang terbaik dari diri sendiri..
    wua.. keren.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, alhamdulillah kalo gitu dek Ginty, aku juga kadang kalo lagi khilaf suka aca lagi jadi bisa tertampar apa yang aku tulis sendiri dan bisa kembali ke jalan yang insyaAlloh benar..hehehe

      iya, itu aku juga setuju banget, hehehe..semangat ya!:D

      Delete
  7. "jangan hanya jadi DIRI sendiri, tetapi jadi yang terbaik yang diri sendiri bisa lakukan" motivasi yg sangat bagus... pas baca langsung tersadar!! bener banget!! good post mey ;) ijin copy/save ke leptop ku yaaah... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener banget. hehehehe
      sama, pas aku denger juga langsung tersadar, owh, silahkan silahkan..ambil saja. hehehe :D

      Delete
  8. aku udah kenal mbak merry ini tapi kurang tau persis yang aku tau dia ini cuma motivator yang udah ngeluarin buku :3 :3 :3

    BTW simpen buat besok cape T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener..tapi dia perjuangannya keren sekali..hehehe

      owh, silahkan silahkna..istirahat dulu..

      Delete
  9. buku yang barunya udah ada kayanya tuh, yg covernya uang dolar gituh.. saya tau sedikit tentang mba Merry Riana. dia kuliah di negri singapur lalu bertahan disana sampai dia lulus, dengan mimpinya yg menjadi judul buku ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener yang isinya kalo nggak salah tips tips gitu..hehehe...iya, anda benarrr, seratussss..hehehe

      Delete
  10. kereennn memang, ya itu lah gunanya kita ikut2 seminar, pasti ada yg didapat, salah satunya mbak merry ini, be your self, itu yg paling penting menrut aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, not only be your self tapi Va, tapi juga be your best self!)

      Delete
  11. yahh mbak merry riana emang favorite saya,,, :3

    ReplyDelete
  12. akan ada talkshow Merry Riana di kota Malang, Jawa Timur tanggal 2 Juni di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya^^
    Tidak sekedar talkshow, akan ada Festival Coklat Nasional juga lho!
    bila ada yang berminat bisa menghubungi Cleverina: 082142029223.. ^_^

    ReplyDelete
  13. Selamat siang saya Dion dari malang. Saya butuh bantuan komunitas fans Merry Riana di Malang nih. Karena saya berencana untuk mengundang beliau di Malang. yang bisa untuk bekerja sama dengan saya untuk mengundang beliau di malang bisa invite pin bb saya 3298EB7E dan No HP saya 085755828002. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete