Friday, 15 February 2013

Sehat itu........ Tidak Gampang


 Assalamualaikum.

Apakabar? Sehat? Meriang? Sakit? Nggak sakit nggak sehat?



Kalau gue, karena rutinitas gue yang mungkin agak menguras tenaga dan pikiran, pada akhirnya gue agak nggak sehat.

Contohnya kemarin, entah miapah ciyusan, di suatu pagi saat gue membuka mata, tiba tiba tangan gue agak sakit. Oh, waktu gue bangun posisi tangan gue sebelah kanan berada terselip di bawah sisi kanan badan gue. Ketindihan. Dan gue pikir sakit dikit biasa, efek ketindihan selama gue tidur berhubung waktu tidur gue nggak sadar kalau gue melakukan tindakan tidak terpuji terhadap tangan gue.

Tapi, sorenya tangan gue tetep sakit dengan kadar sakit yang berlipat. Dan miapah ciyusan, tangan gue kayak anak kembar. Kanan sakit, sekarang kiri juga ikut merasakan hal yang sama. Ah, -ternyata, mereka saling jatuh cinta- 

Oke fokus, gue nggak tahu kenapa, malam harinya kedua tangan gue bener bener sakit. Sakitnya itu nggak cenut cenut kayak yang SMASH sering bilang. Bukan. Sakitnya tu kayak sakit Cuma segaris di bagian tangan gue yang sejajar dengan telapak tangan. Tangan bagian dalam. Dan pembuluh darah gue membesar nggak kayak biasanya. Jadi, diraba gitu, pembuluh darah gue kerasa gede. Bukannya tangan gue yang cenat cenut, tapi hati gue. Tapi bukan karena jatuh cinta.

“Kenapa tangan gue?” http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com

Gue kasih aromatheraphy, –biarwangi- biar sembuh. Panasnya ilang, sakitnya datang. Itu tu kemeng gimana sih ya, kemeng Cuma segaris doang. Gue kasih koyo lombok, panasnya pake radar, dan panasnya ilang, sakitnya datang. Terakhir gue kasih parem. Itu gue berasa kayak luluran. Kalau luluran itu bikin kulit mulus, ini lulur biasanya bikin kulit gue ngeletek karena nggak tahan sama panasnya. Untungnya kemarin nggak. Dan lagi lagi, efek panas yang cetar membahana dari lulur asoy itu ilang, sakit tangan gue datang. Dan gue pingin minta tolong Ibuk gue buat beli lagi karena gue agak nggak tahan sama linunya, dan warungnya sudah tutup saudara saudara. Dan gue memejamkan mata, gue mencoba tidur sama nyumpelin telinga gue yang tersambungkan kepada musik musik woles berharap tangan gue ikut woles. Dan tenyata tangan gue nggak santai. Dan tengah malam juga gue bangun karena tangan gue berulah lagi. Dan gue stress. Gue tidur, terus bangun, mencoba move on, gue nggak bisa. http://www.emocutez.com



Dan pagi hari, tangan gue galau antara mau sakit apa mau sembuh. Kalau sakit, sakit aja biar gue bawa ke dokter itu tangan. Dan kalau sembuh, cepet sembuh biar gue bisa menikmati hidup dengan arif bijaksana. 

Dan akhirnya, sembuh.

Tapi gue tetep ke dokter buat mastiin tangan gue baik baik aja, dan ternyata peredaran darahnya kurang lancar.. 
Oke fine.

Gue jadi ingat waktu SD dulu. Waktu itu kaki tangan gue suka pegel pegel, badan gue suka nggak enak. Dan waktu dikasih liat dokter, gue terkena gejala rematik. Miapah ciyusan gue baru hidup selama 10 tahunan udah kena rematik. Gue dikasih obat sama yang warnanya oranye terus diminum sama air, dicelupin air dan dia menyatu sama air harmonis sekali, romantis. Dan gue minum itu setiap hari untuk kekuatan tulang gue. Dan juga, gue harus mencabut gigi gue geraham sebanyak 5 biji demi kemaslahatan tulang gue. Dan tiap Kamis gue ke dokter itu buat cabut gigi. Gue masih inget, tiap habis cabut gigi, gigi gue khan berdarah tu ya, disumpelin pake kapas, dan ya elah, gua mau nelen ludah aja susah. Ngomong susah, makan nggak doyan. 

Sedih gue. http://www.emocutez.com

Dan, waktu SMP gue tambah sedih setelah gue memprediksikan diri sendiri kalau gue kena skoliosis. Gue tahu itu berkat pelajaran IPA, ada tiga macam kelainan tulang belakang. Ada lordosis, kifosis, dan skoliosis. Dan tulang gue kayak ular di ular tangga. Dan tulang gue serupa dengan salah satu abjad. Gue pertama tahu waktu gue duduk di kursi plastik yang berlubang dua di belakangnya. Gue terus berpikir, ini kursi kok nggak enak banget. Punggung gue kok nggak bisa pas waktu duduk, ngganjel gimana gitu.

“Ih, kursine ra enak yo..” gue bilang sama temen samping gue waktu itu.

“Enak kok...”

