Monday, 12 July 2010

si embah dan sebungkus dawet

Ngomong ngomong soal air mata, kayaknya aku punya setok airmata banyak di dalam kelenjar air mata aku. Ada banyak kejadian yang mungkin buat kalian, Cuma ngregel di hati ajah, tapi buat aku menusuk, mengiris, pedih di dalam hati. Sek sek, before I go on, biar aku keliatan lebih gaul gityu, aku ganti “aku” dengan gue ya. . . .biar berasa kayak Raditya Dika versi tutupan. Siap. . . . 1. . .2 . . .3. . .Action!!

Well, entah kenapa dari gue kecil, gue ini udah gembeng bin cengeng. Tapi, bukan gembeng gara gara dimarahi ortu dikit, nangis, dinakali temen nangis. Justru dulu gue yang suka nakalin anak orang. Masih inget, pagi pagi, gue dateng sendiri ke sekolah, maksut gue biar dapet tempat duduk idaman. Eh, di sekolah udah rame ternyata. Pas gue deketin, semua mata tertuju pada gue.
What’s wrong with me??”, pikir gue waktu itu.
Ada mbah mbah datengin gue. . .sebelumnya itu temen temen gue ngacung ngacungin gue.
kowe sing jenenge ike??”, ( kamu yang namanya ike??) si mbah bertanya.
Nggih, mbah.”,(iya, nek.) gue udah nggak enak ati waktu itu. Jangan jangan gue mau dikeroyok massa ni. . .
Mbok kapakke putuku?? Gelo, dadi wegah sekolah, jare mbok nakali wae ning sekolah.” ( kamu apakan cucu saya? Lihat ni, dia jadi nggak mau sekolah. Katanya kamu nakali terus tiap hari.)
Haduh, keringat langsung menganak sungai, padal pagi itu kalau napas keluar asapnya, alias adem bangeeeeeeet. Tapi, berasa abis lari pagi muterin Simpang Lima 10 x. Masya Allah. . . . aku dilabrak mbahnya!!
Setelah gue diceramahi panjang lebar, gue disuruh minta maaf. La daripada gue diabisin tu si mbah plus anak buahnya, mendingan gue minta maaf de. Di belakang gue nggak ada yang backingin gue, semuanya berpihak padanya. Abis itu, gue tuntun gadis itu, namanya Novi. Kalau ngerjain tugas, dia suka minta tolong gue, kalau gue nggak mau nangis. gue katain dikit nangis, gue cubit dikit nangis, gue jotos dikit nangis. Haduh, sampe baru gue deketin udah nangis. Jelas aja gue kesenengan, la dikit dikit nangis gitu. Apik, pikir gue waktu itu. Lumayan, mainan, persis kayak boneka gue. Kalau empongnya dicopot nangis, tapi bedanya kalau boneka gue gue berdiriin, dia ketawa keras banget. Asal nggak gue berdiriin pas dini hari aja. Lama lama ketawanya nyeremin.
Nah, gue tuntun tu Novi yang masih bingung, napa gue tiba tiba jadi baiiiik kayak malaikat gini. Dia masih agak takut kalau tiba tiba gue jorokin lagi. Si mbah di samping gue.
Novi, wis gawe PR?? Tak turuni ya?? Ngko tak ajari ya. . . . .”, (Novi, udah buat PR?? Aku contekin ya??nanti aku ajarin ya. . .) ucap gue.
Asem banget ni Novi, pakai ngadu ngadu segala, ilang deh mainan gue. . . . awas kau Novi. . . .”, sambil menuntunnya, mata gue mendelik delik persis kayak peran antagonis di sinetron sinetron pas merencanakan rencana jahat.

E lha dalah, kok malah omongin waktu gue masih kelas satu SD. Tapi, kalau inget kejadian kejadian waktu gue kecil, ada lucunya, ada depresinya. . . .lengkap tenan!! Akan saia ceritakan lain waktu ya teman,. . .sekarang siapkan diri, karena kita akan melaju ke cerita yang sebenarnya. Bismillahirrahmanirrahim. . . . Al Fatihah!!!

