Friday, 22 March 2013

APA YANG GUE DAPAT DARI BAMBANG HANDOYO?


Assalamualikum......

Yak alhamdulillah gue udah mengumpulkan niat buat nulis lagiiiiiii
Dan entry ini sambungan dari entri yang


 Dan


Nah, langsung sajooo..menurut Bapak Bambang Handoyo yang..
.
“Stop Mey, setop!! Emangnya pak Bambang Handoyo itu siapa?? Who on earth is he so that I have to read what you write regarding to what such a person said??? Sopo Mek sopooo???”

Oke oke..sebelum membeberkan wejangan pak Bambang untuk mencapai hidup yang diinginkan banyak orang, gue akan menceritakan siapakah beliau ini. Siap???


Pak Bambang Handoyo adalah presiden direktur Armada Finance, berhasil mengembangkan perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang disegani dalam bisnis pembiayaan konsumen (consumer finance). (sumber)

 Beliau adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKSW alias Satya Wacana Christian University yang mana adalah universitas gueh. Buhahaha...


Beliau juga sempat mengajar di sini dulu. Dan lalu melalang buana hingga bisa menjadi seperti ini.

Pembukaan katam.

--------------------------

‘SEVEN FOUNDATIONS TO BUILD YOUR LIFE’ based on Pak
Bambang Handoyo.

Nah, jadi apa saja tujuh fondasi untuk membangun hidup kita wahai umat manusia di dunia yang fana inih???

1. PREPARE YOURSELF alias persiapkan diri sendiri.




Bagaiman caranya prepare?? Pake baju dan rok terus dandan?? Owh tentu bukan..ini prepare to have a successful life, not to have a date.

A. SHARPEN YOUR COMPETENCE

alias pertajam kemampuan dan skill yang kamu punya.
Ada serangkaian kalimat yang menurut gue dalem banget dan bener mutlak.


Kamu adalah satu satunya orang yang bisa menjadi KAMU lebih baik dari siapapun di dunia yang fana ini, karena kamu adalah satu satunya orang yang tercipta untuk menjadi KAMU. Tidak ada yang bisa mengalahkanmu untuk menjadi KAMU.

Gueh, eloh itu produk nya yang sejenis cuman satu. Mau kembar sekalipun tetep beda. Tampang unik kayak tampang gue ini juga cuman ada satu doang. Jadi, kita ini sangat limited edition. Alloh cuman ngeluarin satu jenis saja.

Dan betapa istimewanya kita. Gue dan elu, istimewa.

Dan tidak ada yang bisa menjadi gue selain gue sendiri. Bukan juga kau, bukan juga ilalang yang borgoyang. *abaikan.

Dan oleh karena itu, apa yang kita punya, orang ndak punya. Dan oleh karena itu, selagi Alloh ngasih kita kepunyaan itu, manfaatkan baik baik. Gali semua yang kita punya, dan kembangkan. Karena hidup ini rumit, dan Alloh telah menyediakan harta karun pada diri masing masing manusia untuk digunakan seumpama bekal.

See? Subhanalloh bener...

Pak Bambang mengutip dari The Law of Human Behavior yang dalam bahasa Indonesia terkatakan bahwa setiap diri manusia itu ada bibit untuk menjadi seorang pemenang. Cepat atau lambat, mereka akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, we will get what we expected.

Kekuatan pikiran. Tinggal mau dibawa kemana pikiran kita cemuah...

b. BUILD UP AND STRENGTHEN YOUR CHARACTER

Bangun dan perkuat karakter kita.

Tentu owh tentu tidak semua karakter yang bisa kita perkuat. Yang bagus bagus saja.

Makanya gue pernah dengar IQ itu emang penting, tapi EQ juga penting. Pliss jangan tanya EQ itu apa karena gue juga lupa singkatannya, tapi itu seumpama akhlak. Punya ilmu nggak punya akhlak lah piye...
Hitler tu pinter pinter hatinya inalillah kejam.. Lagi ngapain dia sekarang di n*raka ya... *abaikan

Nah, apa sajakah sifat yang bisa kita perkuat masih menurut Pak Bambang Handoyo??

1. goodness : kebaikan

2. kindness : sifat keramahan

3. faithfulness : kepercayaan

4. gentleness : kelembutan ( jadi, laki laki yang dibilang gentle itu bukan yang gagah perkasa otot menyemburat dimana mana tetapi yang hatinya lembut, nggak kasar dan STOP kekerasan pada perpacaran. No more Rasty! ) *outoftopic *abaikan

5. Self-Control. : pengendalian diri. Contohnya yang gagal –moveon- mengendalikan diri adalah para koruptor. Gelimang harta membutakan hatinya.

6. Long-suffering : berani dan mampu menahan penderitaan. Ulat jadi kupu kupu harus jadi kepompong, puasa berhari hari dan berusaha keluar dari pompongnya.

