Monday, 14 March 2011

my incredible ATID

Kalau disuruh menggambarkan dia dalam tiga kata, aku nggak bisa. Karena dia diwakilkan oleh berpuluh puluh kata. Dia tidak bisa hanya dideskripsikan dengan sekedar tiga kata saja. Dia makhluk Tuhan yang sangat variatif, dan sangat bangga Tuhan menitipkan dia pada keluarga kecil kami.

Umurnya genap 4 tahun per 2 januari kemarin. Dia salah satu tujuan hidupku. Dia kayak motivatorku untuk terus maju dan berkembang, karena pasti suatu saat di masa depan dia sangatmembutuhkanku. wohoho...

Sumprit deh dia itu bikin aku terpesona. Hampir seluruh kosa kata bahasa Jawa sudah dia kuasai dan ngomongnya lancar cap cus nggak karuan. Walau pun dia belum bisa ngucap ‘r’ dan mengubahnya menjadi ‘l’, tapi dia sudah bisa ngomong dengan lancar dan cepat.

Tiap pagi dia berlatih ngucap
“RRI atau montor mabur, atau sepur, atau radio”, dan pasti sekonyong konyongnya mengubahnya menjadi “LLI,montol mabul, sepul, dan ladio.”
Hobynya tiap pagi setelah bangun tidur adalah latian ngucap ‘r’ yang mentok susahnya buat dia, atau nyanyi lagu lagu yang diajarkan di PAUD atau playgroup, seperti pelangi pelangi, balonku ada lima, bintang kecil, kasih ibu, naik naik ke puncak gunung, dan masih banyak lagi lainnya. Atau dengan semangat yang membara mempraktekkan beberapa tepuk tepuk, seperti tepuk patung, tepuk anak PAUD, tepuk ceria, atau yang paling teruptodate tepuk dokter. Begini : tepuk doktel!! Plok3, isi obat, plok3, usap usap, plok3 juss aaaaah. Maksutnya dokternya nyuntik dan sakit, di akhir tepuk dia menjerit dengan bernada.
Atau pagi pagi dia ambil kerudung, juz amma, dan tas yang sering buat aku sekolah. Dia main kuliah kuliahan, dan saat tiba di ‘kampus’, dia dengan khusyuknya mengamini do’a
Amien ya Allah….Amien ya Allah…”, diucapkan dengan bernada, persis ibu ibu waktu yasinan. Karena emang dia dapet ilmu amien ya Allah itu hasil dari ikut ibuk yasinan. Ibuk selalu cerita sehabis yasinan. Atid kalau pas habis yasinan, terus sholawatan, terus amien amien dan mengumandangka Ya robibil mustofa, atidlah yang paling semangat dan dengan suara cemengkling berada di nada tertinggi, nada ‘si’, dan saat si empunya rumah menyuguhkan minuman, dia langsung menghabiskannya tak tersisa.”

Aku ngelak buk,” katanya.
Dia juga sangat fasih melantunkan Ya robibil mustofa. Begini kira kira : 'Yalobibil mustopa, balikmako sidana, wafilana mawado, yawasial kalomiii'….
Atau dengan menggeleng gelengkan kepala ke kanan, ke kiri, ke atas dan ke bawah, dia bilang : “Lailahailawoh, lailahailawoh”, begitu terus dan makin lama nadanya makin tinggi.

Tidak Cuma sampai di situ, dulu waktu umurnya masih dua tahun, dia nangis nangis waktu Nicken, adikku mau pergi TPA. Dia nangis nangis karena juga pingin ikut TPA. Dia iri ngeliat anak anak yang sudah agak gedean dikit dari dia berangkat TPA dan pakai seragam serba biru terong dengan muka penuh bedak khas anak anak. Dia nyeret nyeret tangan ibuk buat nganterin berangkat TPA. Daripada nangis terus terusan, akhirnya ibuk mengantarnya berangkat TPA. Mana jalan juga belum jejeg udah pingen aja ikut TPA. Dengan memakai kerudung yang agak kegedean dan memakai ransel kecil akhirnya dia pergi berTPA ria.

Dia sudah hafal doa mau makan dan juga ucapan seperti bismillahirrahmanirrahim, astaghfirullahaladzim, Alhamdulillah, dan juga mengucapkan assalamualaikum dan waalaikum salam sekarang ini. Tiap dia masuk rumah, dia tidak lupa bilang assalamualaikum.
Kadang aku sangat takjub dengannya, dan menaruh harapan besar pada pelita hatiku itu. Dia pasti pintar dan cemerlang saat besar nanti. Daya ingatnya juga insyaAllah semakin bagus. Tiap dia abis makan soup yang ada wortelnya, dia pasti bertanya, Buk, mataku udah bening?
Karena dia ingat guru di PAUDnya mengajarkan padanya kalau makan wortel itu bikin mata bening, sayur sayuran bikin badan sehat. Dia masuk PAUD saat umurnya 2,5 tahun dan dia siswa termuda di sana. Tapi, dia si pemberani. Kalau lainnya nggak mau nyanyi maju, dia dengan sigap tunjuk tangan dan nyanyi Balonku ada Lima atau lagu lainnya pakai mic. Walau pun seantero kelas, dia sendiri yang memlesetkan ‘radio’ menjadi ‘ladio’.
Anak lainnya manggil dengan sebutan ‘Bu Guru Pur’ (namanya Bu Pur), dan dia memanggilnya ‘Bu Gulu Pul’

Tapi, buat dia yang penting mencoba, mencoba nyanyi, mencoba berani, mencoba menjadi lebih baik dari hari ke hari. She is atid. Astrid Tia Merianasari. Berhubung dia juga tidak bisa mengucapkan namanya, dan tend to call herself “Atid”, maka jadilah nama panggilan dia si Atid.

She is my lovely smart little sister!!



1 comment:

  1. Another possibility is solo split cast facial area foam rolex replica sale to get supplemental relaxation plus safe and sound complience seal. Thor's optically suitable Lexan standard zoom lens is definitely organ of the program, and Thor's toned decorating to get superb peripheral eye sight plus fantastic accommodate, along with the drilled style will help distribute surroundings to circumvent fogging. Thor's stiched wrist strap by using fake rolex backside helps to keep the following goggle properly secured to the cycle helmet. Your lavish goggle travelling bag is roofed, in addition to a save standard zoom lens. Tear-off bags are usually out there by Thor. A further goggle while in the Thor line-up is a Bomber, that offers precisely the same other great features when Thor's alternative top-quality breitling replica sale, nonetheless offers your 3-post initially move tear-off plus roll-off procedure. The key reason why couldn't any one contemplate this in advance of? Bring to mind them, you actually send in the initially move and after that tug a person's tear-off to get very clear eye sight. In that case to get other kind, while you have breitling replica and also if magnetic obscures a person's eye sight, a charge card tug a roll-off. It's the most effective with either planets. A very clear flick cylinder teaches really any time a innovative jiggle with flick ought to be required as well as three times the part cast rolex replica foam is designed with a safe and sound complience seal about the features. A Bomber comes with not one but two throws with flick including a lavish goggle travelling bag.

    ReplyDelete