Saturday, 25 December 2010

good bye, a year named 2010!


Nggak kerasa tahun 2010 akan segera berakhir, disusul tahun 2011 yang tinggal sebentar lagi akan merekah.

Manusia semakin tumbuh dewasa, yang bayi semakin membalita, yang balita semakin menganak anak, yang anak anak semakin meremaja, remaja semakin mendewasa, dan aku, semakin tua.

Masih ingat waktu kecil dulu, mandi di sungai, cari cengkih di kebun, pergi ke bioskop setiap malming di Bioskop Garuda Ambarawa yang sudah lama ditutup karena keberadaan mesin kotak kecil bernama VCD yang menggeser popularitasnya, inget tiap abis lebaran jalan jalan bersama ke Jogjakarta dan sekitarnya, inget diadili bapak karena ketahuan nyuri anting anting mainan milik temen sepermainan, pagi pagi dimarahin mbahnya temen SD ku karena hobiku bikin nangis tu anak, segalanya seakan tersimpan rapi di memori card belahan otakku.

It was so wonderful, never did I forget that time!

Dan sekarang, aku sudah tumbuh besar, sudah menapak tanah selama 19 tahun lebih, menjadi sosok orang yang well, secara fisik kamu, kamu, dan kamu bisa lihat sendiri. Hobi minum susu dan berenang bikin aku tumbuh ke atas, unfortunately nggak ke samping samping. Banyak orang bilang di update statusnya, “I am on diet!” (curhat dirinya sendiri kalau mereka sedang diet)

Then, I would say, “What the hell is diet?? I am not acquainted with that.”, then I laugh so loudly.
Banyak yang bilang
Mey, you are soooo thin, dear….”
what am I supposed to do, then?? I have done so many things to increase my weight and nothing happened, NOTHING. Maybe just increase about 1 ons. Terrible!

Aku kasih tau apa saja yang aku lakukan untuk bisa menambah berat badanku

1.Selama sebulan ,dua kali sehari atau kadang tiga kali sehari aku minum jus alpokat yag mengandung banyak lemak, dan celana ku masih saja kedodoran. Failed!

2.Kakak sepupuku bilang, berat badannya naik 8 kg setelah minum pil tertentu yang aku dikasih samplenya, 3 kali aku beli, dan apa yang terjadi?? Satu satunya yang menggembung dari badanku bukan tangan, perut, lengan, kaki, tapi pipi. Failed!

3.Minum jamu, biasanya anak remaja minum jamu berjudul jamu singset, jamu pagar ayu, atau jamu jamu yang intinya bikin badan aduhai asyiknya, dan aku memesan jamu melar, ibunya ngasih jamu untuk kesuburan. Tiap hari minum nggak ada reaksi, kata mbaknya pacarku, jamu tidak baik untuk Ginjal. Absolutely, FAILED!

4.Yang lebih alami, tiap hari aku mulai minum campuran susu, jahe, dan telur. Disarankan telur jawa, karena susah bukan kepalang nyarinya, aku ganti telur jawa dengan telur biasa yang suka didadar atau pun ceplok. Aku minum mentah mentah, sambil njepit idungku sama penjepit pakaian yang dijemur. Amis tak terelakkan, dan aku give up. Bisa tertekan secara mental kalau tiap hari harus menglonggongkan diri sendiri dengan cairan masyaAllah seperti itu.FAILED!

5.Ini masih rencana, tapi sudah aku rencanakan jauh jauh hari, yaitu, minum susu ibu hamil. Bikin subur, siapa tahu kandunganku juga subur, nanti badanku melar dan siap hamil, jangan jangan menghasilkan efek samping yaitu ngidam, atau mungkin mual mual. Otakku semakin nggak karuan, minum ibu hamil agaknya pilihan yang menggiurkan, dan pacarku said ‘petingkah’. FAILED!

Kalau Tina Toon nggak pernah makan nasi alias cuman makan salad dan roti gandum yang kata John Pantau nggak ada rasanya, dan juga makan coklat atau pudding zero calori yang katanya juga nggak manis, aku apa aja aku makan, tanpa larangan, kalau Tina Toon sangat merana karena harus menjaga bobotnya biar tetep singset, aku tidak merana sama sekali karena apa pun bisa masuk perut, berharap badanku aduhai asyiknya, dan tangan Tuhan mulai menipuk pipiku,
Look, you can eat whatever you want, be grateful with what you have, sesungguhnya Allah bersama orang orang yang selalu bersyukur.”