Oki Setiana Dewi sebelum jadi terkenal, dia mau ngangkot dan makan juga sampai cari koin koin di saku baju, tas tas, dan sebagainya di kostnya.

Merry Riana sebelum jadi sukses pernah ada di masa mau makan aja susah, tiap hari makan mie instan bekal orang tuanya dari Indonesia, makan roti ngumpet ngumpet di toilet selagi teman temannya makan di kantin karena di Singapore, nasi goreng polosan itu 2 dolar atau senilai 20 ribu dihitung dengan kurs tahun 1998. Lah di sini sekarang, 20 ribu bisa buat beli jilbab tutul tutul masih sisa 5ribu beli di temen gue kuliah, atau bisa buat beli head set merk Nexian. Itu bisa bertahan sampai 4 bulanan.

Intinya menurut beliau beliau, kalau mau sukses, jangan takut menderita.

7. Peace : Kedamaian.

8. Joy : Kesenangan

9. Love : Cintaaaaah.. tentu ini tentu banget ini. Hehehe...

2. DON’T GIVE UP EASILY.

Nggak perlu gue terjemahin pasti udah langsung paham wong ini serupa judul lagunya D’Massive...

‘Jangan menyerah..jangan menyeraaaaah...syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah.”

Banyak banget kata kata bijak yang gue dapat.

“Memang semua yang kita hadapi itu belum tentu bisa diubah, tetapi tidak akan ada yang berubah bila kita tidak menghadapinya”

Bener mutlak ini. Bener yang nggak bisa diganggu gugat. Bener. Banget. Mutlak.

“Hanya mereka yang berani TIDAK BERHASIL yang mampu mencapai keberhasilan.”

Ini juga.

“Pemenang bukanlah mereka yang tidak pernah gagal, tetapi mereka yang tidak pernah menyerah.”

Intinya yang gue tangkep dari baik Pak Bambang Handoyo atau pun Mbak Merry adalah, hidup itu sering rumit, suka kejam dan keji, jadi jangan CENGENG. Okeh, move oooon...

3. KEEP ON WALKING

Tetaplah berjalan.


“Ini bukan salahmu bila kamu terjatuh, tapi itu jelas jelas salahmu kalau kamu tidak bisa bangkit lagi.”

Mungkin bisa diaplikasikan untuk masalah yang hampir serupa.

“ Ini bukanlah salahmu bila kamu patah hati, tapi itu jelas salahmu kalau kamu terus nyanyi “aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi..aku tenggelam dalam lautan luka dalam..aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang...” apalagi menyebut dirinya “tanpamu, aku butiran debu..”

Jatuh itu emang hal yang biasa dalam menghadapi hidup yang fana ini. Kalau tidak mampu bangkit lha piye jal...

Kata kata favorite gue dari beliau adalah ini :

“ Keteguhan hati bukan oh bukan mempunyai kekuatan untuk terus melangkah maju, melainkan tetap melangkah maju walau sudah tak punya kekuatan.”

Asik banget ini. Jadi, walau pun tertatih tatih, rasa rasanya sungguh tak kuat lagi menahan segala beban hidup ini. Tetap bergerak maju. Jangan stuck. Siapa tahu di depan ada mata air, sapa tau di depan ada oase, sapa tahu di depan ada pintu gua keluar, sapa tahu di depan ada pencerahan.

4. YOUR BACKGROUND DOESN’T DETERMINE YOUR FUTURE

Yang terjadi yowes ben terjadi...

Masa lalu tidak menentukan masa depanmu.

Yang gue suka dari kata sarat makna dari beliau adalah

“You are what you think”
Gue itu apa yang gue pikirin. Gue pikir gue cantik, maka gue bakalan cantik *ngarep

Gue pikir gue nggak bisa, maka gue nggak bisa. gue pikir gue bisa, maka insyaAlloh gue pasti bisa.


Satu satunya tempat dimana mimpinya menjadi tidak mungkin adalah di otakmu sendiri.

Ah, hal yang paling ingin gue bisa adalah positive thinking terhadap apapun. Terhadap diri sendiri, terhadap orang lain, terhadap apa yang terjadi, terhadap orang lain terutama. Mangkanya gue suka seminar dan buku buku motivasi karena gue butuh pertolongan. *malahcurhat *abaikan


Ini bener banget ini. Sama kayak yang diceritain Mbak Merry, apa yang kita fikirkan akan tergambar di apa yang kita lakukan, atau bagaimana cara kita bersikap.


Masa otak adanya negatip mulu kok pingin sukses ya piye..ndak bisa...

Masak otak pikirannya mesum mulu kok pingin jadi soleh atau solehah..ya piye... *apaapaansampaisini

“Lahir dengan miskin bukan suatu kebodohan, tetapi mati dengan miskin adalah suatu kebodohan” begitu kata beliau.

