Wednesday, 29 June 2011

Mendongkrak Daya Ingat Part. 4




Pengelompokkan ingatan secara sederhana lainnya adalah pengelompokkan ingatan menurut pengkodean dan bagaimana ingatan tersebut dipanggil secara sadar atau pun secara naluri. Ini masih berdasarkan buku Mendongkrak Daya Ingat ya….:))

Dibagi jadi dua gitu jadinya :
1. Ingatan eksplisit (disebut juga deklaratif), yang artinya adalah ingatan tersebut diperoleh melalui suatu maksud dan usaha tertentu.
Fungsinya misalnya pada saat belajar mengeja, itu khan pasti kita membutuhkan perhatian, pemusatan perhatian, dan pelatihan untuk mengingat setiap huruf dan ejaannya, khan? Nah hampir semua pembelajaran di sekolah itu merupakan ingatan eksplisit. Kita butuh usaha untuk mengingat gitu deh intinya.

2. Ingatan implisit (disebuat juga non deklaratif), yang artinya tidak salah adalah ingatan tersebut dicapai secara organis atau otomatis.
Ingatan implisit adalah bentuk ingatan yang sifatnya mendasar untuk contohnya bisa bertahan hidup (pengetahuan kalau api itu panas dan bisa membakar), pokoknya menjaga manusia untuk tetap selamat dan menjamin kelangsungan hidup manusia gitu deh. :D
Beda, khan di antara keduanya?? Get the idea?? Hopefully YES!!

Naaaah, ingatan implisit ini dibagi lagi menjadi 4 tipe lho…

1. Ingatan procedural (ingatan motoris). Ditilik dari katanya saja kita sudah tau, ni pasti ingatan tentang cara cara untuk melakukan sesuatu hal. Nah, misalnya cara memancing, cara mengendarai motor, dan cara cara lainnya. Pertama sih memang cara cara tersebut diingat dengan pelatihan pelatihan, tapi lambat laun saat Anda mengendarai motor tak perlu lagi mengingat ingat caranya karena hal tersebut sudah menjadi otomatis. Iya toh? Missal aku nali tali sepatu khan nggak perlu terus inget ini dimasukin ke sini dll tapi sudah langsung dilakukan secara otomatis atau di luar kepala karena witing biso jalaran soko kulino. :D
2. Ingatan refleksif (ingatan stimulus respons), ini ingatan mendasar yang membuat manusia bertahan hidup. Dilihat dri katanya kita sudah tau kalau ini soal menerima rangsangan dan cara bereaksi toh?
Fungsi terpenting ingatan ini adalah menjauhkan manusia dari marabahaya. Misalnya kalau tiba tiba Anda disodori ular, pasti langsung menjauh dan teriak khan? Atau missal tangan Anda dikenai api, pasti secara refleks dan naluriah langsung sekonyong konyongnya menghindar khan? Nah itu dia yang digolongkan dalam ingatan refleksif. Kalau misalnya waktu kecil waktu mainan ayam terus tiba tiba ayamnya meneladung (hayah bahasanya…), dan saat itu Anda sangat kaget, dan merasakan emosi yang amat mendalam atas peristiwa itu, ini ni yang bisa jadi tumbuhnya benih fobia ayam yang bisa disandang seseorang seumur hidupnya. Kasian ya…. Alhamdulillah sampai segede ini saya tidak punya fobia apa apa. Mungkin fobia kata kata menyinggung sepertinya. :D
Tapiiii, bukan hanya itu saja lho! Ingatan refleksif merupakan bentuk ingatan yang melakukan sensor secara ketat terhadap bau, penglihatan, rasa, lagu dan sebagainya,yang memicu munculnya sensasi, misalnya Anda bau sup ayam jadi inget Ibu di rumah yang jago bikin sup dan otomatis menimbulkan rasa nyaman. :D

