Tuesday, 24 July 2012

Selamat Ulang Tahun, Salatiga!! 3 wishes for Salatiga :)


Assalamualaikuuum The World!! Hehe..

Baiklah, mengikuti event dari sang ketua Salatiga Blogger Community, Angga (hehe..), saya akan bersepatah dua patah demi Salatiga tercinta. Sebelumnya, bagi teman semua yang berdomisili di Salatiga, dan atau rumah asalnya Salatiga, dan atau lagi menuntut ilmu di Salatiga, go join with us dan ramaikan komunitas kita. Go click this link! :D

Sebenarnya saya juga bukan orang Salatiga kok. Saya hanya menitip badan setiap harinya untuk bisa pintar dan nanti bisa mendapatkan penghidupan yang saya inginkan. Dan lagi buanyaaaaak kenangan indah bertebaran di Salatiga, bersama orang orang tersayang, sahabat sahabat, dan teman teman kuliah yang mempesona. It leads me to the conclusion, “I do love Salatiga”

Dan di ulang tahun Salatiga yang ke-1262, andaikata ada Alladin atau apapun yang menemui saya dan bertanya,

“Kisanak, apa yang kau inginkan dari Salatiga ke depannya? Berikan tiga permintaanmu dan akan aku kabulkan..”

Jadi begini, Din. Tak usahlah muluk muluk aku minta padamu. Hanya tiga saja cukup bagiku untuk Salatiga. Perpustakaan canggih nan lengkap nan gratis berlantai 5, kolam renang besar dengan tratak atau bahasa gaulnya indoor dengan taman yang mengalir sungai sungai jernih di luar ruangan kolamnya, dan juga diadakan Komunitas Lintas Agama.”

“Selayaknya tak ada api jikalau tak ada angin, tak ada perpustakaan, tak ada kolam renang, tak ada komunitas lintas agama kalau tak ada alasan di baliknya. Jadi kisanak, jelaskan padaku mengapa kau menginginkan itu.”

“Baiklah Din, as you wish..semua alasan akan dijelaskan di bawah ini..”

#Aladin turun dari langit pake elang

1. Perpustakaan. Kenapa harus berlantai 5? Karena kalau terlalu luas dan memakan banyak tempat kasian juga mengingat Salatiga adalah kota kecil. Menghemat tempat bisa dibilang. Jadi itu bukan sembarang perpustakaan. Di salatiga memang sudah ada perpustakaan seperti yang ada di Ambarawa, perpustakaan daerah. Tapi, karena ini sama Aladin dan tidak ada yang impossible, wong the word itself says I’m possible, saya ingin perpustakaan dimana lantai pertama untuk sekolah gratis anak anak tidak mampu sekolah, atau bisa juga untuk les lesan bahasa inggris gratis untuk anak anak SD, SMP, SMA yang tidak punya biaya untuk les dan tertarik bahasa Inggris. Nah, lantai kedua sampai keempat adalah tempat dimana buku buku dengan berbagai bidang anggun bertahta. Ada novel terjemahan sampai chicklit dan teenlit ter-uptodate biar nggak perlu pada pinjam di rental majalah dan sejenisnya yang Cuma dikasih waktu sehari, itu pun kalau telat didenda sepadan harga pinjam alias dilipatkan. Shame shame… tak lupa majalah majalah yang di-update setiap minggu, dari majalah Bobo, Annida, Story, Kawanku, Gadis dan lainnya. Mungkin majalah Metropolitan biar di rental majalah saja… yang terpenting ada buku buku motivasi, buku peternakan dan pertanian untuk bapak ibu petani biar ngeh membaca, buku ekonomi, TI, dan buku islami tak lupa buku Kerohanian dan buku buku agama yang mencakup 5 agama yag diakui di Indonesia, buku bisnis, semua buku ada. Nah, lantai kelima nya khusus bangku panjang beserta meja meja panjang tersedia dengan colokan dimana mana disertai wifi. Suasana pasti hening karena di lantai paling tinggi, sembari membaca buku atau ngenet pakai laptop, bisa juga memanfaatkan deretan computer dengan koneksi internet di meja panjang menghadap jendela, kita bisa melihat pemandangan di luar untuk mencari inspirasi. Dan lagi, ada kedai kopi di samping pintu masuk. Bukannya apa apa, saya terkadang jengah bila harus di perpustakaan tanpa meminum apa apa. Jadi, untuk perpus satu ini, khusus di lantai 5, diperbolehkan minum atau beli kopi asal jangan mengotori. Membayangkan saja sudah sangat terpesona. Semua buku, atau pun wifi, semuanya gratis. Semua bisa melek informasi dan teknologi, mau anak kuliahan, pelajar, orang kantoran, anak anak, petani, guru, semuanya bisa masuk perpustakaan. Ada juga majalah serupa majalah MOP saja yang isinya berbagai rubric yang bisa diisi oleh member perpustakaan sendiri. Missal puisi oleh anak anak SD, terus cerpen oleh anak anak remaja, rubric share ilmu umum oleh kalangan umum dan sejenisnya. Pasti minat membaca serta menulis jadi meningkat dan juga bisa terkenal di kalangan member, dampaknya meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas diri. Subhanallooh… tak lupa juga dapet honor kalau dimuat. Dari mana uangnya? Pemerintahlah… pajak mengalir kemana ek?Oh ya, bagaimana kalau lantai 4 khusus buku tentang anak anak dilengkapi dengan tempat bermain anak anak, dimana mereka bisa membaca sambil bermain. Ruangannya juga didesign unyu unyu begitu?? Sounds so interesting!!! What do you think?

#Aladin menggerakkan kepalanya ke atas kemudian ke bawah berkali kali.

#Meykke melanjutkan point kedua.

2. Kolam renang indoor yang besar dan taman yang di dalamnya mengalirlah sungai sungai bening. Why??? Karena renang adalah olahraga yang sangat berguna. Tau sendiri kalau renang sama halnya dengan berlari, menyebabkan semua anggota badan bergerak dan juga melepaskan hormone endorgen yang memicu rasa bahagia, hanya saja kalau berenang bisa merilekskan pikiran. Sambil renang gaya tengadah ke atas, seolah olah tidur di air, melihat ke atas, dan wah pokoknya susah dijelaskan dengan kata kata…nikmat sekali. Hanya saja yang jadi masalah adalah kalau lagi tengadah ke atas, matahari menyengat, wajah dan kulit terpapar sinar matahari dengan begitu ‘tanpa tiding aling aling’nya, maka akan menimbulkan permasalahan lainnya yang sangat mengkhawatirkan. Makanya, dikasihlah atap..alangkah baiknya bila laki laki dan perempuan dipisah. Dikasih sebatas dinding atau apalah, renang tenang, hidup bahagia…dan juga begitu keluar, taman menyambut..sungai sungai jernih mengalirr…Taman di tengah kota Salatiga, taman mewah dengan air mancur dan sungai, ya..kalau bukan sungai beneran tak apa kiranya sungai buatan di sekitar taman…bisa buat tempat piknik, bisa buat main dan foto foto karena indah, dan juga bisa buat…yaaa… tau lah untuk para muda mudi yang sedang menikmati masa muda di taman sambil membaca buku dan mendengarkan music dengan earphone tertancap di masing masing kepala, beralaskan rumput dan sangu makanan ringan, kayak di drama Korea…sooooo sweeeeeeeeeeeeet!:) gimana Din??

#Aladin mencoba membayangkan adegan terakhir.

# Meykke is moving on..

3. Komunitas Lintas Agama. Din, lihat Indonesia kita sering bercerai berai karena agama. Ada pula lagu, “Tuhan memang satu, kita yang tak sama,,,,haruskah aku lantas pergi..bila cinta cinta tak kan bisa pergiiii” by Marcella atau film dua cinta dua hati dua apaan itu yang mencintai berbeda agama dan akhirnya setelah nari nari di panggung entah demi apa langsung menangis bersama dan narasi penutup berujar, cowoknya nikah sama siapaa, ceweknya menikah dengan siapa. Saya tidak mengupas soal itu karena masalah cinta dan agama saya pun tidak bisa menolak. Tapi, bukan berarti tidak bisa menyatukan cinta karena perbedaan agama, lantas harus mengumbar permusuhan dan sikap frontal karena perbedaan yang ada. Tugasnya daripada Komunitas ini untuk menjalin silaturahmi antar pemeluk agama. Biar damai, sejahtera, orang juga Tuhan itu Esa, mau dalam bentuk apapun dan dengan menyebut apapun nama Tuhan, menurut saya yang kita sembah ya satu. Ibarat pohon, ya dari akar yang sama hanya saja berdahan banyak. Soal agama mana yang paling benar, menurut saya jelas apa yang dianut yang kita rasa paling benar, jadi tidak perlu dipersoalkan. Keadaan sudah berbeda begini, jadi tugasnya bagaimana hidup damai dalam perbedaan. Duh, bahasaku…

#Aladin manggut manggut..

jadi, bagaimana Aladin? “

“If God’s willing, there is no something impossible..”

#Meykke mencerna kata katanya..

#Aladin meneruskan…

“But then, God will not help people who have no willingness to help themselves. God will not change people’s destiny unless they change their own destiny..”

“Injeh…injeh…”

“ la tapi kamu ada harapan perseorangan gitu yang berkaitan dengan Salatiga?”

“Uhm…ya semoga saya bisa langgeng dengan orang Salatiga itu..”

#tersipu sipu

“………”

Intinya, semoga Salatiga menjadi kota yang pintar dan cerdas, melek informasi dan teknologi dengan adanya perpustakaan. Semoga Salatiga menjadi kota yang sehat mempesona, rapi dan bersih karena masyarakatnya gemar berolahraga di kolam renang yang tidak ditakuti oleh kaum hawa karena ada trataknya dan juga tamannya bisa buat lari lari ala di lapangan Pancasila, dan yang terpenting semoga Salatiga menjadi kota Beriman, hablum minalloh, hablum minannas. tak hanya mencakup beriman secara vertical dengan berdoa sesuai agama masing masing, namun juga beriman secara horizontal yaitu menjaga kerukunan umat beragama.. Agama untuk menjadikan manusia memeluk sifat sifat masuniawinya, bukan bertindak selaksa hewani..

Well, once again!!congratulation to beloved Salatiga,

Semoga menjadi kota kecil yang penuh berkah…

“Selamat Ulang Tahun Kota Salatiga yang ke 1262, Srir Astu Swasti Prajabhyah”

4 comments:

  1. selamat ultah Salatiga :D
    semoga tetepan eksis yah :D

    salam blogger salatiga :)

    ReplyDelete
  2. hehehe, Selamat Ulang Tahun Salatigaaaaaaa! Terimakasiiih

    Salam blogger Salatiga, meredeka!:D

    ReplyDelete
  3. Meykke Santoso.
    Terima kasih ya sudah mau menyempatkan diri untuk berpartisipasi.
    Keep your good work and keep on writing.
    Matur nuwun. :)

    ReplyDelete
  4. sama sama Ngga..
    Yup, I will..I will..
    Keep on writing! Semangat!:D

    ReplyDelete