Di umur 19 tahun ini, aku merasa sangat kekurangan. Kurang ini, kurang itu, kurang begini, kurang begitu. Mau ini dan mau itu, begini begitu.
Seperti dihadapkan pada sebuah gelas dengan air separo di dalamnya. Aku hanya focus pada ruangan kosong di atas air, tanpa mau melihat air yang memenuhi separo bagian dari gelas itu. Hanya mengatakan gelas separo kosong, bukan gelas separo terisi. Mencari cari terus apa yang tidak ada, dan tidak menyadari bahwa banyak hal yang telah aku miliki. Manungso maruk.

Tahun 2010 segera tertutup, dan lembaran lembaran tahun 2011 segera dibuka, masa lalu hanyalah kenangan, aku bebas memilih untuk terus mengingatnya atau melupakannya, aku memilih mengingatnya sebagai bahan evaluasi di masa depan. 2011 adalah harapan harapan, aku bebas memilih untuk berharap atau tidak, dan aku jelas memilih untuk berharap. Karena harapan yang diconvert menjadi sebuah rencana adalah 50% dari kesuksesan. Wah, idup Cuma sekali nggak punya harapan kok rasanya tragis sekali. Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi mimpi mu! Yang penting setelah berencana, segera berusaha dan serahkan sisanya kepada Tuhan, ALLAH SWT.

Tahun 2010 yang penuh dengan pengalaman pengalaman berharga, penuh dengan pergulatan batin, atau pun pergulatan dengan manusia lain, bertemu dengan orang orang becik dan juga tengik, terkadang menjadi becik atau pun tengik.

2011 di ambang mata. Waktunya mengevaluasi diri sendiri dan memacu diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak usah memaksakan hal yang tidak mungkin didapat, bukan berarti aku menyerah untuk menggemukkan badan, bukan berarti aku pesimis kalau badanku akan kurus selamanya, tapi aku berfikir,

Plis deh mey, elu ini idup Cuma sekali, Cuma masalah berat badan aja dipikir banget banget, hey!! Badan lue tu nggak kayak Pretty Asmara yang mau cari baju aja harus pesen dulu, badan lue nggak kayak mbak mbak yang sering lu liat yang dikenal dengan julukan manusia mini, badan lue ini nggak kurang suatu apa pun, jari jari tangan dan kaki lengkap, punya hidung dan mata, lima indra berfungsi dengan sempurna, dan sekarang bingong hanya karena berat badan nggak memenuhi standard badan ideal. Liat majalah fashion dong, mey!! Tu mbak mbak kurus kering sampai tulang dadanya keliatan aja PD gilak jalan di catwalk memamerkan baju ter update se antero dunia, mbak mbak yang kakinya kecil dengan ukuran lingkar pinggang masyaAllah kecilnya juga terkenal gilak jadi top model di kancah internasional. Lagian badan lue yang kurus itu, nyatanya gampang banget melepaskan diri dari himpitan penumpang bis gedhe , nggak makan tempat banyak kalau di angkot, dan juga…….kamu bisa makan apa pun yang kamu inginkan tanpa ngitung dulu berapa jumlah kalori yang akan melesat masuk ke tubuhmu. Yang penting lue sehat, lue punya otak buat mikir, lue bahagia….masalah orang mau terima apa nggak, terima Alhamdulillah, nggak terima nggak masalah….kalau pun dibuat jadi masalah malah bikin idup sulit semakin sulit.

Tahun 2011 nggak ada lho ya, bingong mikirin berat badan atau apa pun soal badan. Lakukan apa yang elu bisa lakuin, meykke…. Tapi tanpa bingung, tanpa apa pun yang bisa memenjarakan pikiranmu.

Hey!! Wonderful things are waiting you to reach, don’t let something distract you, just you yourself can take handle life stuff , nothing else.

2011, I AM READY TO WELCOME YOU, WITH WELCOMING SMILE APPEARED IN MY LIPS, WITH MANY WISHES TURNING AROUND IN MY HEAD, HOPEFULLY IT WOULD BE AN AWESOME YEAR FOR ME, FOR YOU ALL.

Cheerz!salam cincau!!

09.33/23.12.2010

No comments:

Post a Comment