MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Mendongkrak Daya Ingat Part. 2

Mendongkrak Daya Ingat Part. 2
Add Comments
Senin, 20 Juni 2011

Masih menurut buku Mendongkrak Daya Ingat yang saya baca, pengertian ingatan adalah kumpulan reaksi elektrokimia yang rumit yang diaktifkan melalui beragam saluran indriawi dan disimpan dalam jaringan saraf yang sangat rumit dan unik di seluruh bagian otak.

Nah, toh, bingung toh…sama. @@. Jadi begini, kita punya 5 indra khan ya, dan sangat bersyukur yang punya indra keenam dan bisa melihat setan. Nah, dari kelima indra ini kita bisa menerima rangsangan dari luar dan diendapkan ke dalam otak kita yang subhanallah canggihnya ini. Contoh, dulu saya pertama kali bertemu dia di game center. Waktu itu khan kenalan, melihat sosoknya lewat indra penglihatan saya, dan mendengar nama dia dari indra pendengaran saya. Nah, dari indra itu lah saya mendapat infromasi yang kemudian masuk ke otak dan diendapkan di sana kalau dia yang berwujud seperti itu namanya itu. (Kebetulan waktu itu juga dari mata turun ke hati. :D)

Ingatan merupakan suatu proses biologi, yakni informasi diberi kode dan dipanggil kembali. Pada dasarnya, ingatan adalah sesuatu yang membentuk jati diri manusia dan membedakan manusia dari mahluk hidup lainnya.

Lah njur, kok kita bisa lupa sesuatu dan juga kok bisa tidak lupa tentang sesuatu. Missal, aku kok lupa namanya, padal dia temen sekampus selama hampir dua tahun. Dan aku tidak bisa lupa dia, padal udah nggak ketemu selama dua tahun, tapi dia terus menghantui tidurku dan unfortunately susah digusah dari ingatan (misalnya….), kenapa ya???

Ternyata oh ternyata begini…

Kita mengingat :

- Informasi yang membantu kita untuk tetap bertahan hidup, missal ya cara makan..

- Sesuatu yang menarik minat kita.

- Sesuatu yang berarti bagi kita.

- Sesuatu yang kita hubungkan pada pembelajaran terdahulu

- Sesuatu yang kita simpan dan kodekan dengan teknik mengingat.

- Sesuatu yang kita latih.

Kita melupakan :

- Sesuatu yang tidak berarti bagi diri kita

- Sesuatu yang tidak melibatkan kita.

- Sesuatu yang tidak kita latih, ulangi atau gunakan,

- Sesuatu yang terlalu menyakitkan untuk diingat

- Jika stress yang berkepanjangan mengganggu fungsi otak kita

- Jika kita tidak secara sadar mengaktifkan petunjuk ingatan

Lalu muncul pertanyaan di benak saya, saya justru tidak bisa melupakan kejadian menyakitkan di hidup saya. Padahal seharusnya justru itu dilupakan menurut teori di atas. Saya tidak bisa melupakan bagaimana orang itu menghina saya, atau mengolok olok saya, atau tidak bisa melupakan bagaimana patah hatinya saya karena dia blah blah blah (malah curhat@@)

Mau tau jawabannya?? Keep reading Mendongkrak Daya Ingat selanjutnya yak!!

Thank you for reading! Hopefully it would be soooo useful for us as youth, green generation!

Tornuwun. :D

16062011…11:47 AM

Accompanied by Jojo-Shinee

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)





  1. Regardless if you have got become clinically determined to have hypertension and not even, rolex replica sale can be increased continue burden conditions you should have to take into consideration. replica watches conditions comprise of aggravation, fuzzy ideas, dizziness, queasy and even throwing up. Many people moreover regularly go through anguish in the rear of that guitar's neck. In cases where pectoral anguish and even shortness in respir moreover develop, then simply it is best if you request clinical allow. Most people will commonly underestimate increased continue burden conditions and even aspect to help you several other triggers. Many people provide hublot replica uk cardio while not comprehending that they have the application. You've probabably heard which will to be asymptomatic is a fantastic item; then again, remember the fact that in cases where hypertension is without a doubt allowed to remain un-repaired, replica chanel may lead to life-threatening hassles. Increased continue burden can result in ongoing problems on that as well as, heartbeat, more so to several other significant organs. You should not hold on until you go through conditions that can be definitely a sign in wood problems ahead of can see a personal doctor. As a result just be sure to tag heuer replica sale over in the normal and even ahead of time increased continue burden conditions, above mentioned, and even assuming you have them all, purchase your BP looked at once. Better yet, don’t look ahead to any specific conditions to check, really contain ones own BP continually supervised. It will save your valuable everyday life. The sooner you can get remedied, better can be ones own prospects of not even increasing any specific hassles.

    BalasHapus