Waktu itu gue mau beli lothek yahuud di tetangga gue yang juga yahuud, plus kalau pas ngulek yahuud beneer. Kan sedep tu kalau panas panas makan lothek lombok 6 galak galak sampai mulut keluar api (lebaiiiiiii). Plus ditemani es degan merah menyala, jebul srombo tok. ( srombo : pewarna minuman ). Datang lah gue ke mbak yahuud, panggil saja dia begitu. Gue pesen lothek lombok 7 biar abis itu gue bisa atraksi mengeluarkan api dari mulut tanpa minyak tanah. Gue udah kemecer waktu mbaknya ngulek bumbu bumbu lothek.
Nah, datanglah mbah mbah sepuh* nian jalan ke situ. Emang udah beberapa minggu ini, karena faktor umur, mbahnya jadi pikun, kalau pipis pun udah nggak bisa jongkok, tapi dia masih bisa jalan jalan. Dengan tergopoh gopoh, dia mendekati mbak yahuud. Otomatis, semakin deket mbahnya, semakin semerbak aroma tak enak.
Lalu mbak Yahuud berkata : “ ojo rene rene! Ngopo rene barang! Kono sing adoh! Njagong kono wae! Ngko tak gawekke! Arep opo kowe?? Dawet?” ( jangan kesini! Sana yang jauh aja! Duduk sana aja! Nanti aku bikinin! Kamu mau apa??Dawet??)
Si mbah sepuh : “iyo nok, aku kok pingin ngombe dawet. . .” ( iya nak, aku pingin minum dawet.)
Dengan sedikit gemetar si mbah menjauh, duduk di beton bawah lampu yang katanya milik pemerintah itu. Dibuatkanlah si mbah dawet itu.
Mbak Yahuud : “uwes kono balio! Ojo njagong kono! Balio! Mambu ra enak koyo ngene!” ( udah sana kamu pulang aja. Jangan duduk di situ! Pulang! Bau nggak enak kayak gitu!)
Belum selesai mbak lothek mencerca si mbah, tiba tiba datanglah suami mbak lothek, sebut saja Pak Lothek. Dengan wajah merah padam kayak abis maem lothek lombok 10, persis bapak bapak peran antagonis di sinetron.
Bpk Kothek : “ wes kono koweki balio! Ngopo isih ning kene??bali! mambu pesing koyo ngono!” ( udah sana kamu pulang aja. Ngapain masih ke sini??pulang!! bau pesing kayak gitu!)
Dia terus mengusir mbah itu, dengan berkacak pinggang di depan mbah yang seakan akan punya penyakit berbahaya menular, yang kena langsung mati di tempat aja.
Dengan gemetaran mbah putri itu masih duduk di beton, sambil masih menyedot dawet yang masih sedikit.
Mbah sepuh : “Sek toh nang, tak ngentekke dawet dhisik. . .sedilit. . . .” (bentar nak, aku habisin dawet dulu, sebentar. . .)
Ati gue langsung berdesir desir waktu si mbah dengan suaranya yang kalem menjawab.
Mbah itu yang gue pikir masih saudara sama mereka yang diperlakukan kayak gembel, tapi ati gue yang sakit liatnya.
Me dalam batinan : “Edyan. . .ono yo wong koyo ngono. . .
Dengan teropoh gopoh, dengan memakai jarik lusuh dan baju jaman dulu jaman Kartini mirip kebaya, dia berbalik, dan tidak mengucapkan sepatah kata pun. Bpk Lothek puas, tapi ati gue panas, mata gue pedas.

Lothek udah ada di genggaman, abis gue ngasih uangnya, gue pulang. Si mbah masih jalan ke rumahnya. Masih kebayang gimana si mbah Cuma pingin minum dawet aja dikata katain, Cuma pingin duduk ngabisin dawetnya aja, dikata katain.
Sampe rumah, ibu gue bingung liat gue yang udah siap meletus. Akhirnya, gue ceritain semuanya sama ibuk, sambil sesekali mengusap air mata gue, plus ngunyah godong godongan** pedes. Makin gue ceritain kronologisnya, makin kalap gue makannya, eh, nangisnya. Ibuk gue nggak jadi nangis, malah ketawa ngeliat gue yang nangis gini. Lombok 7 bikin nangis gue makin banter.***
Yang bikin gue tambah pingin nagis, do you know??? Siapa mbah yang dibentak bentak tadi???
Tidak lain tidak bukan adalah IBU si bapak Lothek. MERTUA si mbak Lothek. Terserah ya, lue mau percaya atau nganggep gue mengada ada. Tapi, asal lue tahu, idup makin sulit, manusia makin edan, semua jenis tata krama makin terpinggirkan!! Yang penting perut kenyang, uang di bawah bantal makin tebal!

