Monday, 4 February 2013

Saat Naga Bisa Dimakan

 Assalamualaikum pecinta buaaaaaaaaah...


Buah favorite apa? Durian? Kelengkeng? What?

Yak setelah menunggu sekian lama akhirnya buah ini keluar jugaaaa...dan dari satu pohon yang itu juga satu satunya pohon yang dipunya, muncullah 5 buah yang perawakannya seperti ini.

Buah apakah iniiiiii???

Kalau dilihat bersama teman temannya yang menggelantung anggun sekali di atap rumah itu seperti ini. Cantik yaaaa....



Dan kalau sudah dibelah, isinya seperti ini.


Dan kalau dilihat dari dekat teksturnya akan dijumpai seperti ini...itu sudah digigit biar menimbulkan efek dramatis *nggakpenting *lupakan



Sudah tau ini buah apaaaa???

Yak, -bau- buah naga, saudara saudara.

Setelah sekitar setahun apa ya, aku bersama Ayah menanam pohonnya yang jenis pohonnya itu pohon menjalar. Karena dia butuh media untuk merambat, dirambatkanlah dia di samping rumah, dengan arah merambat berpedoman pada matahari bersinar. Dan akhirnya, sampailah dia menjalar sampai atap. Itu bukan atap sih, sebenarnya itu mau dijadiin lantai dua, cuman belum jadi gitu. Dan jadilah dia anggun bertahta di atap rumah sedemikian rupa.

Rasanya??? Uhm....ini penting ini. Penting banget. Rasanya itu.....plain. nggak ada rasanya. 

Manisnya itu semacam galau, di antara manis nggak yaa...uhm...nggak begitu manis sih, tapi dia manis juga...cuman nggak manis terasa banget gitu..manisnya ngambang...dan ada kecutnya sedikit. Cuma itu juga galau...kecut nggak sih ya..tapi Cuma dikiiit banget jadi kecutnya ngambang. Tapi, sensasi segar yang ditimbulkan itu ruaaarrrrr biasa. Seger banget gitu pokoknya...segernya itu kayak kita minum jus jeruk, lebih seger buah naga malah. Kalau jus jeruk itu kecutnya itu nyata, kalo ini juga kecutnya dalam tahap galau. Ngambang...

Rasanya biasa, ngambang, tapi efek segarnya cetarrrr banget. Dan soal khasiat, apakah khasiatnya dari buah yang akhir akhir ini memang in membahana halilintarr??? Bentar, aku buka google dulu.

# an hour later...

KHASIAT –BAU- BUAH NAGA

Buah naga (hylocereus polyrhizus) adalah buah asli dari Amerika Tengah dan tumbuh di daerah dengan iklim tropis, subtropis, hingga daerah beriklim kering. Manfaat dari buah naga ini sudah dikenal di penjuru dunia.

Buah ini adalah antioksidan yang sangat baik sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan kanker. Buah ini memiliki rasa agak hambar. Khasiat buah naga ini bagi tubuh yaitu untuk menetralkan racun, dan juga mengikat logam berat.
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuat manfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka/memar. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Ditambah lagi, buah naga juga mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Belum selesai, buah naga juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga mengatasi tekanan darah tinggi.
Terlebih lagi, buah naga tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga fosfor dan kalsium yang bisa membuat tulang menjadi kuat dan gigi menjadi lebih sehat. Dapat kita simpulkan, bahwa buah naga ini sangat baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan dan kadar gula darah.

Buah Naga Merah - Manfaatnya

Manfaat buah naga merah dikenal efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga merah adalah buah yang memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan dan juga membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Buah naga merah juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata karena buah naga merah ini juga mengandung karoten.

Khasiat buah naga merah selanjutnya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena buah naga mengandung lycopene. Buah naga merah juga berfungsi untuk membantu pembentukkan jaringan karena buah ini mengandung vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, protein dan fosfor.

Untuk memperoleh manfaat dari buah naga ini secara maksimal, anda bisa membuat nya menjadi jus dan meminumnya secara rutin. Setiap cangkir dari buah naga ini mengandung kurang lebih 100kkal. Tetapi bila anda tidak sempat mengolah menjadi jus, maka anda bisa mengkonsumsinya langsung untuk memperoleh khasiatnya.


Bagaimana??? Walopun datar datar saja (rasanya), tetapi membawa kebaikan yang raaawrrrr khan??

Dan juga menanamnya pun mudah banget, dia tidak rewel. Karena sejak digelantungin sama dicancang pake kawat biar bisa merambat dan tidak terkena efek gravitasi, dia tidak diapa apain, dan sampai sekarang dia bisa tumbuh dengan semestinya di samping rumah.

Alloh is good, right?

Wassalam.
03.02.2013
11:47 AM

2 comments:

  1. enak yg warna daging buahnya kuning :3

    ReplyDelete
  2. belum pernah nyobaaaa :o kapan kapan ah..hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...