Wednesday, 24 November 2010

Kisah kasih si pit biru muda

Tiap hari liat dua adik perempuan gue pit pitan tiada henti, gue jadi inget 10an tahun yang lalu waktu gue masih bandel bandelnya. Gue ini dulu demen banget maenan outdoor bareng sohib sohib gue sekampung. Salah satunya, pit pitan. Gue pikir ya, kalau waktu kecil cuman maen bungkar pasang, bekelan, atau Barbie barbian doang di rumah sih nggak seru… walau pun gue juga suka maenan kayak gitu sih. Tapi, plosotan di tebing pake kayak apa sih tu namanya bagian dari kepalapohon kelapa yang kayak nglindungin kelapananya, bentuknya panjang terus agak cekung di tengahnya. Itu baru seru….

Walau pun pernah juga ya, slorotan gitu pake itu, mau aja bablas ke sungai, kalau bablas, bablas deh gue… bablas kealam baka. Naudzubillah….
Sampai di rumah, badan baju gue mendadak berwarna coklat. Tanah semua. Gue ngeles sama ibuk, “buk, berani kotor itu khan baik…
Terus ibuk gue senyum penuh kebahagiaan, habis itu, ibuk gue ambil ni baju berlumuran lumpur dan tanah, terus langsung diclupin di ember, dikucek sedikit, dan cring!! Langsung jadi putih lagi. Rinso, berani kotor itu baik! #guengayal.

Yang ada sampai rumah, ibuk gue udah gedeg gedeg, gue manthuk manthuk. Gue langsung kabur ke kamar mandi, mandi biar wangi.
Hobi gue lainnya adalah pit pitan kayak yang gue sebutin tadi. Pernah nggak sih loe, pit pitan berjamaah dari ujung desa RT 6 sampai ujung desa yang satunya RT 1 plus ke daerah yag orang kampung gue bilang pentok (pinggiran hutan pinus yang katanya angker). Gue dulu sering. Kita kita yang RT 3 ngumpul, terus ngepit lewatin RT 4, 5, 6, sambil ngampiri tu temen temen perwakilan RT. Udah buanyak banget gitu ya pengikutnya, kita mondar mandir aja dari ujung sana sampai ujung sana sambil kadang balapan, kalau ada yang nyrungsep, semuanya jadi bubar. Dasar anak anak nggak bertanggung jawab! Dan yang nyrungsep itu adalah gue!! Padahal dengkul sebelah kanan uda mau garing ni luka, sekarang dengkul sebelah kiri juga lecet parah! Nangis deh gue sambil nuntun pit gue balik ke rumah. Sampai rumah ibuk gedeg gede, gue nangis tambah keras aja. Gue bertekad, “Berani lecet itu baik!!”

Tapi gue suka abis deh sama temen temen gue, mereka kompak banget waktu dulu, keliling desa pake pit tiap hari, yang nggak punya pit diboncengi sama yang punya pit. Kan pit gue dulu kayak pit mbak mbak di film India kalau pas nyanyi di taman bunga gitu ya, depannya ada kerangjang bunga besar gitu sama di belakangnya ada boncengan pinuk gitu. Kerangkanya depannya melengkung gitu.warnanya biru. Nah, yang sekarang dipakai adek gue juga pit kesayangan gue dulu. Pengin nangis inget waktu dulu. Seneng banget!! Cewek banget deh pokoknya. tapi ya kurang seru dong ya, gue pinjem aja tu sepeda punya sepupu gue, sepedanya macho banget, bisa gue bilang. Tinggi gitu, ramping, atletis bodynya, kulitnya sawo matang! Perfect! *opotojane?

Sekarang sih gue udah insyaf. Udah feminine. Hahaha. Maksutnya maunya sih gitu…kenyataannya, nggak tau juga deh. Monggo dinilai….

Pernah juga nih ya, gue diboncengin sepupu cowok gue(maksut gue, sepupu gue berjenis kelamin cowok, bukan sepupu dari cowok gue. Maksut?) nglewatin pentok yang gue jelasin di atas. Gue duduk di belakang mas Diki sambil bersorak sorak bergembira gitu kan ya, rambut gue tergerai tertiup angin ke sana ke mari. Gue kibas kibas rambut gue, makin terpontang panting kan ya ini rambut Pantene. Nglewati pentok, deket hutan gitu khan berasa kayak lagi syuting videoklip cinta cintaan. Mana adegannya romantis gilak gitu khan, gue diboncengin sama cowok, nah, makin gue ngayal kan ya….ngayal…senang…. Gedubrak!!!

Gue bingung waktu itu. Kenapa tiba tiba adegannya gue tiduran di tanah gini yak? Mas Diki nengok ke belakang, panic. Langsung dilempar tu pitnya, dia menghampiri gue. Gue masih bingung, nggak ngeh kalau ternyata gue gedeblak atau bahasa nasionalnya jatuh terlentang saking kemayunya nggerakin rambut gue.

“Adinda, tidak apa apakah engkau??Bertahanlah…”
“Tidak, kakanda…berjanjilah engkau untuk selalu menjaga anak kita. Maafkan aku tidak bisa menjaga bersamamu lagi…”
“Adindaa…..tidaaaaaaaaaaaaaaaak”
MasyaAllah….

“Dek Ik, kowe ki ngopo?”
Yaelah, udah tau gue jatuh malah ditanya gue lagi ngapain…
Aku tibo mas…”, gue bilang sambil mencoba berdiri. Nyeri nyeri gitu punggung gue. Kalau kasur sih lumayan, lha ini tanah gronjal gronjal… sehari kemudian, gue dipijitin ke mbah pijit. Katanya ada yang kecetit. Kayaknya otak gue juga kecetit.

Masih lagi soal pit, waktu gue mau ke warung beli permen sunduk pake pit kesayangan gue ini, tiba tiba Elfi, temen gue pingin ikut naik. Gue boncengin kan ya itu. Lah dalah, dasar gue kayak biting bercabang, baru beberapa genjotan, tiba tiba pit gue oleng, tiba tiba pit gue atraksi, jempalik ke belakang kayak motor cross professional gitu. Gedobrak!!! Jatuh deh gue. Ni Elfi yang gue boncengin canggih banget. Langsung refleks berdiri, jadi nggak cedera apa pun, dan gue? Benar, babak belur. Makin banyak aja tato di dengkul gue. Gue nggak jadi beli permen sunduk. Pulang sambil ndorong pit gue, gue nangis. Dari depan rumah, ibuk Cuma geleng geleng, gue nangis sesenggukan. Perih ni dengkul, yang kemarin belum sembuh sekarang malah tambah parah.

Sepeda gue ini emang memorable, unforgettable, remarkable. Sepeda warna biru yang mengantarkan gue pada pengalaman pengalaman tak terlupakan. Sepeda yang nganterin gue ke warung, keliling kampong, TPA, rumah temen gue, sawah juga.
Gue sekarang udah gede, nggak mungkin lagi gue naik itu sepeda keliling kampong. Diketawain kambing ntar gue.

Tapi gue seneng banget, gue punya kesempatan buat nginget itu semua. My childhood is my remarkable time. Having fun all the time without life stuff, without get depressed, without any problems. But, live must go on, and it is a must for me to look forward and move on afterwards.
Semangith!!

No comments:

Post a Comment