Malamnya gue nggak bisa tidur, masih kebayang gimana sorot mata bpk Lothek, mbah yang udah keriput, jalan udah gemeter, rambut uda 90% persen uban, dibentak bentak lagi!!
Cuma mau minum dawet, coy. . . .!
Nggak muluk muluk kayak tiap hari pingin makan daging ayam, minum susu, atau tidur di kasur busa.
Hidup sejahtera, sentosa, adiguna di ujung usia jauuuuuuuuuh. . . .
Ibuk gue juga cerita tiap pagi si embah harus bawa gelas kosong giliran ke rumah tetangga buat bisa minum teh di pagi hari.
Dudu susu lho,cah!! Cuma teh. . . .

Mungkin buat mereka, si embah makin cepat ‘kukutan’, makin cepat ‘pamitan’, oh, indah pemandangan.

Mereka nggak tahu bagaimana kurva kehidupan berjalan.
Bayi yang tidak bisa berjalan, hingga akhirnya beranjak besar dan bisa berjalan, apakah selamanya akan terus mampu berjalan??? BELUM TENTU. Belum tentu sebelum mereka ‘pamitan’, mereka masih diberi kemampuan untuk berjalan.
Bayi yang tidak bisa berbicara, hingga akhirnya bisa fasih berbagai bahasa, belum tentu di akhir usianya dia masih diberi nikmat untuk mengeluarkan kata kata.
Bukankah kurva kita seperti gunung?? (kalau ada yang tanya, la terus hubungane apa?? Bentar, nanti yak!)
Menanjak hingga ke titik tertinggi dan kembali menurun.
Dari 0 dan kembali ke 0.
Dari tidak ada, kemudian ada, dan kembali tidak bernyawa.


Gue jadi inget ibuk gue. Dulu gue ngompolan, buang air besar di celana, ngileran, gembengan lagi, plus penyakitan. Ibuk gue dengan sabar ngurus gue, ngasih makan gue se bergizi mungkin, ngasih baju dan mainan yang gue pinginin, susah waktu gue sakit, mengkis mengkis kena flek paru paru kayak udah mau kukutan di usia masih belia. Gue pernah diceritain sama ibu gue. Waktu gue satu tahun, gue kena flek paru paru. Tiap kumat, napas ajah susah, mengkis mengkis gitu. Dini hari gue kumat, gue makin parah, mungkin bisa dibilang, udah mau pamitan. Bapak gue panik, cuz belum ada stok anak, Cuma gue, anak pertama. Dia bingung, dini hari mana ada dokter yang buka? Rumah sakit agak jauh, nekatlah bapakku ke salah satu dokter di kota Magelang (dulu gue sempat tinggal di Magelang, Kota Kenangan ). Jelaslah udah tutup, pasti pak dokter lagi mimpi. Bapak bertekad, mending dia ganggu mimpi tu dokter daripada biarin gue nggak isa mimpi lagi. Dia gedor gedor tu pagar rumah dokter, masih menurut ibuk. Mana gue inget, umur juga baru satu tahun??? Eventually, dokter keluar, gue diperiksa, dikasi obat, dan so far, gue masih bisa nulis ini semua. Alhamdulillah. . .gimana mereka berjuang buat hidup gue. Dulu tiap Sabtu diajak nonton film, dulu di Ambarawa ada Bioskop GARUDA, gue masih inget. Tiap liburan gue diajak entah ke mall, pantai, museum, pokoknya kemana mana. So far, idup gue yang paling bahagia adalah waktu itu. Abis itu tibalah masa masa sulit dalam hidup gue. Heu8. nggaya dink.at least, I can stand on my own feet, that’s what I believe.

Lalu, gue kembali berfikir, kalau lusa ortu gue udah kembali jadi “bayi”, apa yang gue lakuin??
Opsi pertama, gue rawat, walau tetap nggak mungkin bisa membalas setiap kebaikan yang mereka berikan.
Opsi kedua, kayak orang orang kaya uang, tapi miskin hati. Gue kirimkan bapak and emak gue ke panti jompo.