Ini polanya sama kayak,

“Terjatuh itu bukan salahmu, tapi nggak bisa bangkit dan move on jelas salahmu”

Apa yang terjadi yang di luar kuasa kita itu jelas bukan salah siapa siapa, mungkin salah rumput yang bergoyang, tetapi yang jadi masalahnya bagaimana kita bersikap menghadapi apa yang terjadi. Mau di bawa ke positip apa negatip. Hayo mau apa hayooo...

Yang terjadi memang begini, la meh piye... lari dari kenyataan ya nggak mungkin, lari kemana?? Bunuh diri kayak artis K*rea karena patah hati atau pamornya kurang? Jadi hadapi dengan langkah sebijak mungkin adalah pilihan satu satunya. insyaAlloh Alloh bersama orang orang yang mau berusaha.

Jangan bilang “Alah, dia sih anak pejabat..aku hanya anak petani...itu sawah juga Cuma sawah garapan... alah aku Cuma anak sales..aku Cuma anak guru aja belum PNS, aku Cuma anak...aku CUMA...”

Itu pun juga masih alhamdulillah jadi anak orang yang masih bisa bekerja dan ditemui setiap hari. Beribu ribu umat manusia lainnya, orang orang seumuran kita sudah tidak bisa berkata aku CUMA anak siapa, karena memang sudah tidak berpunya, atau pun Ayahnya lari entah kemana.

5. ALWAYS REMEMBER THAT THERE IS A LAW OF SOWING AND REAPING

Selalu ingatlah bahwa ada hukum menanam dan menuai.

Gue percaya, karma itu ada. Orang yang menolong, suatu saat akan ditolong. Orang yang menyakiti, suatu saat akan disakiti.

Mungkin bisa diaplikasikan, orang yang selingkuh akan diselingkuhi, dan orang yang mempermainkan, akan tiba masanya dia juga menjadi tak lebih dari sekedar mainan belaka.

Begitu juga, orang yang mencintai juga akan dicintai.

Katanya sih begitu. Tapi gue percaya itu.

La kalau menanam petai cina pingin duren kan ya nggak mungkin..

6. HONOR YOUR PARENTS

Nggak usah pake kata kata bijak juga udah mengena banget judulnya. Tanpa orang tua semua orang di dunia juga tahu kalau kita nggak eksis. Tapi nggak semua orang yang tahu soal itu bisa menghargai orang tua.
Kalau liat di sinetron gitu ya, ada yang malu punya Bapak atau Ibu gimana gitu, atau orang tuanya udah pikun makan aja belepotan terus marah marah, dikirim ke panti jompo....
Sinetron itu kejam emang. Ceritanya itu idup banget.

Maka, dari sekarang masih berdasarkan apa yang beliau katakan, hargai orang tuamu.

Kata Mbak Merry juga gue inget, selagi kita bisa, selagi orang tua ada, bahagiakanlah mereka sebisa kita. Buat mereka bangga.

Kata Pak Bambang Handoyo juga. Hargai orang tuamu, karena syurga toh ada di telapak kaki Ibu.

Gue dulu juga mikir. Gue ini sama guru atau sama Ibu temen gue aja gue salim cium tangan, masa sama Ibu gue sendiri, gue nggak?? Lalu sejak gue tersadarkan saat itu, tiap mau pergi kuliah gue salim dan cium tangan Ibuk gue.

Lalu adik gue akan bilang, “Edian..mbak Ike...” dan adik gue malah nyangka gue edan. -______-

Awalnya emang malu, terus kikuk gimana gitu emang karena dari dulu nggak pernah kayak gitu. Hehehe..

“Alah, kalau cuman salim sih aku dari dulu to Mek..mek..”

Dan karena emang kenyataan nya gue dari dulu nggak kayak gitu, dan terlebih lagi masa lalu nggak penting, yang penting masa sekarang menuju masa depan, selagi masih bisa salim ya gue akhirnya salim teratur sama Ibuk gue sambil minta do’a biar apa yang sedang gue garap bisa lancar cetar membahana.
Selagi gue masih bisa, dan mereka masih ada.

7. PURSUE THE FAVOR OF GOD.

Dengan cara bagaimana pun, tergantung keyakinan masing masing, mari merapatlah kepada Tuhan. Mendekatlah pada Alloh, dan Alloh akan mendekat padamu..

Dan ada satu lagi kata kata mutiara yang keren menurut gue terlontar dari Pak Bambang Handoyo


Tetaplah ada di lingkaran dimana tangan Tuhan bisa menggapaimu.

Tetap di jalan Alloh dan Alloh akan menuntunmu ke jalan yang benar.

Dan Alloh itu Maha Baik, Maha Adil, Maha Penyayang, Maha Segalanya...

Semua itu berdasarkan apa yang Pak Bambang Handoyo katakan, bukan berdasarkan gue karena gue belum jadi apa apa. Hehehe..
Semoga berguna.

Wassalam..
17.03.2013
14;13


2 comments:

  1. Sering denger sih.. tapi memang sepanjang zaman, itu basicnya orang sukses.. tiada orang sukses tanpa sandangan prinsip-prinsip di atas.. ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete