Wednesday, 6 July 2011

Mendongkrak Daya Ingat Part. 6





Ternyata oh ternyata kinerja otak juga sangat dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Mungkin ya emang udah dari dulu kali ngerti soal ini. Tapi, apa juga tau makanan jenis apa aja yang bisa menaikkan kinerja otak dan juga yang bisa menurunka kinerja otak kita? Daripada aku baca baca sendiri, mudeng juga nggak begitu kalau nggak ditulis lagi, mending aku share ke kalian semuaaaa…. Hehe
Sooo,.

Makanan jenis apa yang berguna untuk menjaga otak kita ya???

Gandum, nasi, susu, roti, susu sapi, gula, mentega, madu, jahe, daun hijau, kacang almond, kacang tanah, pisang, apel, dan surely buah buah buahan segar

Dan ,makanan apa saja yang harus kita batasi??

Makanan dengan bumbu terlalu banyak, makanan panas, chutnies, dagin, fish, cabe, asem, mustard dan segala jenis minyak, garam, dan of course makanan yang sudah basi.

Dan jenis yang bisa merusak otak adalah :

Rokok, alcohol, dan makanan yang menggunakan pewarna dan juga kafein.

Kok bisa dibilang begitu?? Karena dapat menghambat aliran darah dan pasokan energy bio dalam tubuh dan pikiran. Begitu kata buku :D

Eits, selain itu semua kita jga butuh berbagai macam vitamin untuk mengoptimalkan otak dan juga menjaganya. Inilah diaaaa :

- Vitamin A.
Bahkan penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dibutuhkan untuk fungsi otak sepanjang kehidupan kita. Vitamin A berperan dengan menempel pada berbagai reseptor sel otak dan memicu reaksi biokimia dalam sel sel otak.

- Vitamin B.
Hati hati aja, soalnya kalau tidak dikonsumsi secara cukup bisa menyebabkan depresi, penurunan intelektualitas, dan bahkan penyakit jiwa. Kekurangan vitamin B kompleks, terutama B1, B3, dan B12 dapat menurunkan kinerja otak. Jadi, mari mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks atau suplemen makanan gitu untuk mengubah protein dan karbohidrat dalam makanan menjadi energy mental.

- Vitamin E
Kenapa penting? Karena untuk menyuplai oksigen dan melindungi otak dari efek merusak radikal bebas dan proses penuaan.

- Mineral.
Mineral itu khan ada berbagai macem gitu ya, yang paling dibutuhkan oleh otak adalah boron, seng, dan juga magnesium.

Peneliti dari Pusat Penelitian Gizi Manusia USDA menemukan bahwa tiga milligram boron per hari dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan belajar. Dr James Penland, seorang peneliti dari Pusat Penelitian Gizi Manusa grand Forks, Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan bahwa asupan boron, tembaga, dan mangan yang tidak mencukupi berpengaruh buruk pada ingatan, pikiran, dan mood.

Jadi inget dengan pepatah yang ditulis di bungkus merk Vitamin C, “Anda Bukan Yang Ada Makan, Tetapi Apa Yang Diserap Oleh Tubuh Dari Apa Yang Anda Makan.”

This is it, Mendongkrak Daya Ingat Part. 6. Selanjutnya tentang hubungan antara olahraga dengan daya ingat kita….

Thank You for reading!
:D
04072011…9:54 AM

No comments:

Post a Comment