Kejadian itu jadi suatu pembelajaran buat gue. Betapa balas budi itu perlu. Ibarat kata, nggak ada bapak dan ibu, jelas nggak ada gue. Dianalogikan, mereka itu kayak pintu buat gue. Sisi kanan ibu gue, sisi kiri bapak gue, sisi atas pintu, pertemuan mereka, dan akhirnya dari pintu itu, gue bisa jadi meykke di dunia ini. What a beautiful word!! Heu8.

Karma itu exist di dunia ini, itu yang gue percaya. Kalau gue berani, and kurang ajar sama orang tua gue, one day, waktu gue jadi orang tua, insyaAllah, semoga kontrak gue belum abis, gue juga bakal ngalamain hal yang sama. Bisa bisa anak gue juga kurang ajar sama gue. Toh, mumpung gue masih punya mereka. Banyak di luar sana yang nggak punya orang tua. Mereka nikmatin manis getir hidup sendirian tanpa sosok orang tua. Tetangga gue dari kandungan udah ditinggal meninggal sama ayahnya. Dia nggak pernah ketemu sama ayahnya, dan nggak akan pernah ketemu. Gue ketemu tiap hari. Walau kadang, gue sebel sama si bapak, tapi gue janji dalam hati, gue bakal bikin bapak bahagia, bikin dia bahagia dengan semua yang gue raih, bikin dia nggak nyesel punya anak eksotis kayak gue. Tetangga yang satunya, ibu dia meninggal waktu ngelahirin dia. Betapa dia berani menaruhkan nyawanya demi memberikan kesempatan kepada si anak untuk bisa melihat indahnya dunia. Ada juga yang emang nggak pernah liat si bapak dan ibu, karena sejak dia bisa mengucapkan mama dan papa, panti asuhanlah yang menjadi papa mama mereka.
Yang gue sadari semenjak itu, gue meyakini, gue bisa hidup lebih lama lagi, InsyaAllah dan mendoakan mereka isa hidup lebih lama lagi, dan bisa bikin hidup mereka begitu bahagia.

Hehehehehe. Bapak dan emak, saya mencintai kalian. . . . . .

Kosakata :
* tua
**dedaunan
***keras

3 comments:

  1. Wonderful posting.
    So touching.
    I'm eager to know how's the old granma and her son now?

    You might need to reconsider using the background. It appears to be distracting for me.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Sở dĩ hắn không vội vã ra tay là bởi vì hắn hiểu rất rõ quy tắc trong Cửu quận yêu binh của Yêu Linh chi địa. Sự hiểu biết đó chính là nhờ La Vân đưa cho xem ghi chép của tổ tiên.

      Cửu quận yêu linh đều lấy quân pháp làm cơ bản, hoàn toàn khác với tu chân giới. Ở đây, trừ phi có tu vi thông thiên, có thể cùng với Yêu Đế đánh một trận ra, nếu không nhất định phải tuân thủ quân quy.

      Phàm là người đi vào Yêu Linh chi địa đều phải tham gia tuyển để dung nhập vào trong Cửdong tam mu lậu cho thuê phòng trọ cho thuê phòng trọ nhạc sàn cực mạnh tư vấn pháp luật qua điện thoại công ty luật hà nội số điện thoại tư vấn luật dịch vụ thành lập doanh nghiệpu quận, nắm giữ binh quyền. Chỉ có như vậy mới có chỗ đặt chân ở đây. Nếu không một mình một người mà làm đối thủ của mấy vạn yêu binh thì cuộc chiến đó chẳng cần phải đánh. Mặc dù tu vi của yêu binh không cao, nhưng trong đó cũng có một số cao thủ. Mặt khác, yêu binh am hiểu trận pháp. Bọn họ thường sử dụng các loại trận pháp quỷ dị khó lường để giết địch.

      Tuy nhiên cũng có người giết được nhiều yêu binh thì chắc chắn sẽ dẫn ra đô thống, cường giả cấp bậc Yêu Tương xuất hiện. Tới khi đó, tu sĩ chỉ có một mình không thể nào còn đặt chân lên đây được nữa. Chỉ có thể nhanh chân trốn đến quận khác. Nhưng nếu

      Delete
  2. ehehehehe. the old grandma is sick now, she cannot go for a walk anymore. hopefully, she will be ok, at least in her last days.

    uhm. . .oke, mas!!
    i'll remember it for the next stories!
    thank you!!^^

    ReplyDelete