Walau pun ingatan ini biasanya dibentuk secara tidak sadar gitu tapi ingatan ini bisa dilatih dan ditanamkan melalui proses pengulangan lho… ingatan prosedur bisa dilatih jadi ingatan refleksif. Missal pemain basket gitu ya, khan kalau masukin bola juga nggak asal biar bisa masuk toh ya, tapi juga mereka nggak punya waktu buat ngitung secara fisika soal kecepatan, terus mungkin derajatnya dll to khan ya, tapi dengan pelatihan beribu ribu kalinya akhirnya dia punya kayak sense atau memperkuat ingatan refleksifnya, dan bolanya bisa masuk terus deeeh alias titis gitu.

3. Pengondisian indriawi, terkait dengan jalur perjalanan ingatan menuju otak melalui alur indriawi tertentu. Misalnya ni ya berdasarkan buku Mendongkrak Daya Ingat ini, ingatan yang ditangkap oleh mata akan disimpan sebagai gambaran nyata dalam bagian otak yang disebut korteks visual, misalnya berbagai bentuk gambar, benda, symbol, tempat, wajah dan informasi lain dalam sehelai kertas. Misalnya kalau liat anjing kampus yang suka santai santai di depan gedung BARA jadi ingat Mopi, anjingku waktu kecil dulu, atau kalau liat kucing tertentu jadi ingat kucingku waktu kecil, namanya Jangan (yang ngasih nama itu aku sendiri lho,,,,,kreatif khan…:D). Ingatan verbal atau auditori yang disimpan dalam korteks pendengaran, bagian otak yang menyimpan semua bentuk yang ditangkap oleh telinga, biasanya dipanggil kembali oleh penanda berbentuk rima, jingle, permaina kata kata, misalnya sajak, akrostik, akronim dan berbagai pengasosiasian..
Misalnya, tiap denger lagunya Westlife langsung inget saat saat SMP bareng Mashlahatul Umami, atau lagu sesuatu gitu jadi inget waktu cinta bertepuk sebelah tangan terus jadi sedih. Begitulah…hehehe

4. Ingatan Emosional, terkait dengan semua informasi yang disimpan dalam otak sebagai akibat stimulasi indriawi yag sangat kuat. Mulai dari rasa takut sampai gembira, semua jejak langsung ini dapat menghasilkan suatu proses pembelajaran yang cepat.


This is it!! Beberapa jenis ingatan yang kita sebagai makhluk yang punya otak(tolong baca dengan menggunakan makna denotatif ya, jangan konotatif atas kalimat ‘punya otak’ :D), kita wajib tau!! Jenis jenis ingatan masih ada lagi lho, soalnya ingatan eksplisit dibagi menjadi dua bagian, dan ada juga satu bentuk ingatan yang tidak termasuk dalam ingatan eksplisit atau pun implisit. Apakah itu?? Mendongkrak Daya ingat part. selanjutnya akan segera saya posting. Itung itung sambil belajar soal otak sekalian.
Thank you for reading!:D
Semoga berguna yaa….:))

27062011…3:38 PM

1 comment:



  1. Furthermore analyzing this type of water place plus replica breitling watches a tension is indeed an effective aspect that they are embedded inside of a look at. Gentlemen are frequently sensitive pertaining to the look of them. There's a simple root of the key reason why breitling replica hanker to get polishes boots and shoes, un-creased attire including a fine watch out for all of times etcetera. They can be good around being fashionable by using reality, noone might whip the theifs to the following. For your basic festivity replica chanel sale would choose a vintage analogue designed look at by using magic, yellow metal and also stainless straps. For your recreational hike or perhaps sports occurrence rolex replica would definitely aquire a silicone and also set straps. Plus for this this excess bling demonstrate your creator look at is actually a will have to. Gents rolex replica watches discuss just what exactly gentlemen will be. Different watches to get gentlemen may look unexciting plus lifeless nonetheless try to remember they can be products for any bright.

    ReplyDelete