Friday, 26 November 2010

amazing facts about coffee

Berhubung saya adalah penggila kopi, hampir setiap hari mengonsumsi kopi, mulai dari Godday beraneka rasa, Torabika, Kopiko, ABC, coffe mix, dan kopi kopi kemasan lainnya, kali ini saya akan menjabarkan banyak sekali manfaat dari kopi khusus untuk Anda semua…

Info info ini saya peroleh dari beberapa sumber. Happy reading, gals!!:)))

Kopi bisa mencegah dari berbagai penyakit lo…Nggak percaya??

Just look at these facts, gals! (menurut Harvard Women’s health)
1. Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

2. Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

4. Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

5. Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Nah, sekarang akan terjawab pertanyaan pertanyaan kalian, kenapa ya kopi itu bikin melek terus, bikin semangat jadi melambung lagi, bikin relax, bikin idup makin idup. So, check these out, gals!!

1. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak. Wah, bisa dicoba juga kalau mau presentasi ke depan ya….

2. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang. Amazing benefit!

3. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein

4. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

5. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

6. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.

7. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis)

8. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

9. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
(sumber: http://epat.songolimo.net)

Bukan berarti kita, coffee lover boleh minum kopi sebanyak yang kita mau loo…. Bukankah setiap hal yang berlebihan itu tidak baik??

Jumlah kopi yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.

Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.
Emang ada ya, yang minum segini banyak??
Saya sarankan jangan kecanduan seperti mbah Surip ya, gals!!
Soal, perbanyak kopi, kurangi tidur juga saya pikir buka hal yang bijaksana!
Motto saya hari ini, “Kopi, untuk hidup yang lebih hidup!!”
Selamat menikmati kopi Anda! (nyrutup kopi Goodday)


Sumber: Dra. Emma S Wirakusumah, Msc dan Wikipedia

1 comment:





  1. These kinds of men's rolex replica uk are diligently crafted and have unfolded into efficiency through time. Thus, quality is not a question. We speak here of designer tag heuer replica sale, your best choice to the kind of watch. Burberry chanel replica sale belong to this classification of watches. Watches are known to be the most the most worn jewellery for men. It does not only function to give the proprietor time updates but also as a stylish accessory that complements to the type of guy's personality. Unlike women, men hardly ever change their chanel replica sale matching to the colour and style of their dress and the occasion. Their watches are kept in their wrists always. Most men don't especially like to change jewellery more often. So their replica watches uk must be of superb quality and necessarily, buying one involves some careful considerations. here are grown-up males who favor to retain informed with style trends so the kind of men's view fitted for them are casual wrist watches that show current styles contributory in the direction of numerous appears and outfit.



    ReplyDelete