Dan ternyata kesalahan bukan pada kursi, kesalahan ada pada hamba Alloh yang satu ini. http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com
Dan karena gue tiap ngaca in punggung gue, kok tulangnya itu nggak lurus ke jalan yang benar, dan gue inget, dan gue memvonis diri gue sendiri. SMP berlalu, SMA berlalu..dan gue semakin terganggu.
Waktu kuliah, gue baca baca di Google dan berita soal skoliosis itu nyeremin banget. Ada yang bilang, kalau udah kecapekan, sampai nggak bisa duduk karena skoliosis. Dibilang juga kalau skoliosis itu ada tingkat kemiringannya, derajat kemiringannya. Gue takut dan waktu itu gue curhat ke pacar (sekarang mantan), dan ternyata kakaknya mengalami hal yang sama.

Dan memang benar adanya kalau bercengkerama dengan orang yang mempunyai nasib yang sama itu melegakan, meringankan, dan meneduhkan. Kakaknya bilang nggak papa. Karena kita sudah tidak dalam masa pertumbuhan, kemungkinan akan bertambah miringnya itu tipis. Bahkan dia sempet pake kayak besi penyangga buat ngelurusin punggung. Dan itu sakit, dan nggak dia terusin. Dia bilang nggak papa, dan gue lega luar biasa.

Gue  juga pernah ke rumah sakit sampai di rontgen. Dan emang tulang gue sedikit nyeni. Punggung gue disenterin pake sinar merah gitu dan rasanya hangat. Waktu itu gue bayangin, tulang gue dipanasin dulu biar lunak, nah, kalau sudah dipanasin tinggal ditarik aja gitu biar lurus. Dan hidup nggak sesederhana itu.
Sampai sekarang tiap gue make tas cangklong, tas gue terlihat miring karena emang penyangganya miring. Alhamdulillahnya, gue nggak kelihatan miring karena alhamdulillah tingkat kemiringannya nggak begitu banyak. Dan memang tiap kecapekan leher belakang sampai tulang punggung gue sakitnya aduuuuh...tetapi alhamdulillah Cuma selevel itu dan nggak berefek ke yang lebih parah. Dan kenyataan bahwa gue hidup sekali doang dengan tulang punggung S begini kadang bikin agak

“what a life” http://www.emocutez.com

Yang gue takutin, tulang rusuk gue berarti udah nggak orisinil karena terkontaminasi oleh kelengkungan duniawi, kalau nanti nggak ada ‘tulang punggung’ yang cocok dengan tulang rusuk gue dan gue bukan tulang rusuk siapa siapa gimana? *salahfokus

Dan tapi kenyataan bahwa gue ini tinggi dan anti-mainstream secara orang kebanyakan tu tumbuh ke samping nggak ke atas, dan gue kebalikannya, dan yang kalau waktu di bis itu berdiri dan terkadang di antara mbak mbak yang ada gue ini paling tinggi dan paling –kurus- langsing, gue alhamdulillah banget. Banyak hal yang bisa gue alhamdulillahin daripada gue salahin toh emang ini salah gue bukan salah rumput yang bergoyang.

Salah gue yang selama ini nggak menjaga kesehatan. Dan gue bertekad, mulai sekarang gue minum kopi Cuma sekali doang. Gue tidur jam 10. Gue makan teratur, gue tidur teratur.
http://www.emocutez.com

Gue sadar satu hal kalau kesehatan itu mahal harganya. Banyak orang di luar sana berperang melawan penyakit mereka dan mati matian berusaha untuk sembuh. Rasanya gue ini nggak mau berterimakasih banget kalau gue yang sehat begini nggak ngejaganya malah ngerusaknya.

 Badan udah kayak tulang sama entut kata Ayah gue, jadi gimana kalau kopi gue ganti susu saja? Dan gue harus tidur pukul 10. Nggak ada jam 1, 2, bahkan 3.

Harus. Wajib. I have long way to go. Gue nggak mau cepet mati. Dan kalau badan ini bukan gue sendiri yang ngerawat terus siapa lagi coba? Dan tubuh ini juga satu satunya media gue bisa eksis di dunia ini. Gue nggak ada cadangan kayak pemain bola. Cadangan tubuh.

Pagi pagi kadang olahraga. Jalan jalan, lari lari, renang.

Umur gue juga udah nggak remaja lagi jadi harus benar benar fokus untuk hidup sehat. Gue nggak mau berakhir dengan panen penyakit. I have long way to go.  

Jadi, semangat!!!!! http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com

Wassalam.
10.02.2013
20:38

8 comments:

  1. benaaar.. ingatlah masa2 sehat ketika sakit, supaya cemunguudh buat segera sembuh :)

    ReplyDelete
  2. GWS mey..
    inget ! sehat itu mahal.
    jaga sehat mu sebelum datang ajal mu. eh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener juga sih Ben, kalau sehat nggak dijaga nanti yang datang ajalnya malah piye..hehehe

      Delete
  3. huum seepppp !!! sehat itu emang anugrah yang luar biasa yang patut kita syukuri dan kita jaga ~~~~
    sehat emang mahal tapi sakit itu lebih mahal lagi buat sembuh.
    so, mari kita galakkan hidup sehat !
    yeaaaahhh !!!! ayo kita sering main ke hutan #promosi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye setubuh sama kamu Sephakuuuuuh...hahaha
      mari kita hidup sehat biar segala cita cita bisa tercapai. cemunguuuudh!!! :*

      Delete
  4. setuju, mari terapkan gaya hidup yang sehat :)

    ReplyDelete